PT KAI Sumbar Gratiskan Layanan Bagasi Sepeda Nonlipat  

Pertama di Indonesia untuk layanan KA lokal

Padang, IDN Times - PT KAI Divre II Sumatera Barat, menggratiskan layanan bagasi bagi penumpang yang membawa sepeda nonlipat. Pemberlakuan layanan pertama di Indonesia pada layanan KA lokal.

Menurut Vice President PT KAI Divre II Sumatera Barat, Miming Kuncoro, layanan bagasi untuk sepeda nonlipat ini, masih dalam tahap uji coba. Untuk meningkatkan animo pengguna jasa Kereta api, bagasi akan digratiskan. Ada sekitar 12 unit sepeda yang bisa ditampung di bagasi. 

“Layanan ini merupakan yang pertama di Indonesia pada layanan KA lokal. Layanan ini, diberikan pada penumpang KA Sibinuang rute Stasiun Padang - Pariaman - Naras. Diberikan secara gratis,”kata  Miming Kuncoro, Kamis (11/11/2021).

1. Melalui aplikasi versi terbaru

PT KAI Sumbar Gratiskan Layanan Bagasi Sepeda Nonlipat  Proses pemesanan tiket dan layanan bagasi gratis PT KAI Divre II Sumatra Barat. IDN Times/Andri NH

Miming menjelaskan, bagi calon penumpang hendak memanfaatkan layanan ini, dapat memesan bagasi sepeda nonlipat saat memesan tiket KA Sibinuang. Pemesanan tiket itu, dilakukan melalui aplikasi KAI access versi terbaru. 

“Pemesanan fasilitas layanan ini, melalui aplikasi access versi terbaru,” ujar.

2. Diharapkan meningkatkan jumlah penumpang

PT KAI Sumbar Gratiskan Layanan Bagasi Sepeda Nonlipat  Layanan Bagasi Gratis Untuk Sepeda Non Lipat PT KAI Divre II Sumatra Barat. IDN Times/Andri NH

Miming berharap, diberlakukannya layanan ini dapat menambah jumlah penumpang kereta api. Terutama masyarakat terbiasa menggunakan sepeda untuk bepergian setelah menggunakan jasa transportasi umum.

Selain itu kata Miming Kuncoro layanan ini juga diharapkan meningkatkan semangat dalam olah raga sepeda. Tentu saja, protokol kesehatan tetap diutamakan mengingat pandemi belum berakhir.

3. Disambut positif kepala daerah

PT KAI Sumbar Gratiskan Layanan Bagasi Sepeda Nonlipat  Layanan Bagasi Gratis Untuk Sepeda Non Lipat PT KAI Divre II Sumatra Barat. IDN Times/Andri NH

Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menyambut positif adanya layanan baru KAI. Ia berharap layanan ini ke depan mengakomodir pesepeda yang menggunakan KA baik untuk bekerja maupun untuk berolahraga. 

Selain itu, layanan ini dinilai dapat meningkatkan pelayanan penumpang saat menggunakan kereta api sesuai dengan Slogan KAI yakni Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik.

Baca Juga: Hore! KAI Beri Tiket Gratis Guru, Nakes, dan Veteran Naik Kereta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya