Pekan Kedua Mei Kloter Perdana Haji 2024 Asal Sumbar Diberangkatkan 

Jemaah Sumbar sebanyak 6.592 orang

Intinya Sih...

  • Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat (Kemenag Sumbar) melepas kloter perdana keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) ke Tanah Suci pada Minggu (12/5/2024).
  • 6.592 jemaah haji berangkat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, dengan rincian 4.806 jemaah dari Sumbar dan 1.702 jemaah dari Bengkulu.
  • Seluruh jemaah akan diterbangkan dalam 17 kloter menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dengan pembagian 12 kloter jemaah Sumbar, 4 kloter jemaah Bengkulu, dan tambahan 1 kloter jemaah gabungan.

    Padang, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat (Kemenag Sumbar) memastikan kloter perdana keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) ke Tanah Suci akan dilepas secara resmi pada Minggu (12/5/2024).

    Kemenag Sumbar, Mahyudin, memastikan pihaknya selalu melakukan evaluasi, persiapan, hingga mitigasi terhadap segala kemungkinan akan muncul selama penyelenggaraan ibadah haji 2024.

    Baca Juga: Kloter Embarkasi CJH Palembang 2024 Berkurang Jadi 8.506 Ribu Jemaah

    1. Diterbangkan melalui BIM

    Pekan Kedua Mei Kloter Perdana Haji 2024 Asal Sumbar Diberangkatkan Ilustrasi haji (Dok: pixabay.com/Konevi)

    Mahyudin bilang, seluruh CJH 2024 akan diterbangkan melalui Bandara Intyernasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman.

    Ada 6.592 jemaah haji yang berangkat, dengan rincian 4.806 jemaah dari Sumbar dan 1.702 jemaah dari Bengkulu yang akan berangkat melalui embarkasi Padang tahun ini.

    Baca Juga: Tempo Pelunasan CJH Sumsel Diperpanjang Hingga 5 April 2024

    2. CJH dibagi 17 kloter

    Pekan Kedua Mei Kloter Perdana Haji 2024 Asal Sumbar Diberangkatkan Jemaah haji datang ke Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Sunariyah)

    Dijelaskan Mahyudin, seluruh jemaah akan diterbangkan dalam 17 kloter menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dengan pembagian 12 kloter jemaah Sumbar, 4 kloter jemaah Bengkulu, dan tambahan 1 kloter jemaah gabungan," ujar Mahyudin.

    Mahyudin merinci dari total 17 kloter tersebut, 9 kloter akan diterbangkan dalam fase gelombang 1 dengan rute Padang-Madinah. Sementara 8 kloter sisanya akan berangkat dalam fase gelombang 2 dengan rute Padang-Jeddah.

    "Kita juga sudah instruksikan kepada seluruh Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) agar memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah, terutama mereka yang sudah lanjut usia," ujar Mahyudin.

    3. Jangan tertipu visa palsu

    Sebelumnya, Kemenag menegaskan, visa haji menjadi pilihan satu-satunya dalam melakukan ibadah haji 2024. Kemenag mengingatkan agar jemaah tidak tertipu tawaran haji dengan menggunakan visa ummal (pekerja), ziarah (turis), dan petugas haji. 

    “Setelah berdialog dengan Kementerian dan berbagai pihak, kami menegaskan lagi bahwa untuk keberangkatan haji harus menggunakan visa haji,” tegas Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Jeddah, Arab Saudi, saat menilik persiapan akhir layanan jemaah Indonesia pada Minggu, 21 April 2024.

    Hilman mengungkapkan bahwa Arab Saudi sudah menyampaikan kepada Pemerintah Indonesia terkait potensi penyalahgunaan pemakaian visa nonhaji pada musim haji 2024.

    Baca Juga: Sumsel Dapat Tambahan Kuota Haji 2024 Sebanyak 283 Jemaah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya