KPU Tanah Datar Susun Skema Mitigasi Erupsi Marapi Saat Pemilu

KPU bersiap hadapi kemungkinan terburuk saat erupsi Marapi

Intinya Sih...

  • KPU Tanah Datar siapkan skema mitigasi hadapi kemungkinan terburuk bencana erupsi Gunung Marapi saat pemilu 2024
  • Strategi seperti pemindahan lokasi TPS dan pemilihan lanjutan disusun sesuai perundang-undangan yang berlaku
  • 69 TPS tersebar di 11 nagari dengan 17.047 pemilih terdaftar dalam DPT di empat kecamatan fokus perhatian ancaman erupsi Gunung Marapi

Padang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), mulai menyusun skema mitigasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk bencana erupsi, atau letusan Gunung Marapi saat pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 berlangsung.

Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Tanah Datar, Gusriyono, beberapa strategi seperti memindahkan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga pemilihan lanjutan atau susulan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

"Skema pemindahan lokasi TPS hanya dilakukan jika pemilih suatu wilayah mengungsi atau diungsikan,"kata Gusriyono, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga: Harga 3 Komoditi Sayur di Padang Panjang Naik Gara-gara Erupsi Marapi 

1. Dipindahkan ke jorong yang lebih aman

KPU Tanah Datar Susun Skema Mitigasi Erupsi Marapi Saat Pemiludetik.com

Gusriyono mengungkap, kemungkinan terburuk dari erupsi Gunung Marapi maka TPS akan dipindahkan ke jorong atau dusun lebih aman bagi pemilih yang berdekatan dengan tempat evakuasi atau pengungsian.

"Dalam artian jika bencana terjadi maka penyelenggara pemilu yang akan mengikuti pemilih," ujar Gusriyono.

Baca Juga: Gunung Marapi Naik Status, Puluhan Warga Tanah Datar Dievakuasi

2. Empat kecamatan jadi perhatian serius

Gusriyono mengungkap, empat kecamatan yang sedang menjadi fokus perhatian terhadap ancaman erupsi atau letusan Gunung Marapi.

Keempat empat kecamatan itu kata Gusriyono, antara lain, Kecamatan X Koto, Pariangan, Sungai Tarab dan Salimpaung. Sedangkan untuk kecamatan Batipuh, KPU Tanah Datar tengah berkoordinasi dengan PPK dan PPS terkait TPS dan jumlah pemilih terdampak.

"Dari empat kecamatan yang menjadi perhatian itu terdapat 69 TPS yang tersebar di 11 nagari. Dari 69 TPS tersebut terdapat 17.047 pemilih yang telah terdaftar dalam DPT," kata Gusriyono.

3. Koordinasi lintas sektor

KPU Tanah Datar Susun Skema Mitigasi Erupsi Marapi Saat PemiluErupsi Marapi Minggu (7/1/2024). IDN Times/Andri NH

Meski sudah mulai menyusun skenario mitigasi, Gusriyono menegaskan jika pihaknya tetap akan terus berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai leading sektor penanganan bencana. Termasuk juga dengan stakeholder lainnya.

"Kita juga melakukan koordinasi dengan stakeholder lainnya guna mendapatkan informasi akurat terkait ancaman Gunung Marapi, baik sebelum maupun saat pemungutan dan penghitungan suara,"tutup Gusriyono.

Baca Juga: Strategi Pemkab Tanah Datar Minimalisir Risiko Letusan Gunung Marapi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya