Korban Ledakan Gas di Semen Padang Menderita Luka Bakar 30 Persen

Ledakan dipicu saat pengisian gas nitrogen ke sebuah tabung

Intinya Sih...

  • Dua korban ledakan gas di pabrik Indarung V PT Semen Padang, Sumatera Barat, mengalami luka bakar 20-30 persen.
  • Keempat korban dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang, dua di antaranya mendapatkan perawatan lebih serius.
  • Peristiwa diduga akibat ledakan gas nitrogen saat pengisian ke tabung akumulator, menyebabkan luka bakar pada lima korban yang dirujuk ke rumah sakit.

Padang, IDN Times - Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang, Dr. dr Bestari Jaka Budiman, mengungkap jika korban ledakan gas di pabrik Indarung V milik PT Semen Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (20/2/2024), mengalami luka bakar yang cukup serius.

"Dari empat korban yang kini sedang dirawat, dua korban mengalami luka bakar 20 hingga 30 persen. Sementara dua korban lagi hanya luka bakar pada bagian tangan saja," kata Bestari, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga: Tabung Akumulator PT Semen Padang Meledak, 5 Pekerja Jadi Korban

1. Sudah diberikan perawatan

Korban Ledakan Gas di Semen Padang Menderita Luka Bakar 30 PersenKorban ledakan gas di Pabrik Indarung V PT Semen Padang tiba di RSUP M Djamil Padang, Selasa (20/2/2024). IDN Times/Andri NH

Bestari bilang, empat korban yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang, saat ini sudah mendapatkan perawatan intensif di Unit Gawat Darurat (UGD).

"Khusus bagi dua korban yang mengalami luka bakar cukup serius, mendapatkan perhatian dan penanganan lebih dari tim medis kita. Pihak rumah sakit turut sedih ya, karena ada lagi kecelakaan dan ledakan gas di pabrik PT Semen Padang,"ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Janjikan Umroh ke Penyelenggara Pemilu Paling Kondusif

2. Akibat ledakan gas nitrogen

Korban Ledakan Gas di Semen Padang Menderita Luka Bakar 30 PersenIlustrasi ledakan. (Unsplash.com/Jeff Kingma)

Menurut Bestari berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, peristiwa yang kemudian menyebabkan para korban mengalami luka bakar itu, diduga akibat ledakan gas nitrogen di area pabrik semen Indarung V. Dari total lima korban, hanya empat yang dilarikan ke rumah sakit.

"Informasinya tadi ada lima tapi satu orang tidak perlu dirujuk," kata Bestari.

3. Dipicu over pressure tabung akumulator

Terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, mengungkap jika peristiwa ledakan ini bermula saat adanya proses pengisian gas nitrogen ke tabung akumulator.

"Diduga ada over pressure pada tabung akumulator sehingga menimbulkan percikan api sesaat," kata Nur.

Meski demikian, ia memastikan tidak ada korban meninggal dunia. Hanya saja, terdapat satu korban mengalami luka memar ringan dan 4 korban lainnya mengalami luka bakar. Empat korban sudah mendapatkan penanganan medis

"Saat ini di samping fokus penanganan korban, kita juga sedang fokus melakukan investigasi untuk mengungkap lebih detail penyebab kejadian," tutup Nur Anita.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi Lagi Jelang Pencoblosan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya