Gubernur Sumbar Janjikan Umroh ke Penyelenggara Pemilu Paling Kondusif

Gubernur Sumbar target partisipasi warga hingga 80 persen

Intinya Sih...

  • Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mencoblos lima kertas surat di TPS 12 Kelurahan Jati Baru pada Pemilu 2024.
  • Pemprov Sumbar menargetkan partisipasi pemilih mencapai 80 persen, termasuk difabel yang disiapkan tenaga pendampingnya.
  • Situasi dan kondisi proses Pemilu di Sumbar relatif aman, dengan masifnya komunikasi dan sosialisasi agar tidak terjadi kecurangan.

Padang, IDN Times - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi, menggunakan hak pilihnya pada konsestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bersama dengan istri, anak, dan menantunya, Mahyeldi mencoblos lima kertas surat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Rabu (14/2/2024).

"Kita hari ini menggunakan hak pilih. Kita juga melihat bahwasanya dalam tahapan pemilihan ini, petugasnya cukup memahami. Kertas suarat juga tadi dibuka, diperiksa sebelum kita bawa ke bilik suara, kemudian dicoblos," kata Mahyeldi, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga: Pemprov Sumbar Siapkan Pendampingan Bagi Pemilih Difabel  

1. Targetkan partisipan mencapai 80 persen lebih

Gubernur Sumbar Janjikan Umroh ke Penyelenggara Pemilu Paling KondusifSeorang warga memperlihatkan jari kelingking yang sudah diberi tinta usai menggunakan hak pilih. IDN Times/Andri NH

Mahyeldi bilang bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menargetkan partisipasi pemilih di Ranah Minang pada konsestasi Pemilu 2024 ini mencapai angka 80 persen lebih.

Bahkan kata Mahyeldi, difabel khususnya 18 penyandang tunarungu yang tinggal di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kota Padang, telah disiapkan tenaga pendamping agar memudahkan mereka menyalurkan hak suaranya.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi Lagi Jelang Pencoblosan

2. Pemilu di Sumbar aman

Gubernur Sumbar Janjikan Umroh ke Penyelenggara Pemilu Paling KondusifGubernur Sumatra Barat, Mahyeldi menunjukkan kertas surat suara sesaat usai melakukan pencoblosan. IDN Times/Andri NH

Menurut Mahyeldi, sampai saat ini situasi dan kondisi proses Pemilu di Sumbar relatif aman. Kondisi ini tak terlepas dari masifnya komunikasi dengan semua unsur Forkopimda, baik itu untuk pelayanan masyarakat pemilih dan keamanan.

"Sore kemarin kita juga meninjau dan memastikan seluruh TPS tidak ada kendala, seperti persoalan listrik, jaringan internet, hingga tingkat keamanan di lokasi TPS dari genangan air apabila terjadi hujan. Sosialiasi juga terus kita lakukan agar Pemilu di masing-masing tempat berlangsung dengan baik, aman, serta tidak terjadi kecurangan," ujar Mahyeldi.

3. Siapkan penghargaan umroh

Gubernur Sumbar Janjikan Umroh ke Penyelenggara Pemilu Paling Kondusifpixabay.com/Konevi

Mahyeldi menambahkan, pihaknya juga akan memberikan reward dengan menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci kepada kecamatan yang dinilai mampu menyelenggarakan proses Pemilu dengan baik, aman, serta kondusif.

"Kami juga akan berikan reward untuk kecamatan di Sumbar yang dinilai telah mampu menyelenggarakan pemilu dengan baik, aman, kondusif. Reward itu berupa berupa umroh," tutup Mahyeldi.

Baca Juga: Kampanye di Padang, Anies Targetkan Raih 80 Persen Suara di Sumbar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya