Erick Thohir Pastikan Pembangunan Jalan Tol Sumbar Berlanjut

Jalan Tol Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Intinya Sih...

  • Menteri BUMN Erick Thohir meninjau progres pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatra Barat.
  • Keberadaan jalan tol diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah, meskipun proses pembangunan sempat terhenti karena persoalan pembebasan lahan.
  • Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyebut proyek jalan tol ini kembali dikerjakan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan masyarakat Sumbar yang menginginkan kelanjutan proyek.

Padang, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, meninjau progres pembangunan Jalan Tol ruas Padang-Sicincin di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (6/3/2024).

Bersama anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade, Erick memastikan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin sepanjang 36,15 kilometer akan terus berlanjut di  bawah Hutama Karya sebagai pihak pengembang.

"Soal pembebasan lahan belum sepenuhnya rampung, baru 90-an persen. Namun kita mendorong Hutama Karya sebagai anak perusahaan BUMN yang sehat dan punya kualitas bagus untuk terus melakukan pembangunan jalan tol ini,"  kata Erick, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga: Gubernur Sumbar Didesak Bereskan Pembebasan Lahan Jalan Tol

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi

Erick Thohir Pastikan Pembangunan Jalan Tol Sumbar BerlanjutMenteri Erick Thohir. IDN Times/Andri NH

Menurut Erick, keberadaan jalan tol menjadi sangat penting untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk Sumbar yang masih di bawah rata-rata.

Dijelaskan Erick, proses pengerjaan jalan tol Padang-Pekanbaru sudah dimulai sejak 2018 lalu. Namun sempat terhenti karena persoalan pembebasan lahan yang belum tuntas. Namun demikian, pembangunan akan terus berlanjut sembari menunggu pembebasan lahan tuntas 100 persen.

Baca Juga: Jokowi Sebut Pembangunan Infrastruktur Jalan Tertinggal dari Tiongkok 

2. Pembebasan lahan masih menjadi kendala

Erick Thohir Pastikan Pembangunan Jalan Tol Sumbar BerlanjutMenteri Erick Thohir (tengah)

Terpisah, Andre Rosiade menyebut bahwa pengerjaan jalan tol ini sempat mangkrak. Namun usai berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian BUMN, proyek jalan tol ini kembali dikerjakan.

"Saat itu saya melobi Pak Erick agar mau penyertaan modal negara yang diusulkan kembali, disisihkan untuk pembangunan tol. Alhamdulilah beliau setuju. Terkait persoalan pembebasan lahan, kita mendorong Pemprov Sumbar untuk serius, tinggal bagaimana keseriusan Pemrov Sumbar," ujar Andre.

3. Target Padang-Pekanbaru terhubung

Erick Thohir Pastikan Pembangunan Jalan Tol Sumbar BerlanjutAndre Rosiade (kiri kedua). IDN Times/Andri NH

Andre menegaskan, banyak tokoh dan masyarakat Sumbar yang menghubunginya sejak proyek jalan tol mangkrak. Mereka meminta agar keberlanjutan proyek tol Padang-Sicincin.

“Sekarang pembangunan sudah dilanjutkan kembali. Mulanya sempat ditinggalkan Hutama Karya lantaran mengerjakan yang lain, tapi kini kembali dilanjutkan. Kita berharap tol Sumbar-Riau atau Padang-Pekanbaru benar-benar bisa tersambung. Karena di Riau sudah dekat ke batas Sumbar di Limapuluh Kota. Kita berharap Pemprov Sumbar lebih serius lagi, terutama soal pembebasan lahan," tutup Andre

Baca Juga: Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Resmi Terapkan Tarif Berbayar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya