Banjir Terjang 4 Kabupaten di Sumatera Barat  

Dharmasraya terparah

Padang, IDN Times - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Rumainur menyebut, 2 hari terakhir, 4 wilayah di Sumatera Barat diterjang banjir. Banjir itu, dipicu curah hujan tinggi masuk dalam kategori ekstrem.

Ke 4 wilayah itu adalah, Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Limapuluh Kota dan Kabupaten Dharmasraya. Dampaknya, ratusan rumah, fasilitas umum tergenang banjir, 2 jembatan di Nagari Sungai Liku, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan dilaporkan hanyut terbawa arus banjir. Dari empat wilayah itu, Kabupaten Dharmasraya terparah.

"Di Sumbar ada empat daerah yang terkena banjir. Terparah ada di Dharmasraya,"kata Rumainur, Sabtu (11/3/2023.

1. Pendataan masih dilakukan

Banjir Terjang 4 Kabupaten di Sumatera Barat  Ilustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Rumainur melanjutkan, hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan untuk pemutakhiran data terbaru. Sementara, berdasarkan catatan 423 rumah warga di Dharmasraya terendam banjir. Juga ada 12 bangunan yang terendam. Ada tempat ibadah, sekolah dan Polindes.

Lalu, di Kabupaten Sijunjung, banjir melanda di Kecamatan Kamang Baru. Di wilayah ini, sebanyak 50 unit rumah terendam. Warga sedang melakukan pembersihan. Sedangkan di Kabupaten Limapuluh Kota, genangan air banjir relatif rendah dan dampak tidak begitu parah.

2. Aktifitas sekolah di Dharmasraya dihentikan

Banjir Terjang 4 Kabupaten di Sumatera Barat  Ilustrasi sekolah kebanjiran. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dharmasraya, Eldison mengatakan selain merendam rumah warga dan fasilitas umum, bencana banjir kali ini juga berdampak kepada aktifitas belajar mengajar di sekolah. Dia bilang, banyak siswa terpaksa harus diliburkan karena akses menuju sekolah tergenang air.

"Sekolah juga terdampak. Anak sekolah diliburkan, tidak bisa masuk ke sekolah," jelas Eldison.

3. Hujan masih berpotensi melanda Sumatra Barat

Banjir Terjang 4 Kabupaten di Sumatera Barat  Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Merujuk rilis data prakiraan cuaca Sumatera Barat hingga senin mendatang, pada pagi hari potensi hujan ringan sampai sedang berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, dan Padang Pariaman.

Lalu di siang hingga sore hari hujan ringan sampai sedang berpotensi terjadi di wilayah Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Kabupaten Solok, Solok, Solok Selatan, dan kota Sawahlunto.

Untuk suhu udara berkisar antara 16 hingga 30 derajat Celcius dengan kelembaban udara 70 sampai 98 persen. Sementara arah angin, terpantau dari arah barat Timur Laut dengan kecepatan 8 hingga 30 kilometer per jam.

Baca Juga: Alahan Panjang, Pedesaan dengan Suasana bak Eropa di Sumatra Barat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya