Akses Menuju Bandara Minangkabau Ditutup 3 Hari Imbas Banjir

Konstruksi penyangga menuju jembatan rusak

Intinya Sih...

  • Kepala Resor (Kapolres) Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Achmad Faisol Amir menutup akses ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) karena tiang penyangga jembatan tergerus usai hantaman banjir.
  • Akses dari dan menuju BIM via jembatan kembar ditutup selama tiga hari ke depan, namun kendaraan roda dua masih bisa melalui jalur tersebut.
  • Bagi yang hendak bepergian melalui BIM dapat menggunakan jalur alternatif melewati jembatan flyover dan Pasar Batang Anai atau Usang.

Padang, IDN Times - Kepala Resor (Kapolres) Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Achmad Faisol Amir, mengatakan pihaknya terpaksa harus menututp akses dari dan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Penutupan akses ke bandara dilakukan karena tiang penyangga jembatan kembar tergerus usai hantaman banjir pada Kamis (7/3/2024) sore kemarin.


"Kami sampaikan bahwa akses menuju bandara melalui jalur Jembatan Kembar kami tutup dengan pertimbangan keamanan. Penyangga konstruksi jembatan sudah mulai tergerus oleh air banjir,"kata Achmad Faisol Amir, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga: 10 Warga Langgai Pessir Selatan Sumbar Hilang Akibat Longsor

1. Bandara ditutup 3 hari

Akses Menuju Bandara Minangkabau Ditutup 3 Hari Imbas BanjirBanjir di Kota Padang, Kamis (7/3/2024). Doc. IDN Times

Kata Achmad Faisol Amir, berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), diputuskan akses dari dan menuju BIM via jembatan kembar atau jalur utama, ditutup selama tiga hari ke depan.

Meski demikian, ia menyebut akses jalur itu masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

"Kita tutup selama tiga hari ke depan,"ujar Achmad Faisol Amir.

Baca Juga: Padang Dikepung Banjir, 500 Orang Lebih Warga Dievakuasi 

2. Lewat jalur alternatif

Akses Menuju Bandara Minangkabau Ditutup 3 Hari Imbas BanjirKapolres Padang Pariaman, Sumatera Barat, AKBP Achmad Faisol Amir. Doc. IDN Times

Menurut Achmad Faisol Amir, bagi yang hendak bepergian melalui Bandara Internasional Minangkabau dapat melalui jalur alternatif.

Dari kota Padang disarankan melewati jembatan flyover lalu menuju Pasar Batang Anai atau Usang, lalu belok ke kiri Simpang Tiga Goreng. Pun warga dari kota Bukittinggi bisa langsung ke pasar usang dan belok ke Simpang Tiga Goreng.

3. Belum ada status tanggap darurat

Sebelumnya, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ilham Wahab l, menyebut bahwa sampai kini pihaknya belum menetapkan status tanggap darurat banjir skala Provinsi.

Meski banjir melanda sejumlah Kabupaten dan kota, menurutnya masih bisa diantisipasi oleh Pemerintah Daerah masing-masing.

Baca Juga: Padang Siaga 1 Banjir, Warga Dievakuasi ke Masjid dan Sekolah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya