10 Warga Langgai Pessir Selatan Sumbar Hilang Akibat Longsor

Satu warga sudah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa

Intinya Sih...

  • Satu warga ditemukan meninggal dunia akibat longsor di Sumatra Barat
  • Akses ke lokasi sulit dijangkau karena banyak titik longsor, proses pencarian masih berlangsung
  • Alat berat sudah dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menghambat akses jalan lintas

Padang, IDN Times - Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatra Barat (BPBD Sumbar), Ilham Wahab, menyebut 10 warga di Daerah Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, terkonfirmasi hilang dihantam material longsor pada Kamis (7/3/2024) pukul 23.00 WIB.

Dari 10 warga tersebut, kata Ilham, baru satu orang berhasil ditemukan dan dievakuasi dalam kondisi sudah meninggal dunia. Sampai saat ini proses pencarian masih berlangsung.

"Laporan yang kita terima ada 10 warga yang hilang. Satu sudah ditemukan meninggal dunia," kata Ilham Wahab, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga: Padang Dikepung Banjir, 500 Orang Lebih Warga Dievakuasi 

1. Akses terputus jadi kendala operasi pencarian

10 Warga Langgai Pessir Selatan Sumbar Hilang Akibat LongsorLokasi Longsor di Langgai. Doc. IDN Times

Ilham menyebut akses menuju lokasi kejadian sampai saat ini masih sulit dijangkau. Masih banyak titik-titik longsor yang menghambat regu penyelamat menuju lokasi. Meski demikian, sudah ada beberapa regu penyelamat yang berada di lokasi untuk melakukan proses pencarian.

"Akses menuju ke sana masih sulit dijangkau. Ada beberapa rekan-rekan BPBD Pesisir Selatan yang sudah berada di lokasi untuk melakukan proses pencarian," ujar Ilham.

Baca Juga: Padang Siaga 1 Banjir, Warga Dievakuasi ke Masjid dan Sekolah

2. Alat berat sudah dikerahkan

10 Warga Langgai Pessir Selatan Sumbar Hilang Akibat LongsorInin Nastain IDN Times/ alat berat disiagakan di lokasi jalan tertutup material longsor

Meski tak menyebutkan berapa jumlah, Ilham memastikan alat berat saat ini sudah berada di beberapa titik longsor untuk membersihkan material yang masih menghambat akses jalan lintas.

"Alat berat sudah dikerahkan. Sudah mulai membersihkan material longssor," kata Ilham.

3. Tanggap darurat belum ditetapkan

10 Warga Langgai Pessir Selatan Sumbar Hilang Akibat LongsorPetugas BPBD kota Padang Sedang memantau kondisi banjir, Kamis (7/3/2024). Doc. IDN Times

Ilham bilang meski titik genangan banjir cukup banyak namun sampai saat ini pihaknya masih belum menetapkan status kebencanaan lebih lanjut. Dari akumulasi data terakhir, Kota Padang, Pasaman Barat, Agam, Mentawai, Pesisir Selatan merupakan wilayah yang dilanda banjir.

"Tanggap darurat provinsi belum ditetapkan. Ini tergantung dengan kabupaten dan kota yang terdampak. Apabila masih bisa di-handle maka status tanggap darurat tingkat provinsi belum diperlukan," tutup Ilham.

Baca Juga: Banjir di Kota Padang Merendam Rumah dan Jalan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya