Comscore Tracker

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW memakai cincin untuk stempel

Jakarta, IDN Times - Agama Islam melarang seorang pria menggunakan emas berbentuk perhiasan, termasuk cincin pernikahan. Tapi, proses penukaran cincin perkawinan sering terjadi.

Meskipun dilarang menggunakan cincin emas, Rasulullah SAW ketika hidupnya pernah mengenakan cincin beberapa kali. Sehingga, hal ini menjadi salah satu tolok ukur tentang jenis cincin yang boleh digunakan untuk pria muslim.

Mengutip kitab Keagungan Pribadi Rasulullah yang ditulis Al Imam Abu At Tirmizi, berikut ulasan hadis mengenai cincin yang dipakai Rasulullah SAW.

1. Rasulullah SAW mengenakan cincin dari perak

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAWIlustrasi (Unsplash.com/nickkarvounis)

Larangan pria muslim memakai cincin berbahan emas bukan berarti tak mengizinkan pemasangan cincin sama sekali. Pria muslim tetap bisa mengenakan cincin dari bahan dasar selain emas, seperti kayu dan perak.

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Anas bin Malik R A menyatakan, "Cincin Rasulullah SAW dibuat dari perak dan batu cincinnya (bahagian yang mencatat nama tuannya) adalah dari batu habsyi (dikatakan hitam atau hitam bercampur putih)."

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Hadits lainnya, Anas bin Malik R A menyatakan, "Ketika Rasulullah SAW hendak mengirim surat ke negara ‘ajam (bukan arab), dikatakan kepada baginda bahwa negara ‘ajam tidak menerima melainkan surat yang bermateri (cap resmi). Baginda pun membuat sebentuk cincin. Maka aku dapat mengingati dapat melihat warna putih cincin itu di tapak tangan baginda."

Baca Juga: Baca dan Amalkan Doa Ini agar Cepat Dapat Kerja

2. Cincin perak Rasulullah SAW berukiran tulisan “Muhammad Rasul Allah”

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAWIlustrasi (Unsplash/Antonio Uquiche)

Cincin perak yang dikenakan Rasulullah SAW di tangannya berukirkan tulisan “Muhammad Rasul Allah”. Ukiran tersebut tertulis dalam tiga baris, yaitu baris satu bertuliskan "Muhammad", baris kedua "Rasul", dan baris ketiga "Allah".

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Anas bin Malik R A menyatakan, "Tulisan (ukiran) yang ada pada cincin Rasulullah SAW adalah perkataan 'Muhammad' satu baris, perkataan 'Rasul' satu baris, dan perkataan 'Allah' satu baris."

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Anas bin Malik R A juga menyatakan, "Ketika Rasulullah SAW hendak mengirim surat kepada raja Parsi, raja Roma, dan raja Najasyi, dikatakan kepada baginda bahwa mereka tidak akan menerima surat yang tidak bermateri (cap resmi). Maka baginda SAW membuat cincin yang lingkarannya dari perak yang bertulis 'Muhammad Rasul Allah'."

3. Rasulullah SAW selalu mengenakan cincin di jari tangan kanan

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAWIlustrasi (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Beberapa sahabat melihatnya, Nabi Muhammad SAW mengenakan cincin di jari tangan kanannya. Rasulullah juga melepas cincin perak yang dikenakannya bila ingin ke toilet.

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Ali bin Abi Thalib R A menyatakan, "Rasulullah SAW memakai cincin pada jari tangan kanan baginda."

Cincin Jenis Ini Beberapa Kali Dipakai Nabi Muhammad SAW

Abdullah bin Jaafar R A menegaskan, "Bahwa Nabi SAW memakai cincin di jari tangan kanan baginda."

Baca Juga: Doa Bercermin Agar Hati Bersih dan Wajah Bercahaya

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya