TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Contoh Alasan Mengambil Judul Skripsi, Auto Di-Acc 

Salah satunya sesuai minat kamu

ilustrasi membuat skripsi (pixabay.com/ u_1r3iga0g0h)

Intinya Sih...

  • Memilih judul skripsi yang relevan dengan isu terkini sangat penting untuk memberi kontribusi pada bidang ilmu yang dipelajari.
  • Memilih judul skripsi sesuai minat pribadi dapat meningkatkan motivasi dan ketahanan saat menghadapi tantangan dalam penelitian.
  • Memilih judul skripsi yang memberikan kontribusi baru dalam bidang ilmu dapat memperluas wawasan, pengetahuan, dan dampak positif bagi bidang tersebut.

Menentukan judul skripsi bisa jadi salah satu keputusan terpenting dalam perjalanan akademismu. Bukan cuma soal menarik perhatian dosen pembimbing, tapi juga bagaimana kamu bisa menggali potensi dan mengembangkan ide yang sejalan dengan minat serta disiplin ilmu yang kamu tekuni. Lalu, bagaimana cara memilih judul skripsi yang tepat?

Kamu bisa melihat beberapa contoh alasan mengambil judul skripsi berikut. Semoga kamu bisa mendapatkan ide judul yang tepat untuk skripsimu lewat artikel ini, ya.  

1. Relevansi dengan isu terkini

Memilih judul skripsi yang relevan dengan isu terkini itu penting banget, lho. Why? Karena judul yang sesuai dengan masalah yang sedang hangat-hangatnya dapat memberi kontribusi besar untuk bidang ilmu yang kamu pelajari. Contohnya, jika kamu memilih judul tentang "Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Mental di Perkotaan", itu artinya kamu dapat fokus pada topik yang lagi banyak dibahas saat ini.

Isu terkini seperti perubahan iklim atau dampak pandemi pada kesehatan mental memang sangat dibutuhkan untuk diteliti. Dengan memilih judul yang berkaitan dengan masalah ini, penelitian gak hanya akan menarik perhatian, tapi juga dapat jadi solusi untuk masalah yang sedang dihadapi banyak orang.

2. Minat dan ketertarikan pribadi

Memilih judul skripsi yang sesuai dengan minat dan ketertarikan pribadi itu penting, lho. Kalau kamu mengerjakan sesuatu yang kamu suka, motivasi untuk menyelesaikannya akan jauh lebih tinggi. Kamu bakal lebih semangat dan gak gampang menyerah ketika menghadapi tantangan, karena topik yang kamu pilih memang bikin kamu tertarik.

Kalau kamu punya ketertarikan besar di bidang psikologi dan memilih judul seperti "Pengaruh Teknik Mindfulness Terhadap Stres di Tempat Kerja", itu berarti kamu bakal mendalami sesuatu yang kamu suka dan kuasai. Selama kuliah, kamu pasti sudah ambil beberapa mata kuliah terkait, jadi kamu memiliki dasar yang kuat untuk mendalami topik ini lebih lanjut.

3. Kontribusi terhadap bidang ilmu

Memilih judul skripsi yang bisa memberikan kontribusi baru dalam bidang ilmu itu penting banget, lho. Ini karena penelitian yang inovatif bisa memperluas wawasan dan pengetahuan. Selain itu, skripsi ini memberikan dampak positif bagi bidang tersebut. Contohnya, kalau kamu memilih judul seperti "Peran Teknologi Blockchain dalam Meningkatkan Transparansi di Sektor Publik", itu artinya kamu akan menyelami topik yang belum banyak dibahas dan bisa mengisi kekosongan dalam literatur yang ada.

Jadi, saat memilih judul skripsi, pikirkan bagaimana penelitian bisa memberikan kontribusi yang berarti. Ini bukan cuma tentang menyelesaikan tugas, tapi juga tentang membuat dampak yang bermanfaat untuk ilmu pengetahuan.

4. Pengalaman praktis

Memilih judul skripsi berdasarkan pengalaman praktis bisa jadi langkah yang cerdas dan memuaskan, nih. Pengalaman langsung memberikan sudut pandang unik yang mungkin belum banyak dijelajahi dalam penelitian sebelumnya. Jika kamu pernah magang di perusahaan teknologi dan menyadari ada gap dalam penelitian tentang "Implementasi AI dalam Manajemen Proyek", itu dapat menjadi ide yang keren untuk skripsimu.

Contoh judul ini bisa kamu pilih karena selama magang, kamu melihat sendiri bagaimana AI diterapkan dalam manajemen proyek dan menemukan bahwa topik ini belum banyak diteliti. Pengalaman tersebut bikin kamu merasa yakin jika penelitian ini bisa memberikan manfaat praktis yang nyata. Kamu menyajikan temuan yang langsung berkaitan dengan pengalaman yang kamu miliki, dan ini tentu akan menambah nilai dari penelitianmu.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya