TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tempat Makan Legendaris di Palembang, Ada Dibuka Sejak 1947

Kalian sudah pernah ke tempat makan yang mana?

Kuliner legendaris di Palembang (Dok. Instagram Martabak HAR)

Intinya Sih...

  • Martabak HAR, tempat kuliner legendaris di Palembang, berdiri sejak 1947 oleh Haji Abdul Rozak. Menyajikan martabak telur unik dengan kuah kari kental.
  • Rumah Makan Pindang Musi Rawas menyajikan hidangan pindang ikan patin dan baung dengan kuah asam pedas dan bumbu rempah yang kuat.
  • Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei, tempat wajib bagi pecinta kuliner Palembang dengan mie kenyal, kuah kental santan, dan kaldu udang.

Palembang, IDN Times - Wisata kuliner Palembang selalu menarik diulas. Itu lantaran, Kota Pempek ini terkenal dengan daerah banyak pilihan tempat makan, mulai dari rumah makan kekinian hingga restoran legendaris sudah berdiri sejak puluhan tahun.

Artikel berikut, IDN Times merangkum tiga lokasi kuliner legendaris di Palembang bisa jadi pilihan wisatawan maupun masyarakat sekitar untuk dikunjungi sekaligus dicoba santapan menu-menu di sana. Cek yuk!

Baca Juga: Cara Bikin Bread Butter Pudding, Camilan Viral di Palembang

1. Martabak HAR Palembang

Martabak HAR (Instagram/Martabak HAR)

Cabang Martabak HAR di Palembang sudah tersebar di beberapa lokasi, namun lokasi paling legendaris berada di dekat Masjid Agung. Martabak HAR sudah berdiri sejak tangga 7 Agustus tahun 1947. Martabak HAR merupakan singkatan dari Haji Abdul Rozak.

Haji Abdul Rozak adalah seorang warga negara India merantau ke Palembang dan mendirikan usaha Martabak. HAR memiliki delapan anak yang lahir di Palembang. Mereka adalah Yusuf HAR, Abdullah HAR, Atika HAR, Maria HAR, Bakar HAR, Aman HAR, Dewi HAR dan Ratu Dewi Arodiah HAR. Saat ini, sembilan bisnis kuliner martabak HAR itu dikelola oleh Rudy HAR generasi ketiga keturunan Haji Abdul Rozak.

Tempat ini menyajikan martabak telur yang unik dengan kuah kari kental yang kaya rempah dengan tambahan potongan daging dan telur. Martabak HAR yang saat ini kerap dikunjungi wisatawan berada di Jalan Jenderal Sudirman buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

2. Rumah Makan Pindang Musi Rawas

Hidangan pindang ikan dari Sumsel (istimewa)

Rumah Makan Pindang Musi Rawas juga bisa menjadi pilihan lokasi kuliner di Palenbang, di sini sajian yang terkenal adalag hidangan pindang ikan patin dan ikan baung. Kuah pindangnya yang asam pedas dengan bumbu rempah yang kuat, membuat tempat ini menjadi favorit pecinta kuliner tradisional Palembang. Rumah Makan ini terletak di Jalan Mayor Salim Batubara Nomor 47, dan buka dari pukul 10.00-22.00 WIB. 

3. Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei

Mie celor 26 ilir Haji Syafei Palembang (Dok. Mie Celor 26 Ilir)

Mie celor adalah salah satu makanan khas Palembang yang wajib dicoba. Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei adalah tempat yang pas dicoba penikmat kuliner daerah.

Hidangan mie kenyal ditambah kuah kental berbahan santan dan kaldu udang bikin pecinta kuliner tak sabar untuk menyantapnya. Lokasi Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei beralamat di Jalan KH. Ahmad Dahlan dan mulai buka dari jam 07.00 WIB.

Dari rekomendasi kuliner legendari Palembang di atas, kamu sudah pernah menyambangi yang  mana?

Baca Juga: 5 Tips Bikin Mie Celor Khas Palembang, Super Creamy dan Gurih!

Berita Terkini Lainnya