Comscore Tracker

Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli 2020 dengan Protokol Kesehatan

Protokol pencegahan COVID-19 akan tetap berlaku

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) berencana membuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani, Selasa (7/7) mendatang. Pemerintahan setempat pun sedang menyiapkan protokol bagi para pendaki.

"Rinjani ini risikonya rendah, tetapi tetap hati-hati, protokol COVID-19 ini harus selalu diterapkan," ujar Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah, di Lombok Timur seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/6).

Sitti mewanti-wanti pendaki dan warga sekitar Gunung Rinjani agar disiplin menjalankan protokol pencegahan COVID-19. "Kita akan selalu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak bila beraktivitas di luar rumah sampai vaksin virus (penyebab) COVID-19 ini ditemukan," ujarnya.

1. Berbagai persiapan pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli 2020 dengan Protokol KesehatanIDN Times/Sunariyah

Menurut Sitti, perlu adanya pembahasan untuk perizinan pendakian Gunung Rinjani melalui satu pintu. Selain tentang membangun jalur khusus pengendara kuda dan sepeda untuk memudahkan pembawa barang. Ia pun menekankan pentingnya pengelolaan sampah di pintu-pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

"Kuncinya di pintu masuk. Ini harus betul-betul kita perhatikan. Rinjani ini tumpuan hidup kita dan sumber air kita. Jadi antara pariwisata dan kelestarian harus betul-betul kita jaga," katanya

Ia berharap persiapan sudah rampung pada 7 Juli nanti, baik dari hulu hingga hilir. Hal itu perlu diperhatikan dengan baik agar mempermudah sejak wisatawan naik hingga turun. "Mudah mudahan dengan dibukanya Sembalun bisa memberikan semangat bagi kita," katanya.

Baca Juga: 2 Wisata Alam di Sumsel Kembali Dibuka

2. Pembukaan Taman Nasional Gunung Rinjani akan dilakukan secara bertahap

Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli 2020 dengan Protokol KesehatanIDN Times/Sunariyah

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno mengatakan, pembukaan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk umum akan dilakukan secara bertahap.

"Ini kita buka secara bertahap, 10 persen dulu dan kita evaluasi setiap minggu, tentu yang kita dahulukan ini domestik," katanya.

3. Bupati Lombok Timur akan sosialisasikan protokol kesehatan COVID-19 kepada pelaku usaha di area Taman Nasional Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli 2020 dengan Protokol KesehatanIDN Times/Sunariyah

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi mengenai rencana pembukaan kembali Taman Nasional Gunung Rinjani kepada seluruh pihak terkait.

Sosialisasi terkait penerapan protokol pencegahan COVID-19 itu meliputi kegiatan di taman nasional kepada para pelaku usaha. "Kami akan meminta dan memantau semua pihak tetap menerapkan protokol dengan maksimal dan berkomitmen mensosialisasikan protokol COVID-19," katanya.

Baca Juga: 7 Referensi Destinasi Wisata di Kaki Gunung Rinjani, Gak Kalah Seru!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya