Comscore Tracker

Cek IMEI Handphone Sebelum Beli, Terdeteksi Ilegal Otomatis Blokir

Handphone black market tidak bisa digunakan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui tiga lembaganya seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai menerapkan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada 18 April 2020 mendatang.

Menurut  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, penerapan aturan itu berisi pelarangan peredaran ponsel ilegal atau black market di pasaran. Jika diketahui handphone tidak terdaftar, otomatis handphone tidak bisa digunakan atau diblokir.

Pemerintah pun membuat laman khusus di sini untuk masyarakat yang ingin memeriksakan nomor IMEI handphone miliknya.

Selain itu operator seluler bisa memeriksa orginal handphone. Mereka akan mencocokkan IMEI perangkat yang terhubung ke jaringannya dengan database ponsel resmi yang disimpan oleh pemerintah.

Apabila nomor IMEI ponsel tidak ditemukan dan terbukti ilegal atau black market, pemerintah akan memblokir perangkat yang bersangkutan dengan cara tidak diizinkan tersambung ke jaringan seluler.

1. Aturan diberlakukan untuk melindungi konsumen

Cek IMEI Handphone Sebelum Beli, Terdeteksi Ilegal Otomatis BlokirMenkominfo Johnny G Plate memberikan keterangan pers di Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Johnny menyebut bahwa aturan tersebut tetap diberlakukan guna melindungi industri perangkat telepon di dalam negeri. Serta memberikan perlindungan pada konsumen.

"Menjaga penerimaan negara dan memberikan perlindungan pada konsumen dari bahaya handheld yang tidak memenuhi standar keamanan," kata Johnny kepada IDN Times, Senin (13/4).

2. IMEI black market sebelum 18 April 2020 tetap bisa digunakan

Cek IMEI Handphone Sebelum Beli, Terdeteksi Ilegal Otomatis BlokirIDN Times/Reynaldy Wiranata

Johnny menjelaskan bahwa pemberlakuan aturan IMEI itu akan tetap dilaksanakan pada 18 April pukul 00.00 WIB. Sementara untuk IMEI black market yang sudah digunakan akan tetap bisa digunakan.

"Namun yang baru tidak dapat digunakan dan secara otomatis akan pendaftarannya ditolak," jelasnya.

3. Implementasi aturan baru melibatkan operator seluler

Cek IMEI Handphone Sebelum Beli, Terdeteksi Ilegal Otomatis BlokirMenkominfo Johnny G Plate memberikan keterangan pers di Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 6 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pemerintah akan melibatkan operator seluler di Indonesia dalam implementasi aturan IMEI yang baru, untuk menjalankan identifikasi nomor IMEI ilegal dan pemblokiran. Dari pihak operator seluler, mereka diketahui bakal memanfaatkan mesin bernama Equipment Identity Register (EIR).

"White list system akan segera berlaku dan Equipment Identity Register (EIR) di setiap opsel (operator seluler) sudah dapat diaktifkan serta central EIR di Perindustrian juga sudah dapat digunakan pada 18 April 2020," tuturnya.

Baca Juga: Pekan Ini, Kemenkominfo Putuskan Sistem Blokir IMEI Ponsel Ilegal

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya