Comscore Tracker

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensor

Berapa megapiksel kamera hapemu?

Kebanyakan orang memilih sebuah smartphone karena ukuran megapiksel pada kameranya yang cukup besar. Meski ada juga yang memilih karena kapasitas baterai, ukuran RAM, dan memori internal yang cukup besar.

Tapi untuk menghasilkan foto yang bagus dan memiliki kualitas tinggi, megapiksel bukan satu-satunya faktor penentu. Sebab ada sensor kamera yang juga berperan dalam hal itu. Yuk, ketahui tentang megapiksel dan sensos kamera pada smartphone.

1. Apa itu megapiksel?

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorbusinessinsider.sg

Istilah megapiksel bukan barang baru lagi. Tapi tahukan kamu artinya? Megapiksel berarti satu juta piksel. Piksel adalah kotak kecil yang disatukan seperti potongan puzzle atau mozaik yang menyusun foto. Resolusi foto akan ditentukan oleh seberapa banyak piksel pada kamera. Begitu keterangan di laman The Spruce Crafts.

Tech Target mendefinisikan megapiksel sebagai unit kapasitas pengindraan gambar dalam kamera digital. Secara umum, memang semakin besar megapiksel dalam kamera maka semakin baik pula kualitas gambar yang dicetak. Satu megapiksel setara dengan 1.048.576 piksel, ungkap laman Mac World.

2. Apakah kamera dengan megapiksel besar lebih baik?

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorengadget.com

Kita coba membandingkan kamera yang memiliki 10 megapiksel dengan 2 megapiksel. Kamera 10 megapiksel memiliki sekitar 10 juta kotak kecil untuk menyusun foto, sementara kamera 2 megapiksel hanya memiliki 2 juta kotak kecil. Semakin besar megapiksel maka semakin tajam dan jelas hasil foto tersebut, terang laman The Spruce Crafts.

Lebih sederhana lagi ketika semakin banyak piksel berarti semakin banyak informasi. Jika terlalu sedikit piksel yang tersedia, semakin kita melihat kotak-kotak piksel tersebut. Kotak piksel ini bisa dilihat jika kamu memperbesar gambar. Coba bandingkan hasil foto yang kamu ambil di tahun 2010 dan sekarang, pasti akan terlihat perbedaannya.

3. Megapiksel bukan satu-satunya patokan kualitas kamera

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorlifewire.com

Meski dari dukungan fakta di atas, tapi megapiksel bukan satu-satunya penentu kualitas foto. Hal yang patut dipertimbangkan adalah bagian sensor pada kamera. Kamera yang memiliki sensor kecil akan mempersulit piksel untuk menangkap cahaya lebih banyak. Hal ini menyebabkan hasil gambar jadi kurang jernih.

Kamera dengan sensor yang lebih besar akan menghasilkan gambar dengan noise yang lebih sedikit. Meski dengan pengaturan ISO tinggi, gambar tidak akan noise jika kamera smartphone memiliki sensor yang bagus.

Jadi ukuran megapiksel yang besar harus didukung oleh sensor kamera yang besar pula. Megapiksel pun bukan satu-satunya patokan untuk menghasilkan foto yang bagus.

4. Bukti bahwa sensor kamera lebih berperan

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorwccftech.com

Tak selamanya hasil foto yang bagus bersumber dari besarnya megapiksel. Laman Mac World membandingkan hasil foto antara Samsung Galaxy S5 dan S6 dengan Samsung Galaxy S7, S8 serta S9. Samsung Galaxy S5 dan S6 memiliki resolusi kamera 16 megapiksel, sementara S7, S8 dan S9, punya resolusi 12 megapiksel.

Dari hasil perbandungan foto dengan kamera beresolusi 12 megapiksel jauh lebih baik dari kamera beresolusi 16 megapiksel. Sbeba kamera 16 megapiksel memiliki ukuran piksel lebih kecil (1.12µm) dari rivalnya yang hanya memiliki resolusi 12 megapiksel (1.4µm). Ukuran piksel yang lebih kecil bisa memunculkan lebih banyak noise pada foto.

Baca Juga: 5 Smartphone Pertengahan 2019 dengan Kamera Teknologi Canggih

5. Ukuran foto yang besar adalah kelemahan dari kamera bermegapiksel besar

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorpopsci.com

Selain itu, kamera dengan resolusi besar juga memiliki hasil foto dengan ukuran besar. Hasil gambar yang besar ini membuat ruang penyimpanan di smartphone cepat penuh. Misalnya, kamera dengan resolusi 3168 x 3168 piksel memiliki ukuran 2 MB sampai 4 MB untuk tiap file. Ukuran foto berbanding lurus dengan besarnya megapiksel pada kamera.

Jika smartphone memiliki ruang penyimpanan terbatas, maka lebih direkomendasikan ukuran file yang kecil dengan megapiksel yang lebih kecil. Gambar dengan ukuran yang besar juga memakan waktu lebih lama untuk diunggah.

6. Kamera dengan megapiksel dan sensor besar lebih baik melakukan cropping

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorimore.com

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kamera dengan megapiksel besar memiliki piksel dengan jumlah lebih banyak dan lebih rapat. Hasil foto pun akan tajam dan tidak terlihat kotak-kotak piksel ketika di-zoom. Hal ini menguntungkan, karena foto akan tetap terlihat tajam apabila dipotong (cropping).

Tapi ini juga bukan satu-satunya faktor. Agar hasil cropping lebih bagus, carilah smartphone dengan kamera yang mendukung optical zoom, bukan digital zoom. Dengan optical zoom, sebuah foto tidak akan kehilangan kualitas gambar karena jumlah piksel yang ditangkap sama, baik saat diperbesar atau tidak.

7. Pertimbangkan fitur lain dalam kamera smartphone!

Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensorthesmartphonephotographer.com

Ukuran megapiksel dan sensor kamera pada smartphone bisa membuat hasil foto jadi lebih baik. Tapi jangan juga lupa fitur-fitur lain, seperti dukungan pengambilan gambar low light, image stabilizer, ukuran aperture yang besar, fitur optical zoom, kemampuan mengatur ISO, fitur HDR, panorama, hingga dukungan format file RAW.

Gimana penjelasan tentang faktor pendukung agar foto yang dihasilkan menjadi bagus? Perlu diingat, alat hanya sebagai pendukung. Hal terpenting adalah ketajaman dan intuisi seseorang dalam melihat sebuah objek sebelum memotret. Terus berlatih ya!

 

Baca Juga: Saatnya Melirik 8 HP dengan Kamera Pop Up dan Slider Terbaik 2019 Ini

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya