Comscore Tracker

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusak

Kamu pasti sering melakukannya. Iya, kan?

Smartphone menjadi "teman" setiap orang saat ini. Kegiatan apa saja dan di mana pun, smartphone selalu dekat menemati.  Baik untuk membuka media sosial, game, berkomunikasi, hingga mengerjakan tugas penting. 

Jika kamu ingin smartphone kesayangan awet hingga bertahun-tahun, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Membiarkan aplikasi yang tak terpakai terus terbuka

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusaktimeshighereducation.com

Banyak dari kita yang terbiasa langsung menekan tombol Home setelah menggunakan aplikasi. Bukan begitu, kan?

Ternyata kebiasaan tersebut menggerus daya tahan baterai, lho. Sebab, aplikasi tersebut tidak tertutup secara sempurna dan terus berjalan sebagai background.

2. Membiarkan layar terlalu terang

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakslate.com

Membiarkan tingkat kecerahan layar smartphone terlalu tinggi sebaiknya tidak dilakukan lagi. Tanpa disadari, layar menyedot daya baterai. Bukan hanya itu, kebiasaan ini juga akan membuat perangkat kita mudah panas atau overheating.

3. Tidak memakai screen protector

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakimimg.com

Screen protector atau anti gores adalah aksesori yang harus digunakan saat smartphone baru. Memang terlihat sepele, tetapi pelindung layar tersebut sangatlah penting.

Kamu tidak mau kan, smartphone kesayangan lecet-lecet hanya karena malas memasang screen protector. Screen protector bisa mengurangi risiko layar pecah saat terjatuh.

4. Menaruh smartphone di bawah bantal

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakmaximummedia.ie

Siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? Sebaiknya hindari mulai sekarang, ya! Menaruh smartphone di bawah bantal akan memicu panas.

Jika itu terjadi, baterai smartphone-mu pun cepat rusak. Sebagai gantinya, taruh perangkat tersebut di meja atau benda dengan permukaan keras lainnya.

5. Tidak menggunakan case

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakwawcase.com

Banyak orang yang memilih tidak menggunakan case karena membuat perangkat menjadi lebih tebal. Namun seperti yang kita tahu, case adalah perlindungan pertama bagi smartphone. Baik dari benturan, air, ataupun risiko lainnya. Masih mau menyepelekannya?

Baca Juga: Kamera Bertambah, Ini Bocoran Spesifikasi iPhone 12 yang Dirilis 2020

6. Membiarkan charger terus menancap

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusaksimplemost.com

Dilansir dari PCMag, membiarkan charger terus menancap saat baterai sudah penuh dapat merusak smartphone. Bukan karena daya yang berlebihan, tetapi karena panas dari listrik akan membuat baterai panas. Jika kamu sering melakukannya, usia baterai pun semakin singkat. 

7. Tidak update software terbaru

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakapple.com

Download dan install software memang memakan waktu dan paket data. Akan tetapi, menghiraukan notifikasi update bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

Sebaiknya, lakukan perintah tersebut sesegera mungkin. Dengan begitu, semua perbaikan akan terpasang dan smartphone-mu tidak ketinggalan zaman.

8. Menggunakan charger murah yang tidak resmi

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakeandt.theiet.org

Memang tak ada salahnya menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone. Namun kamu harus selektif saat memilihnya.

Jangan hanya mementingkan harga yang murah saja. Sebab, kabel dan adaptor yang berkualitas buruk bisa merusak smartphone. Atau yang lebih parah akan menyebabkan korsleting dan kebakaran.

9. Menghabiskan baterai sampai nol persen

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusakariehalpern.com.br

Seiring berjalannya waktu, baterai smartphone akan mengalami penurunan. Yang bisa kita lakukan adalah memperlambat proses tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan tidak menghabiskan baterai sampai nol persen atau sampai smartphone mati. Sebaiknya sambungkan charger ketika baterai tinggal 30 persen.

10. Menggunakan mode getar sebagia notifikasi

10 Kebiasaan yang Dianggap Biasa Ini Justru Membuat HP Cepat Rusak9to5google.com

Mode getar bukanlah pilihan yang baik, terutama untuk menampilkan notifikasi. Pasalnya, hampir setiap saat kita mendapatkan notifikasi dari berbagai aplikasi.

Mode getar hanya akan menambah beban smartphone. Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakan mode silent untuk notifikasi. Mode getar bisa kamu pakai untuk telepon atau pesan yang penting saja.

Dari sederet kebiasaan buruk itu, hal mana saja yang sering kamu lakukan? Agar smartphone kesayangan kalian bisa awet, sebaiknya melakukan tips di atas ya.

Baca Juga: 10 Cara Menyiasati Kamera HP yang Kualitasnya Buruk agar Lebih HD

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya