Comscore Tracker

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof 

Cocok diterapkan ketika sedang bermain air di pantai!

Bukankah enak jika smartphone dan gadget lainnya dibuat tahan air? Kita tak perlu lagi khawatir jika hujan turun ataupun ketika mereka masuk ke dalam air tanpa sengaja. Tak hanya itu, kita juga bisa menggunakannya saat berenang dan bermain air tanpa khawatir komponennya rusak. 

Itulah kenapa sebagian smartphone kini dilengkapi dengan bodi yang waterproof. Tentu saja kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara simpel dan hemat untuk membuat gadget-mu tahan air. Yuk, simak berikut ini!

1. Menggunakan waterproof case

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof armor-x.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan case waterproof yang banyak dijual di pasaran. Aksesori tersebut tersedia dalam dua pilihan, yaitu hard case dan soft case. 

Keduanya dapat berfungsi dengan baik untuk menghalau air agar tidak mengenai gadget-mu. Bukan hanya itu, waterproof case juga bisa melindungi gadget dari material lain seperti lumpur, pasir, dan air hujan. 

2. Menggunakan waterproof pouch

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof bol.com

Kamu juga bisa melengkapi gadget-mu dengan waterproof pouch. Tak hanya smartphone saja, kantong tersebut juga bisa digunakan untuk kamera kecil, jam tangan, dan lain-lain. Biasanya waterproof pouch dilengkapi dengan tali sehingga kamu bisa mengalungkannya di leher. Tak perlu takut hilang, deh!

3. Menggunakan waterproof skin

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof pinimg.com

Ada pula aksesori yang bernama waterproof skin. Ini merupakan lapisan film yang harus dilekatkan langsung ke bodi dan layar gadget. Kelebihannya, ia tidak memberikan efek bulky pada perangkat kita. Film juga akan menutupi setiap port gadget. 

Namun sayangnya, waterproof skin hanya bisa dipakai sekali dan harus dipasang oleh orang yang berpengalaman. Jika tidak, ada kemungkinan air bisa menembusnya. Tak hanya itu, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan metode ini ketika menyelam. Tekanan air yang kuat bisa mengakibatkan kebocoran film.

Baca Juga: 5 Jenis Case Ini Bisa Lindungi Bodi Kaca Smartphonemu

4. Cairan pelapis nano-coating

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof ytimg.com

Jika kamu ingin gadget jadi waterproof secara permanen, kamu bisa coba cara yang satu ini. Lapisilah bodinya dengan cairan nano-coating, yaitu film cair yang bisa melindungi gadget dari air. 

Namun perlu diketahui bahwa lapisan tersebut tidak akan bisa membuat gadget-mu waterproof ketika dibawa berenang atau menyelam dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya tetap gunakan pelindung tambahan untuk meminimalisasi risiko kebocoran.

5. Menyiasati dengan plastik ziplock

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof pinimg.com

Untuk meminimalisasi biaya, kamu bisa memanfaatkan plastik ziplock yang ada di rumah. Untuk menerapkannya, ikuti langkah berikut ini:

  1. Masukkan smartphone atau gadget lainnya ke dalam plastik ziplock dengan ukuran yang sesuai;
  2. Tutup sebagian perekat, sisakan lubang kecil di bagian ujung;
  3. Masukkan sedotan ke dalam lubang tersebut;
  4. Hirup udara sampai plastik mengempis;
  5. Jika sudah, ambil sedotan, kemudian rekatkan lubang tersebut;

Dengan begitu, kamu tetap bisa mengoperasikan gadget seperti biasa. Namun kamu harus memastikan plastik tertutup rapat dan tidak memiliki lubang, ya!

6. Menggunakan plastic wrapping

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof pinimg.com

Trik berikutnya yang layak untuk dicoba adalah membungkus gadget dengan plastic wrapping makanan. Kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Cukup balutkan plastik dengan rapi dan menyeluruh ke bodi gadget. Pastikan tidak ada celah untuk air, ya!

7. Memasukkannya ke dalam wadah plastik

Awet dan Tahan Air! Ini Cara Membuat Gadget Kamu Jadi Waterproof alltopbargains.info

Jika sedang dalam keadaan yang sangat mendesak, kamu bisa memasukkan gadget ke dalam wadah plastik. Misalnya ketika terjadi hujan lebat, banjir, dan lain-lain. Pastikan kamu menyediakan tempat yang kedap air, ya! Kamu memang tak bisa menggunakannya, tapi cara ini patut kamu coba.

itu tadi beberapa cara untuk membuat gadget-mu waterproof. Dengan menerapkan cara tersebut, kamu jadi bisa membawanya ketika sedang berenang atau bermain di pantai. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Smartphone-mu Gak Butuh Case

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya