Comscore Tracker

Diam-diam Keluar dari Grup WhatsApp? Kalian Perlu Coba Ini

Cobain, deh!

Setiap orang pasti tergabung dalam grup WhatsApp. Mulai dari grup keluarga, alumni sekolah dan kampus, urusan pekerjaan, sampe grup satu geng. Ada kalanya grup WhatsApp dibutuhkan untuk berbagi informasi. Tapi tak sedikit grup yang membahas hal-hal kurang penting dan bikin risih.

Tapi untuk keluar dari grup, biasanya kita cenderung sungkan karena harus menjaga perasaan orang lain yang ada di grup tersebut. Tapi IDN Times punya trik ampuh cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan. Cobain yuk!

1. Ganti nomor WhatsApp terlebih dulu

Diam-diam Keluar dari Grup WhatsApp? Kalian Perlu Coba Ini(IDN Times/Indra Zakaria)

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengganti nomor WhatsApp terlebih dulu. Nomor baru hanya digunakan pengganti sementara. Saat nomor baru sudah siap, kita wajib menggantinya dengan cara masuk ke menu Settings, lalu pilih Account dan Change Number. Dari situ, ganti dan ikuti langkahnya seperti biasa.

Sebelum melakukan langkah ini, kita diwajibkan mem-backup chat penting. Caranya masuk ke menu Settings lalu Chats dan pilih Chat Backup. Klik tombol Backup dan otomatis chatting-an di akun lama akan tersimpan.

Baca Juga: Beredar Info PSBB Palembang Tutup Jalan Jam 2 Siang, Ini Faktanya

2. Backup pesan sebelum menghapus data

Diam-diam Keluar dari Grup WhatsApp? Kalian Perlu Coba Ini(IDN Times/Indra Zakaria)

Setelah mengganti nomor, segera hapus nomor WhatsApp lama melalui menu Settings Apps dengan cara menghapus data alias Clear Data. Jangan menghapus nomor lama dari aplikasi. 

Buka menu Settings atau Manager Apps di smartphone, tap aplikasi WhatsApp dan pilih Hapus Memori alias Clear Cache, lalu pilih Hapus Data atau Clear Data.

Setelah langkah di atas dilakukan, secara otomatis aplikasi WhatsApp akan bersih seperti baru pertama kali di-download. Hal itu juga membuat seolah-olah WhatsApp terhapus, padahal akun WhatsApp yang sebenarnya masih aktif.

3. Daftar WhatsApp lagi dengan nomor lama tapi harus tunggu sebentar

Diam-diam Keluar dari Grup WhatsApp? Kalian Perlu Coba Inifreepik.com

Jika dua tahapan tersebut sudah dilakukan, selanjutnya mendaftar lagi ke WhatsApp dengan nomor lama. Namun, beri jeda sebelum melakukan langkah ini. Maksimal tunggu hingga 30 menit sebelum mendaftar pasca proses Clear Data.

Setelah menunggu, buka kembali aplikasi WhatsApp dan pilih menu "Setuju dan Lanjutkan". Masukan nomor telepon yang lama, lalu lakukan proses aktivasi dan lakukan verifikasi sebagai proses pendaftaran sampai selesai.

Jika pilihan "Restore" muncul, pilih "OK" dan semua chat yang tersimpang otomatis akan muncul lagi. Kamu pun bebas melenggang keluar dari grup yang tidak diinginkan.

Gimana, sudah paham cara keluar dari grup WhatsApp? Sebelum melakukannya, ada baiknya untuk dipikirkan kembali agar tak ada yang merasa tersinggung dengan pilihan cabut dari grup WhatsApp. 

Baca Juga: Manfaatkan 9 Fitur WhatsApp Business buat Usaha, Gak Perlu Ganti HP   

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya