Comscore Tracker

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lama

Dasarnya memang berawal dari kebiasaan

Mouse adalah salah satu bagian terpenting dalam komputer yang sangat membantu untuk kegiatan mengetik atau lain halnya. Menggunakannya lebih baik ketimbang menggunakan track pad.

Akan tetapi sering juga mouse menjadi rusak lantaran penggunaan yang berat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk menjaga mouse-mu lebih tahan lama.

1. Jauhkan dari benda-benda cair

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lama1zoom.me

Ini permasalahan kebiasaan. Umumnya dalam mengerjakan sesuatu atau bermain video game, orang-orang selalu membawa segelas air, kopi ataupun lainnya.

Hal ini sangat rawan untuk tumpah dan membasahi mouse yang seketika akan merusaknya. Usahakan untuk tidak meletakkan benda cair di meja yang sama dengan komputer.

2. Tidak menekannya terlalu kasar

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lamavideoblocks.com

Ini adalah kebiasaan paling umum yang merusak mouse. Dalam bermain game atau kegiatan lainnya, ada kala seseorang menekan tombol mouse terlalu keras karena terlalu bersemangat.

Ini membuat tombol menjadi rusak dengan tertelan ke dalam. Usahakan untuk tidak sering-sering melakukannya, agar mouse-mu lebih tahan lama.

3. Gunakan mouse pad

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lamawikipedia.org

Sangat disarankan untuk menggunakan alas mouse. Tujuannya adalah agar mouse tetap bersih serta membuat sensornya menjadi lebih lancar dengan alas yang lebih rata.

Baca Juga: 20 Shortcut Keyboard yang Bikin Kamu Jadi Master Photoshop

4. Tidak sering melepas-pasang USB

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lamalifewire.com

Seringnya melepas pasang USB akan melukai bagian kabel, khususnya bagian port-nya. Hal itu juga berlaku terhadap port di komputer yang akan membuatnya susah untuk digunakan yang lain. Gunakanlah mouse jika benar-benar dibutuhkan.

5. Menggulung kabel dengan baik

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lamaamazon.com

Permasalahan paling merepotkan adalah jika mouse-mu rusak pada bagian kabel. Kondisi macam ini menyebabkan mouse terkadang dapat berfungsi dan terkadang tidak. Hal itu biasanya disebabkan kabel bagian dalam yang putus, karena salah melipat kabel mouse. Perhatikan baik-baik cara melipatnya agar kabel dalam tidak rusak.

6. Bersihkan optik mouse

Tetap Sensitif dan Lancar Terbaca! Ini Tip agar Mouse Lebih Tahan Lamawindowscentral.com

Walaupun zaman sekarang sudah gak menggunakan bola, namun mouse tetap perlu dibersihkan. Sistem optik membuat kotoran sekecil apapun mampu mempengaruhi kinerja mouse. Karena itu, sering-seringlah untuk mengecek dan membersihkannya.

Minimal itulah cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk lebih merawat mouse-mu. Kalau mau lebih awet lagi, coba untuk investasikan modal yang lebih banyak untuk membeli mouse lebih mahal. 

Baca Juga: Kerja Maupun Gaming, Ini 5 Mouse Terbaik untuk PCmu di Tahun 2018

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya