Comscore Tracker

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke Rumah

Mikel Arteta rampung jalani konferensi pers perdananya

Jakarta, IDN Times - Arsenal baru saja rampung menunjuk pelatih baru mereka yakni sang mantan kapten, Mikel Arteta. Eks pemain Everton ini didatangkan dari Manchester City di mana ia menghabiskan 3,5 tahun di sana menjadi asisten pelatih Pep Guardiola.

Kedatangan sahabat karib Xabi Alonso ini sendiri disambut gegap gempita suporter Arsenal. Statusnya sebagai mantan kapten yang juga gantung sepatu di Arsenal, membuat kembalinya Arteta ke London Colney jadi sesuatu yang begitu menggairahkan bagi para suporter.

Dan di konferensi pers perdananya sebagai pelatih Arsenal, Mikel Arteta tampil memukau di depan awak media yang hadir di Emirates Stadium. Berikut IDN Times Sport sajikan transkrip lengkap konferensi pers perdana Arteta sebagai pelatih Arsenal.

1. Tentang kembalinya ke Arsenal, tempat yang Arteta sebut sebagai “rumah”

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta resmi diumumkan sebagai pelatih baru Arsenal, Jumat (20/12). Twitter/@Arsenal

"Akhirnya saya pulang ke rumah (tersenyum). Saya sangat bahagia dan bangga diberi kesempatan menjadi pelatih di klub ini (Arsenal). Saya sudah menyiapkan diri selama beberapa tahun demi menyambut tantangan ini," ujar Arteta dikutip dari situs resmi klub.

"Saya paham ekspektasi di klub ini. Saya tahu level di mana klub ini berada dan status klub ini sebagai klub papan atas. Jadi, saya siap untuk tantangan ini. Saya tidak sabar untuk segera bekerja bersama para pemain dan semua yang ada di klub ini sekarang. Saya punya perasaan positif di klub ini, sebuah energi baik yang saya rasakan ketika tadi saya melangkahkan kaki ke London Colney, dan itu memberi saya banyak energi dan membuat bahagia."

2. Ketika pergi dari Arsenal, Arteta berjanji akan kembali dan kini ia menepatinya

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahArteta diperkenalkan sebagai pelatih baru Arsenal. Twitter/@Arsenal

"Rasanya cukup aneh (pertama ke Arsenal sebagai pelatih). Empat atau lima tahun lalu, saya ada di sini dengan status dan posisi yang berbeda dari sekarang. Tapi, ini mimpi sejak hari di mana saya memutuskan pergi, hengkang dari Arsenal, saya bilang ke orang di sini bahwa saya akan belajar di luar sana, saya akan mempersiapkan diri dan suatu saat saya akan kembali ketika saya rasa siap untuk kembali," jelas Arteta.

"Saya punya rasa hormat yang luar biasa untuk klub ini. Jika saya tidak merasa siap untuk kembali ke Arsenal saat ini, maka saya tidak akan duduk di kursi ini seperti sekarang."

Baca Juga: 5 Alasan Arsenal Harus Jadikan Mikel Arteta Sebagai Pelatih Utama

3. Yang harus diubah di Arsenal menurut versi Arteta: Energi!

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta di lorong Emirates Stadium. Twitter/@Arsenal

"Satu hal penting yang ingin saya ubah adalah energi di klub ini. Minggu lalu, saya bertandang ke sini bersama Manchester City dan saya cukup sedih ketika setelah laga usai, saya merasakan ada yang salah di klub ini," kata Arteta.

"Saya ingin agar kami mampu mengajak semua orang di dalam klub untuk saling terlibat. Saya harus mencoba dan meyakinkan para pemain tentang apa yang ingin saya lakukan dan bagaimana saya ingin melakukannya. Pemain harus mampu belajar menerima proses yang berbeda, cara berpikir yang berbeda, dan saya ingin semua staf dan semua pihak yang ada di klub untuk satukan pemikiran tentang klub ini," lanjut Arteta lagi.

"Kami harus membangun kultur yang mampu mempertahankan tim ini di kala sulit. Di masa-masa sulit, yang tentu saja nanti pasti akan kami alami, jika tak memiliki kultur yang kuat, maka kami akan goyah. Jadi tugas saya adalah meyakinkan semua orang di klub ini bahwa inilah cara kita untuk hidup, dan kalau kalian ingin jadi bagian dari ini, aturan dan cara inilah yang akan kami pakai. Baru setelah itu kita akan membahas hal lain," jelas Arteta.

"Jelas bahwa saat ini kami butuh efek langsung, di mana kami harus segera memenangkan pertandingan. Kami harus menaikkan level kepercayaan diri pemain dan mengembalikan kepercayaan suporter pada tim ini. Kami harus mengajak suporter merasakan bahwa apa yang kami lakukan demi Arsenal, dapat mereka rasakan secara langsung dari apa yang kami berikan di pertandingan. Saya rasa itulah satu-satunya cara, saat kami memberikan sesuatu untuk suporter, lalu suporter membalasnya dengan baik ke kami, di situlah koneksi itu akan terjalin. Karena ketika pemain dan suporter menemukan koneksi terbailknya, tim ini akan sangat luar biasa," ujar Arteta.

"Saya pernah berada di luar klub ini dan ketika ada di luar, saya selalu melihat Arsenal sebagai sebuah tim yang besar. Jadi, inilah perasaan saya sekarang. Sangat bersemangat. Saya rasa kami memiliki tim yang tepat, saya sudah banyak berbicara dengan para senior di klub ini, dan saya rasa kami punya tujuan yang sama untuk Arsenal," tegas dia.

4. Arteta akan mengidentifikasi masalah Arsenal dan coba temukan jalan keluarnya

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke Rumahtwitter.com/Arsenal

"Yang saya rasakan sebagai orang di luar klub kala itu adalah Arsenal kehilangan identitasnya sebagai sebuah klub besar. Saya ingin coba melakukan sesuatu dan mencoba memahami alasan kenapa klub ini jadi seperti itu. Pasti ada alasan di balik semua itu, sebuah sejarah di baliknya, dan saya harus coba memahami itu secara cepat dan menemukan solusi terbaiknya bagi pemain, staf, dan semua yang ada di klub ini," jelas Arteta.

"Itulah tantangannya saat ini. Kami tak punya banyak waktu untuk latihan. Kami tak punya banyak waktu untuk berbicara banyak tentang lain hal karena ada laga penting akan datang (lawan Everton, Sabtu, 21/12, hari ini). Kami harus segera menciptakan aura positif di tim ini, menciptakan energi yang tepat, sehingga semua orang di Arsenal merasa begitu spesial bisa ada di sini," sambung dia.

5. Arteta jelaskan apa saja yang dipelajarinya dari Pep Guardiola

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahPep Guardiola dan Mikel Arteta ketika masih bekerja sama bareng di Manchester City. skysports.com

"Yang saya pelajari dari Pep Guardiola adalah bahwa kita harus 'kejam' di atas lapangan, kita harus konsisten, dan kita harus selalu bermain sesuai dengan identitas tim ini untuk menciptakan mental pemenang. Untuk menjaga konsistensi itu tentu tidak mudah, maka dari itu setiap hari bagi kami adalah penting. Setiap tindakan adalah penting," ujar Arteta.

"Etos kerja Pep sangat luar biasa. Ia orang yang sangat inspirasional bagi orang lain di sekitarnya. Tapi, bagi saya pribadi, rahasia utamanya adalah ketika semua pihak, pemain dan staf serta semua orang di klub, percaya bahwa mereka akan melakukan semua yang terbaik untuk klub ini. Kita harus mampu menyatukan semua semangat itu, jadi orang-orang akan bersemangat. Ketika kami bersemangat, maka semua orang di tim ini akan bersatu padu dan dengan bersatu itu maka kami akan kuat."

Baca Juga: Diincar Arsenal, Mikel Arteta Dikunjungi Oleh Petinggi Arsenal

6. Tentang keraguan bahwa ia masih minim pengalaman

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta berpose di ruang ganti pemain Arsenal. Twitter/@Arsenal

"Saya sangat paham dengan kekhawatiran orang-orang tentang pengalaman saya. Satu hal yang saya bisa coba lakukan adalah meyakinkan mereka bahwa saya sekarang sudah siap dengan segalanya. Saya tidak akan duduk di sini sekarang jika saya tidak yakin saya mampu mengemban tanggung jawab ini dari Arsenal," tegas Arteta.

"Saya akan berikan tiap tetes dari darah saya untuk membuat Arsenal jadi klub yang jauh lebih baik."

7. Apa yang terjadi 18 bulan lalu ketika Arteta dirumorkan bergabung ke Arsenal sebelum Unai Emery?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMantan pelatih Arsenal, Unai Emery. Getty Images via Express.co.uk

"Saya sangat dekat saat itu (untuk bergabung ke Arsenal sebagai pelatih). Saat itu memang bukan saat yang tepat. Ketika sesuatu hal tidak terwujud saat itu juga karena hal itu memang terjadi di saat yang belum tepat. Sekarang, waktu itu sudah tepat dan saya sangat puas," jelas Arteta.

"Saya belajar banyak dari apa yang terjadi 18 bulan lalu. Itu adalah proses alam yang luar biasa dan membuat saya sangat siap untuk hal ini sekarang. Apa yang terjadi berbulan-bulan lalu adalah hal positif yang bisa terjadi kala itu."

8. Arti Arsenal bagi Arteta

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta di dalam Emirates Stadium. Twitter/@Arsenal

"Ketika saya mulai bermain di Inggris, saya mulai menyadari apa arti Arsenal. Saya lahir di Barcelona, kota dengan klub sepak bola yang gaya main, ambisi, serta nilai-nilainya mirip dengan Arsenal. Jadi kala itu saya selalu bilang ke orang-orang di sekitar saya bahwa saya punya mimpi agar suatu hari bisa bermain untuk Arsenal," kata Arteta.

"Lalu ada satu pria, namanya adalah Arsene Wenger, yang mempercayai saya dan memberi saya kesempatan untuk bermain bagi klub ini. Setelahnya, ia menjadikan saya kapten di Arsenal dan hari ini saya tak akan duduk di kursi ini jika bukan karena visi Wenger yang memberikan saya kesempatan berharga bergabung bersama klub luar biasa ini."

9. Apa yang salah di Arsenal dalam 18 bulan ini menurut Arteta?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahEkspresi Mesut Ozil dan Matteo Guendouzi saat Arsenal kebobolan. Twitter.com/@OptaJoe

"Saya punya ide yang saat ini ingin saya simpan untuk diri saya sendiri. Saya masih harus melihat mereka (pemain) bertindak, melihat bagaimana mereka bersikap, ketika kami akhirnya hidup bersama di klub ini. Saya ingin melakukan apa yang saya yakini benar tapi dengan terlebih dahulu meyakinkan mereka bahwa ini adalah arah baru yang baik untuk semua orang di Arsenal," tegas Arteta.

"Semua yang ada di klub ini harus menghormati satu sama lain. Saya juga ingin semua orang lebih bertanggung jawab atas apa yang nanti akan saya minta dari mereka. Saya tidak mau mereka bersembunyi. Saya ingin mereka berdedikasi dengan pekerjaannya (sebagai pemain Arsenal) dan saya ingin mereka menyalurkan energi positif untuk klub ini," lanjutnya lagi.

"Siapa pun yang tidak mampu melakukan ini, atau tidak cukup baik untuk menciptakan kultur positif di klub ini, berarti mereka tidak cukup bagus untuk berada di lingkungan ini. Akan ada banyak hal yang berubah, itu pasti, karena saat ini pemain tak menampilkan performa di level yang diharapkan. Saya akan membantu mereka dan untuk itu, saya harus memahami bagaimana perasaan mereka, apa yang masih kurang dan yang belum mereka lakukan. Kalau nanti saya sudah mencapai titik itu, maka saya akan mudah membantu mereka. Setelahnya, pemain akan mempercayai dan mengikuti saya."

Baca Juga: Jadi Incaran Arsenal, De Bruyne Minta City Tak Halangi Arteta

10. Jadi pelatih termuda di Premier League, apa respons Arteta?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta menendang bola di Emirates Stadium. Twitter/@Arsenal

"Waktu yang akan membuktikan, untuk membicarakan pengalaman dan pekerjaan saya nantinya. Pekerjaan saya punya banyak peran dan tanggung jawab. Beberapa sudah saya alami di Manchester City, beberapa lainnya baru akan saya alami di Arsenal. Beberapa di antaranya saling terkait dan ada beberapa hal yang kini sudah saya punya dan ada yang belu saya punya," jelas Arteta.

"Soal pengalaman, saya tak bisa membantah. Itu jelas menyudutkan saya. Poin positifnya adalahnya saya benar-benar merasa muda. Ketika saya bermain sepak bola di usia 34 tahun, saya selalu jadi yang paling tua. Tapi ketika jadi pelatih, usia ini membuat saya jadi pelatih termuda (di Premier League saat ini). Itu punya banyak poin positif, di mana saya paham banyak hal yang harus saya adaptasi lagi di peran ini. Saya punya banyak orang baik di sekitar saya dan kami akan berjuang sebaik mungkin di sini."

11. Arteta tentang Mesut Ozil

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMesut Ozil dan Mikel Arteta kala masih bersama sebagai pemain Arsenal. Twitter/@MesutOzil1088

"(Ozil) adalah pemain yang luar biasa untuk Arsenal. Seperti saya jelaskan sebelumnya, yang ingin saya lakukan pertama kali adalah memahami apa yang tengah mereka rasakan dan apa yang mereka butuhkan. Ini bukan melulu tentang apa yang saya inginkan karena saya ingin memahami mereka," ujar Arteta.

"Terkadang bisa dengan percakapan biasa, di mana saya bisa memahami mereka. Ketika nanti saya mampu memahami pemain, saya bisa mengeluarkan hal tak penting di karier mereka yang menganggu performa dan fokus kepada hal-hal yang relevan dan bisa meningkatkan efek positif bagi pemain dan klub ini di atas lapangan. Jelas, Ozil adalah pemain yang luar biasa. Saya pernah bermain bersamanya dan saya tahu, ketika Ozil sudah 'klik' dengan tim ini, dia akan memberikan sesuatu yang luar biasa untuk Arsenal. Itulah tugas saya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik Ozil bagi Arsenal."

12. Apakah Arteta akan belanja di bursa Januari?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Arsenal. Twitter/@Asenal

"Kami belum mendiskusikan bursa transfer di Januari dan jelas ada banyak percakapan terkait hal itu di sekitar sini. Sekarang, saya hanya fokus untuk memenangkan pertandingan dan menemukan cara untuk meningkatkan hal-hal kecil yang bisa mengembalikan kepercayaan diri pemain. Pemain harus menginjakkan kaki ke lapangan dengan kepercayaan diri tinggi dan meningkatkan apa yang belum mereka tingkatkan sebelumnya," tegas Arteta.

13. Apa yang bisa diraih Arsenal bersama Arteta di sisa musim ini?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahTrio Nicolas Pepe, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Gabriel Martinelli. premierleague.com

"Saya rasa, mengatur target apa yang bisa dicapai musim ini oleh klub bukan hal yang akan saya lakukan. Saya akan menjalaninya hari demi hari. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan di sini tapi ambisi Arsenal sudah jelas: kami harus ada di kompetisi Eropa, kami harus bertarung demi trofi, sesederhana itu," ujar Arteta.

"Untuk membicarakan target itu sendiri sebenarnya masih terlalu jauh. Sekarang, kami akan memikirkan apa yang akan kami lakukan di laga lawan Everton, mengangkat moral tim, lalu di hari Minggu Senin, Selasa, dan Rabu, kita akan bekerja sama lagi untuk pertandingan lain."

14. Adakah peran Freddie Ljungberg di skuat Arsenal asuhan Arteta?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahKepala pelatih sementara Arsenal, Freddie Ljungberg. instagram.com/fredieljungberg

"Itu adalah pembahasan yang saya bahas pagi tadi ketika saya bertemu pemain dan berbicara banyak dengan mereka. Saya sudah berbicara dengan Ljungberg setelahnya tentang ekspektasinya dan bagaimana ia menilai situasi saat ini di Arsenal. Kita akan mengetahui hasilnya dalam waktu dekat. Untuk saat ini saya belum berbicara banyak dengan Ljungberg tentang apa yang ingin ia lakukan nantinya."

Baca Juga: Mikel Arteta akan Segera Diumumkan Jadi Pelatih Baru Arsenal?

15. Apa reaksi Guardiola ketika Arteta pamit dari Manchester City?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahPep Guardiola dan Mikel Arteta semasa di Manchester City. goal.com

"Dengar, hubungan saya dan Pep sangat luar biasa. Jelas bahwa ia sedih dan waktunya tidak tepat untuknya bahwa saya pergi saat ini tapi dia memahami itu. Dia tahu bagaimana saya sudah berkembang dan ia paham kebutuhan emosional saya, serta ambisi yang saya punya, di mana Pep juga terus memberikan banyak ilmu lagi dan lagi tiap waktunya kepada saya," jelas Arteta.

"Jika sebelumnya saya mengidolai dia atas apa yang sudah ia lakukan, kini saya tidak bisa menjelaskan lagi seberapa luar biasa sosok Pep dan betapa profesional ia dengan pekerjaan ini. Reaksinya ketika berbicara dengan saya, dia tahu bahwa saya menderita meninggalkan tim di saat seperti sekarang, jadi saya merasakan bahwa ia cukup sedih. Tapi Pep sangat suportif, sama seperti Txiki (Begiristain), Ferran (Soriano), dan juga Khaldoon (Al Mubarak), kami sudah berbincang banyak di telepon kemarin," lanjutnya.

"Ketika saya meninggalkan City, saya meninggalkan dengan cara baik-baik. Saya ucapkan selamat tinggal kepada staf di sana, semua pemain, saya bahkan menangis karena saya tahu bahwa saya punya waktu 3,5 tahun di sana yang luar biasa. Kami punya mimpi melakukan sesuatu di Inggris dengan Pep di mana banyak orang bilang itu tidak mungkin karena kami akan gagal di Premier League, tapi kami sukses melakukannya dengan cara kami. Itu sangat luar biasa dan kami akan selalu berbagi momen luar biasa itu di sisa hidup kami ke depan."

16. Kenapa saat ini disebut Arteta saat yang tepat baginya untuk jadi pelatih Arsenal?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahReaksi pemain Arsenal, Alexandre Lacazette, saat timnya ditahan imbang Crystal Palace dengan skor 2-2. Arsenal.com

"Karena terkadang, di industri ini, kamu harus punya rencana, sebuah ide untuk berkembang lagi lebih baik. Lalu, emosi itu turut campur. Ketika Arsenal mengetuk pintu, itu sangat sulit untuk bilang 'tidak'," jelas Arteta.

"Ketika Arsenal mengetuk pintu saya, saya tahu bahwa klub ini adalah rumah saya dan itu membuat semuanya sangat sulit saat itu untuk saya. Sebuah keputusan yang berat meninggalkan City, tapi saya merasakan Arsenal butuh seseorang untuk ditunjuk jadi pelatih. Saya bisa merasakan urgensi itu. Mereka sangat yakin untuk bekerja bersama saya dan saya memutuskan akan mengambil tantangan ini bersama Arsenal."

17. Kapan susunan staf Arteta diumumkan?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahMikel Arteta berpose di Emirates Stadium. Twitter/@Arsenal

"Keputusan itu bukan di tangan saya. Itu adalah urusan pengacara dan surat kontrak. Saya ingin sekali melakukannya secepat mungkin, tapi sejujurnya, situasi saat ini cukup rumit untuk dijelaskan. Sebelumnya, saya punya laga yang harus dijalani bersama Manchester City, jadi saya belum sempat mengurus hal itu sekarang. Tapi, itu akan segera diumumkan secepatnya."

18. Apakah berarti Ljungberg akan hengkang dari Arsenal?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahFreddie Ljungberg ketika melatih Arsenal. independent.co.uk

"Seperti sudah saya bilang tadi, saya perlu duduk bersama dan berbincang bersama dengannya dengan baik. Saya tidak percaya hari ini adalah hari yang baik untuk berbicara dengan Ljungberg karena saya tidak bisa berbicara 10 menit dengannya, itu butuh minimal 8 jam, agar saya bisa memahami situasinya, apa yang ingin ia capai, dan apa yang ia lihat dari pemain," jelas Arteta.

"Saya ingin memahami sejarah tentang apa yang terjadi 18 bulan terakhir ini di Arsenal. Kami akan duduk bersama, sembari menikmati secangkir kopi, dan kemudian kami akan mengambil keputusan bersama."

19. Apa yang dikatakan Arteta kepada Ljungberg untuk laga lawan Everton?

Resmi Nakhodai Arsenal, Mikel Arteta: Akhirnya Saya Pulang ke RumahFreddie Ljungberg kala memimpin Arsenal di laga lawan Manchester City. Arsenal.com

"Tidak banyak yang saya katakan. Saya hanya bilang, 'Kamu tahu pemain ini, kamu sudah berlatih bersama mereka, lakukan apa yang kamu rasa tepat untuk dilakukan'. Saya sudah titip sedikit hal yang saya mau kepada pemain dan itu saja cukup."

Baca Juga: Resmi! Arsenal Umumkan Mikel Arteta sebagai Pelatih Baru!

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya