Comscore Tracker

Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol 

PSSI buat protap setiap pertandingan sesuai acuan FIFA

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengaku akan melanjutkan kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tahun 2020. Menurut Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, seluruh klub menyetujui kompetisi kembali digelar saat rapat virtual selama tiga hari beruntun, sejak 1-3 Juni 2020.

"Hal-hal penting yang kami diskusikan bersama pada pertemuan tersebut, yaitu semua kawan-kawan klub termasuk PSSI, bersepakat untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2," ujar Yunus.

Klub-klub juga mengungkapkan keinginannya agar jadwal Liga 1 2020 digelar pada Oktober 2020, dan kompetisi di bawahnya seperti Liga 2, dilaksanakan dua pekan setelah Liga 1 dimulai.

1. PSSI bakal gelar rapat Exco membahas hal teknis

Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Meski kompetisi bakal digulirkan lagi, namun PSSI baru akan melaksanakan rapat komite eksekutif (Exco) untuk mengambil keputusan soal kelanjutan liga terutama dari sisi teknis.

"PSSI bakal segera memutuskan perihal yang menyangkut persoalan pemain dan pelatih, juga hak serta kewajiban antara klub dan pemain. Insya Allah semua bakal segera diputuskan dalam rapat Exco PSSI yang akan dilaksanakan secepatnya," ujar mantan Ketua Himpunan Pengusaha Kosgoro Kaltim tersebut.

Baca Juga: Nasib Liga 1 dan Liga 2 Kala Dikepung Pandemik

2. PSSI ikuti acuan FIFA, Kemenpora, dan Kemenkes untuk menggelar pertandingan

Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol PSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

PSSI mengaku sudah merumuskan prosedur tetap protokol kesehatan saat pertandingan dalam kompetisi dilangsungkan. Menurutnya, PSSI mengadopsi protokol kesehatan berdasarkan rujukan federasi sepak bola dunia FIFA.

PSSI juga mempersiapkan semua acuan untuk meminimalisir risiko penyebaran COVID-19 pada setiap orang yang terlibat dalam kompetisi, dan tertuang dalam sebuah dokumen resmi dengan judul "COVID-19 medical consideration for a return to footballing activites."

Yusus mematikan PSSI akan mengikuti protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan yang sudah dipublikasikan perihal pencegahan dan penanganan COVID-19. Serta menjalankan protokol Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dituliskan dalam surat dengan nomor 3.1.7.4/SET/III/2020 terkait kewaspadaan dan pencegahan COVID-19 dalam aktivitas olahraga.

Baca Juga: Berolahraga Saat Normal Baru, Kemenpora Siapkan Rincian Panduan 

3. Format kompetisi akan berubah jika kembali digelar

Liga 1 dan Liga 2 Bakal Dilanjutkan Oktober, PSSI Siapkan Protokol Bhayangkara FC vs Persija berakhir imbang 2-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Pada kompetisi yang dilanjutkan nanti, bakal ada perubahan format dalam kompetisi Liga 1 dan Liga 2, termasuk tentang Pulau Jawa yang bakal jadi tempat untuk menggelar seluruh pertandingan, sampai ditiadakannya sistem degradasi di Liga 1 dan mengurangi kuota promosi klub Liga 2.

Hal itu dilakukan agar seluruh klub tak melakukan perjalanan yang berisiko ke luar Jawa. Sehingga, klub-klub di luar Jawa harus mengalah terusir dari homebase -nya untuk sementara waktu pada kompetisi musim ini.

"Sementara untuk tim Liga 2, PSSI coba beri opsi home turnamen yang dibagi dalam 4 grup dengan masing-masing grupnya dibagi 6 klub. Dijadwalkan digelar pada Oktober," tukas Yunus.

Baca Juga: PSSI Buka Opsi Liga 1 dan Liga 2 Digelar September dan Oktober

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya