Comscore Tracker

Piala Dunia U-20, Menpora Pastikan Panitia Diisi Orang Berkompeten

Menpora bakal masukkan semua unsur di dalam INAFOC

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021, atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). 

Zainudin memastikan, jINAFOC tak hanya dari unsur Kemenpora saja tapi akan diisi oleh orang-orang berkompeten. Menurutnya, beberapa hal yang akan disiapkan bukan main-main karena menyangkut kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan event olahraga dunia.

"Bukan karena Menpora panitia jadi isi kepanitiannya semua dari Kemenpora, itu tidak bisa. Kami akan melibatkan ahli di bidangnya masing-masing, karena ini bukan pekerjaan mudah. Ini bukan kayak kita bikin panitia 17-an," katanya, Kamis (2/7).

1. PSSI dan kementerian bakal dilibatkan dalam susuan kepanitiaan INAFOC

Piala Dunia U-20, Menpora Pastikan Panitia Diisi Orang BerkompetenMenpora, Zainudin Amali saat menghadiri acara di kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pria asal Gorontalo itu memastikan orang-orang yang punya kompetensi sangat baik, akan terlibat menyiapkan ajang Piala Dunia U-20. TNI, Polri, atau unsur lainnya, dianggap penting dan perlu masuk dalam kepanitiaan demi menyukseskan ajang yang pertama kali digelar di Indonesia. Dalam waktu dekat bakal ada Keputusan Presiden (Keppres) terkait kelengkapan susunan kepanitiaan di INAFOC.

"Susunannya (panitia) akan kami buat. Sesmenpora bakal menggelar rapat untuk membereskan surat keputusan melalui Keppres, setelah itu saya melengkapi susunan kepanitiaan selanjutnya. Di dalamnya melibatkan PSSI dan semua kementerian atau lembaga. Semua akan dilibatkan," ujar Zainudin.

Baca Juga: Sembari Tunggu FIFA, Jokowi Setujui 6 Stadion Piala Dunia U-20

2. Kemenpora belum ajukan anggaran Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20, Menpora Pastikan Panitia Diisi Orang Berkompetentwitter.com/bolabangetidn/

Selain kepanitian, Kemenpora juga perlu merampungkan rencana anggaran penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Zainudin menyebut Kemenpora akan segera melakukan rapat internal sebelum mengajukannya kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kami belum mengajukan (rencana anggaran). Kami harus hati-hati betul untuk penggunaan dan dasarnya. Sesegera mungkin akan dirapatkan ke Kemenpora karena ini masuk ke DIPA Kemenpora 2020," kata politisi Partai Golkar tersebut.

Baca Juga: Gelora Jakabaring Jadi Venue Piala Dunia U-20, Pengelola Sudah Siap

3. Pemerintah siapkan enam stadion sebagai lokasi Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20, Menpora Pastikan Panitia Diisi Orang Berkompetenhttps://gbk.id/

Pemerintah melalui Kemenpora menyetujui enam stadion rekomendasi PSSI kepada FIFA yang bakal dijadikan sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya