PSSI: Liga Indonesia Dimulai 5 Februari

Tapi tetap melihat perkembangan COVID-19

Palembang, IDN Times - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Waketum PSSI), Iwan Budianto, mengungkap jadwal ulang Liga Indonesia yang sempat terhenti akibat situasi COVID-19.

Sebelumnya PSSI menyetop pelaksanaan pertandingan dengan alasan tidak mendapat izin dari kepolisian karena bakal memicu keramaian. Namun menurut Iwan, pihaknya berencana memulai lagi kompetensi pada 5 Februari 2021.

1. Sebut semua terkena dampak COVID-19

PSSI: Liga Indonesia Dimulai 5 FebruariLatihan perdana Sriwijaya FC di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Iwan, penghentian Liga bukan keputusan sepihak dari PSSI melainkan hasil kompromi bersama. Walau  dengan penyetopan kompetisi, membuat sejumlah klub di Indonesia mengalami kerugian finansial.

"Soal ini mohon dimaklumi, karena semua ikut berdampak. Kita pasti akan mengupayakan yang terbaik," katanya usai menghadiri Youth Juggling Competition di Novotel Hotel Palembang, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Tinjau Venue Piala Dunia U20 di Palembang, Menpora: Prestigious 

2. PSSI atur jadwal ulang kompetisi

PSSI: Liga Indonesia Dimulai 5 FebruariTim delegasi PSSI tinjau Stadion Bumi Sriwijaya jelang Piala Dunia U20 tahun 2021 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Iwan berjanji sebagai penanggung jawab Liga Indonesia, pihaknya akan berupaya maksimal agar pertandingan segera dilanjutkan. Terlebih pecinta olahraga dan lapangan hijau sudah banyak yang menantikan jadwal kompetisi kembali dimulai.

"Pasti Februari, tapi tanggal kita sedang atur ulang. Sekitar tanggal 5 mungkin, karena awalnya kita berharap vaksin COVID-19 yang sudah ada dan telah datang agar bisa membantu mempercepat keputusan," ungkap dia.

Baca Juga: Sriwijaya FC Pertahankan Coach Budijo, Manajemen: Kita Beri Kesempatan

3. Ketentuan batasan pemain sedang dibahas

PSSI: Liga Indonesia Dimulai 5 FebruariWakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Waketum PSSI) Iwan Budianto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Disinggung soal aturan bermain di tengah pandemik COVID-19, Iwan menyebut pihaknya belum menentukan ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan klub, internal tim, maupun para jajaran manajemen.

"Termasuk soal penonton, apakah nanti akan ada batasan hanya boleh dilihat 50 persen menggunakan prokes atau ditiadakan sama sekali," jelasnya.

4. PSSI terus komunikasi dengan pihak kepolisian

PSSI: Liga Indonesia Dimulai 5 FebruariStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Demi memaksimalkan persiapan laga lanjutan untuk Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia, PSSI kata Iwan juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti ahli kesehatan dan aparat berwajib yang bertanggung jawab menjaga ketertiban jalannya pertandingan.

"PSSI sedang dan terus berkomunikasi juga dengan kepolisian untuk percepatan liga sepak bola kita," tandas dia.

Baca Juga: Ketum PSSI: Pemain Timnas U-19 Dilarang Makan Pecel Lele dan Gorengan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya