Nestapa Hilton Moreira, Resah Tunggu Surat WNI Tak Kunjung Diterima  

Proses naturalisasi belum ada kejelasan

Palembang, IDN Times - Nasib Hilton Moreira di Sriwijaya FC masih terkatung-katung. Berharap segera berseragam Laskar Wong Kito, namun apa daya, surat penting dari proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) belum kunjung diterima. 

Menurut Hilton, keputusan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terhadap permintaan naturalisasi menjadi WNI baru mengabulkan Fabiano Da Rosa Beltrame,yang juga pemain asal Brazil.

"Ada juga yang belum menerima surat WNI selain saya, yaitu Yu Hyun Koo dan Yo Jae hoon," katanya saat dihubungi IDN Times via telepon seluler (ponsel), Jumat (26/7).

1. Setengah musim berada di Sriwijaya FC tunggu surat WNI turun

Nestapa Hilton Moreira, Resah Tunggu Surat WNI Tak Kunjung Diterima  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Pemain asal Brazil ini mengungkapkan, sambil menunggu turunnya surat WNI tersebut, dia sudah bergabung latihan bersama Sriwijaya FC sejak enam bulan lalu.  

"Memang surat itu sudah ditunggu oleh coach Kas Hartadi, dan sampai saat ini saya belum bisa memastikan proses naturalisasi selesai," ungkapnya.

2. Hilton tak tahu penyebab belum turunnya proses naturalisasi

Nestapa Hilton Moreira, Resah Tunggu Surat WNI Tak Kunjung Diterima  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Ternyata, ada yang membuat mantan pemain Persib Bandung ini resah dengan kepastian dirinya diterima menjadi WNI tersebut.

"Sampai sekarang saya tidak tahu apa penyebabnya, karena kabarnya keputusan surat itu sudah turun. Tapi saya sendiri belum mendapatkan kabar apa-apa. Saya hanya mendapat informasi bahwa proses yang telah selesai itu ya Fabiano" katanya.

3. Semua persyaratan dan aturan untuk menjadi WNI sudah dilengkapi

Nestapa Hilton Moreira, Resah Tunggu Surat WNI Tak Kunjung Diterima  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Hilton menuturkan, semua persyaratan yang dibutuhkan dan aturan-aturan untuk proses naturalisasi sudah dilengkapinya semua. Tapi memang, untuk yang memutuskan siapa saja yang berhak menerima surat WNI itu dari Kemenpora.

"Aturan yang telah ditetapkan oleh negara sudah terselesaikan. Itu aturan negara atau aturan Menpora karena proses semua sama. Fabiano dan yang lainnya juga, semua surat sama. Saya tidak bisa ambil kepastian bisa naturalisasi atau tidak , kalau bicara resmi aturan negara sendiri semua pasti bisa," tuturnya.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Belum Kelar, Hilton Moreira Siapkan Langkah Ini

4. Hilton merasa seperti ada yang dipersulit

Nestapa Hilton Moreira, Resah Tunggu Surat WNI Tak Kunjung Diterima  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Hilton menilai, cukup mengetahui semua syarat dan aturan-aturan di Indonesia untuk menjadi WNI. Dengan kondisi seperti ini, dirinya merasa seperti dipersulit.

"Itu yang aku bingung sekarang, karena yang saya tau aturan di Indonesia orang yang mau jadi WNI, orang itu sudah tinggal 10 tahun di Indonesia, terus yang surat-surat itu semua harus lengkap," jelas dia.

"Ini pilihan Menpora, dari dia mau kasih kita atau tidak, apa yang bisa kita lakukan, uang sudah di bayar, surat-surat sudah dilengkapi. Sekarang sudah ditangan dia," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya