Minim Peserta, Panpel Turnamen Gubernur Cup Sowan ke Wako Palembang

Target 36 tim sepak bola U-20, baru mendaftar 15 tim

Palembang, iDN Times - Panitia turnamen Sepak bola U-20 Gubernur Cup Sumatera Selatan (Sumsel) 2019, kesulitan mendapatkan peserta yang ingin berpartisipasi pada even tersebut.

Ketua Panitia, Hendri Zainuddin mengakui, kalau tim yang ikut serta dan mendaftar di Kota Palembang belum mencapai target.

"Kami dari panitia penyelenggara sengaja beraudiensi dengan Wali Kota Palembang, karena peserta Sepakbola U-20 Gubernur Cup Sumsel 2019 belum memenuhi target, hanya 15 tim yang mendaftar. Artinya sosialisasi ke tim-tim di kota Palembang masih kurang, makanya kami meminta bantuan wali kota," katanya, di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Senin (7/10).

1. Turnamen yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel

Minim Peserta, Panpel Turnamen Gubernur Cup Sowan ke Wako PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Hendri mengungkapkan, penyelenggaraan Turnamen Sepakbola U-20 Gubernur Cup Sumsel ini dilaksanakan di 17 kabupaten/kota se Sumsel. Hingga saat ini, sudah 11 kabupaten/kota yang menggelar turnamen tersebut.

"Masih ada enam kabupaten/kota lagi yang belum, menyelenggarakan termasuk Kota Palembang. Selain itu ada Lubuklinggau, OKU, OKUS, PALI, dan Empatlawang," ungkap dia.

2. Panpel tetap tunggu peserta yang mendaftar hingga 12 Oktober

Minim Peserta, Panpel Turnamen Gubernur Cup Sowan ke Wako PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Mantan Anggota DPD RI asal Sumsel ini menjelaskan, sebenarnya untuk gelaran turnamen di Kota Palembang sendiri akan dimulai pada 13 Oktober 2019 nanti. Hanya saja, hingga Senin (7/10) ini, peminat turnamen dari kota Palembang masih sedikit, dibanding daerah lain.

"Setelah khusus Kota Palembang, nantinya Palembang juga yang menjadi tuan rumah final tingkat provinsi pada November mendatang, tapi justru agak kurang antusias. Padahal, kita tahu tim sepak bola di Palembang ini cukup banyak. Tapi akan kita tunggu sampai tanggal 12 Oktober," jelas dia.

3. Turnamen Sepakbola U20 Gubernur Cup Sumsel tanggung jawab seluruh OPD

Minim Peserta, Panpel Turnamen Gubernur Cup Sowan ke Wako PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Akhmad Yusuf Wibowo, yang ikut mendampingi audensi tersebut menuturkan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pembangunan Persepakbolaan Nasional, bahwa penyelenggaraan turnamen sepak bola U-20 ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Dengan sudah diberikan bantuan dengan CSR, keberhasilan turnamen merupakan tanggung jawab kita untuk menciptakan bibit terbaik," tutur dia.

Apalagi, sambung Yusuf, pada pertandingan final Sepak bola U-20 Gubernur Cup Sumsel 2019 yang berlangsung pada 17 November mendatang, pihak panitia akan menyajikan partai eksibisi antar OPD Sumsel dengan 11 pemain legenda sepak bola Indonesia, seperti Ponaryo Astaman, Firman Utina (Presiden APPI), Mahyadi Panggabean, Wijay, Oktavianus, Zah Rahan, Ferry Rotinsullu, Charis Yulianto, Nova Arianto, M. Ridwan, dan Okto Maniani.

Baca Juga: Jajal Gubernur Cup, Elsa Maris Disiapkan untuk Bowling World Cup 2019

4. Wali Kota Palembang langsung koordinasikan dengan OPD

Minim Peserta, Panpel Turnamen Gubernur Cup Sowan ke Wako PalembangIDN Times/Feny Maulia Agustin

Menanggapi hal itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo, menyambut baik kegiatan tersebut dan akan berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta kecamatan hingga kelurahan untuk menyosialisasikan kegiatan itu.

"Segera kita tindaklanjuti dan berkoordinasi. Saya juga imbau tim-tim sepak bola di kota Palembang untuk ikut di turnamen ini," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya