Minim Perhatian, 3 Pesepakbola Wanita Palembang Diambil PSM Makassar

Yuliani wijaya, Marlinawati dan Nichlatus Soleha

Palembang, IDN Times -Gaung dan pembinaan atlet sepak bola wanita di Sumsel khususnya Palembang, belum terlalu diperhatikan layaknya para pemain sepak bola putra. Meski demikian, bibit-bibit muda atlet sepak bola wanita Palembang terus berlatih, walau penuh keterbatasan.

Ternyata buah dari jerih payah para pesepakbola wanita Palembang ini latihan tidak sia-sia. Ada tiga diantara mereka yang diambil PSM Makassar, yang berkompetisi di Liga 1 Putri Indonesia. Ketiga pesepakbola putri Palembang itu, adalah Yuliani wijaya, Marlinawati dan Nichlatus Soleha.

Menurut Melly Adriansyah, sang pelatih dari tiga pesepakbola Palembang tersebut, selain memiliki skill yang bagus, sepak bola putri juga selama ini masih minim pembinaan.

"Di Sumsel termasuk Palembang kurang perhatian jadi kita gabung ke sana (PSM Makassar). Apalagi, terakhir setelah dua turnamen, tidak ada lagi lanjutan even khusus sepak bola wanita," katanya kepada IDN Times, Senin (7/10).

1. Tiga pesepakbola berlatih seadanya di lapangan futsal Palembang

Minim Perhatian, 3 Pesepakbola Wanita Palembang Diambil PSM MakassarIDN Times/Istimewa

Melly mengungkapkan, selama di Palembang ketiga anak asuhnya itu berlatih secara di lapangan futsal. Selain itu di lapangan Pakri, Stadion Kamboja. 

"Karena saya juga melatih kiper, jadi mereka bertiga itu sering saya ajak latihan futsal di lapangan futsal PLN Uiksbs dan Universitas PGRI tempat pelatih Muh Akmal mengajar," ungkapnya.

Ketiga pemain itu memiliki presitasi masing-masing, tapi untuk Yuliani Wijaya baru-baru ini sempat membawa timnya Persimura menjadi juara nasional pada Kejuaraan Pertiwi. "Sudah sekitar empat tahun saya terus melatih mereka dan Alhamdulillah, sekarang karir mereka sudah berkembang," sambung dia.

2. Berawal dari Villastar Electric Women FC, tiga srikandi Palembang menuju PSM Makassar

Minim Perhatian, 3 Pesepakbola Wanita Palembang Diambil PSM MakassarIDN Times/Istimewa

Sebelum memperkuat di PSM Makassar, terang Melly, baik Yuliani, Marlinawati dan Nichlatus Soleha, mengikuti latihan di Villastar Electric Women FC asal Palembang.

"Klub Villastar ini terbentuk setelah Piala Eliza Alex Noerdin, yang pemainnya ada dari Palembang, Banyuasin dan dari Numa FC," terang dia.

Terbangnya Yuliani wijaya, Marlinawati dan Nichlatus Soleha ke PSM Makassar, kata Melly, juga tak lepas dari peran pelatih fisik PSM Makassar, Muh Akmal, yang merekomendasikan tiga pemain Palembang tersebut.

"Mungkin nanti bisa bertambah lagi di putaran kedua. Bisa saja salah satunya Debby Puspita Rani (kiper) dan pemain yang lainnya agar bisa gabung di PSM, sambil menunggu team SFC naik ke liga 1," jelas dia.

3. Tetap berharap Sriwijaya FC masuk kembali ke Liga 1, agar bisa memperkuat tim kesayangan

Minim Perhatian, 3 Pesepakbola Wanita Palembang Diambil PSM MakassarIDN Times/Istimewa

Melly menuturkan, bergabungnya tiga pemain sepak bola putri Palembang ke PSM Makassar, menjadi sebuah prestasi baru. Sebagai pelatih, tentu ada rasa bangga yang luar biasa melihat anak asuhnya bisa merumput di Liga 1 yang merupakan kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Sebenarnya Debby Puspita Rani juga di panggil, namun karena ada sesuatu dan lain hal Debby belum bisa bergabung. Selain PSM, Debby juga di minati Bali United. Tapi akan lebih baik kita berdoa semoga Sriwijaya FC lolos ke liga 1 dan pemain lokal kita bisa memperkuat tim idola mereka," tutur dia.

Melly melanjutkan, selain dirinya, ada juga figur Muh Akmal Almy, yakni pelatih kepala yang mendidik ketiga pesepakbola Palembang itu. "Pak Muh Akmal Almy ini pelatih tehnik dan dosen di UPGRI Palembang, beliau juga pernah melatih fisik pemain Sriwijaya FC 2018, sekarang dia melatih fisik PSM putri liga 1" jelas dia.

Baca Juga: Liga 1 Putri 2019 Resmi Digelar, PSSI Apresiasi Klub

4. Sejumlah prestasi tiga pesepakbola wanita Palembang yang berseragam PSM Makassar

Minim Perhatian, 3 Pesepakbola Wanita Palembang Diambil PSM MakassarIDN Times/Istimewa

Berikut prestasi ketiga pesepakbola yang bergabung di PSM Makassar Liga 1 Putri Indonesia

Nama                              : Yuliani wijaya (cingcing)
Tempat, tanggal lahir   : Palembang, 30 Juli 1999
Klub asal                        : Villastar Electric Woman FC Palembang.
Posisi                             : wing back/fullback
Prestasi
1. Juara 3 Team putri Ps Palembang di kejuaraan Eliza Alex nurdin cup
2. Juara 1 bersama Villastar di kejuaraan wakil wali kota cup di Palembang
3. Juara 1 piala Pertiwi 2019 bersama putri musirawas
4. Pemain timnas putri Indonesia 2019 asuhan coach Rully nere di piala Aff 2019

Nama                               : Marlinawaty 
Tempat, tanggal lahir    : Palembang, 26 Maret 1998
Posisi                               : striker/wing                                                                                   Prestasi
1. Juara 3 di piala Eliza Alex nurdin bersama Ps. Palembang
2. Juara 1 di piala wakil wali kota palembang bersama Villastar women

Nama                                 : Nichlatus Soleha (latus)
Tempat, tanggal lahir      : Palembang, 24 Oktober 1993
Prestasi
1. Juara 1 dipiala eliza Alex nurdin bersama club numa Fc
2. Juara 1. Di piala wakil wali kota bersama Villastar women

Ketiga pemain tersebut, selain berprestasi di sepakbola, ketiganya juga berprestasi di futsal dan berbagai prestasi yang didapat dari Liga Pro Futsal bersama team putri Musi Rawas.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya