Masih Banyak PR yang Harus Dibuat Budiardjo untuk Skuad Sriwijaya FC

Persiapan jelang Liga 2 Indonesia 13 Maret 2020

Palembang, IDN Times -Pelatih Kepala Sriwijaya FC, Budiardjo Thalib menyampaikan, masih banyak tugas yang belum diselesaikan untuk mempersiapkan tim yang akan berkompetisi di Liga 2 Indonesia musim 2020 pada 13 Maret mendatang.

"Masih banyak pekerjaan rumah (PR), seperti pendekatan tim dengan antar pemain dan sedikit sulit memadukan kekompakan tim, terutama dari semua lini. Antar lini komunikasi belum begitu bagus, tetapi kita akan memperbaiki kesalahan yang ada secara perlahan," ujar dia, Rabu (29/1).

1. Pemain muda Sriwijaya FC belum terjalin ikatan batin

Masih Banyak PR yang Harus Dibuat Budiardjo untuk Skuad Sriwijaya FCProses latihan Sriwijaya FC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Budi mengungkapkan, belum kompaknya tim tersebut, mungkin pengaruh dari pengalaman pemain yang belum memiliki jam terbang tinggi, sehingga diantaranya belum terjalin ikatan batin.

"Justru karena mereka muda kita asah skill, kita buat pengalaman mereka jadi bintang. Masalah komunikasi yang belum terjalin dengan baik, mungkin karena anak-anak masih dalam tahap pendekatan dan beradaptasi satu sama lain. Faktor sifat jadi pengaruh keakraban," ungkap dia.

2. Budi tetap konsisten genjot fisik pemain

Masih Banyak PR yang Harus Dibuat Budiardjo untuk Skuad Sriwijaya FCProses latihan Sriwijaya FC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Eks pelatih Persik Kediri itu menjelaskan, hingga hari ini masih konsisten dengan latihan fisik, karena pemain membutuhkan ruang untuk berbenah sebelum mengarungi Liga 2. Alasannya, permainan anak asuhnya mengalami peningkatan, tetapi belum ada yang menonjol.

"Kita rutin latihan fisik dulu, belum ada kelonggaran mereka latihan ringan. Digenjot di awal untuk membentuk mental juga, dengan berbagai latihan fisik. Sejauh ini kondisi fisik pemain belum maksimal, kira kira kita butuh seminggu atau dua minggu lagi," jelas dia.

"Alhamdulillah perkembangan latihan anak-anak menanjak dengan cepat. Mudah mudahan pada latihan berikutnya kita lebih baik lagi,” sambung dia.

3. Pelatih Kepala Sriwijaya FC belum tentukan skuad inti

Masih Banyak PR yang Harus Dibuat Budiardjo untuk Skuad Sriwijaya FCProses latihan Sriwijaya FC (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Terkait kerangka starting eleven, Budi belum menentukan pemain yang akan mengisi posisi inti di Sriwijaya FC. "Belum, masih diperlukan beberapa kali game internal untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kerangka tim,” kata dia.

Namun, kemungkinan untuk posisi kapten akan diisi oleh Ambrizal. Karena hanya Ambrizal pemain senior yang masuk skuad inti. "Kemungkinan dia jadi salah satu kandidat dari kandidat lainnya yang akan saya evaluasi," tegas dia.

Baca Juga: Ikut Trial Bersama Sriwijaya FC, Seperti Apa Peluang Rifky Ahmad?

4. Ambrizal klaim sudah temukan chemistry dengan semua pemain

Masih Banyak PR yang Harus Dibuat Budiardjo untuk Skuad Sriwijaya FCPemain sriwijaya FC Ambrizal (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, pemain Sriwijaya FC, Ambrizal mengatakan, selama mengikuti latihan bersama Budiardjo, selalu menghargai keputusan yang ditetapkan. Selain karena tegas, pelatih yang akrab disapa Budi Jo ini memiliki loyalitas yang tinggi.

"Kalau dipilih kembali itu tanggung jawab besar, kalau tidak, pemain muda artinya memiliki kesempatan dan harus benar-benar harus dibuktikan. Hal yang paling penting itu menghargai apapun keputusan yang ditetapkan coach," kata dia.

Saat ditanya tentang kekompakan tim, Ambrizal menyatakan, sudah merasakan chemistry dengan pemain lain.

“Sekarang pemain-pemain muda ini lebih semangat, lebih cepat daya tangkapnya. Awal-awal memang masih malu-malu. Tapi sudah hampir sepekan kumpul dan latihan bareng, kita sudah akrab baik di dalam maupun luar lapangan," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya