Cari Pemain Lokal, Manajemen Sriwijaya FC Gelar Turnamen U-18 

Hadapi musim 2020, manajemen rombak 80 persen pemain

Palembang, IDN Times - Manajemen Sriwijaya FC mulai menyiapkan tim baru untuk mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2020 mendatang.

Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Indrayadi mengatakan, pascakegagalan Laskar Wong Kito kembali ke Liga 1, pihaknya bakal mengganti lebih dari setengah pemain.

"Kita hanya akan mempertahankan minimal 20 persen skuat musim ini. Kalau dibilang cuci gudang, ya bisa dibilang seperti itu. Artinya memang banyak pemain yang tidak lagi bekerja sama dengan Sriwijaya FC musim depan," kata dia, Rabu (4/12).

1. Sriwijaya FC buang semua pemain yang sudah berumur

Cari Pemain Lokal, Manajemen Sriwijaya FC Gelar Turnamen U-18 Sriwijaya FC latihan di Stadion I Wayan Depati Bali (IDN Times/Istimewa)

Kalau manajemen ingin merombak sekitar 80 persen pemain yang ada, berarti dari 21 pemain yang ada sekarang, hanya menyisakan lima pemain saja. Karena manajemen Sriwijaya FC menginginkan pemain untuk musim mendatang mempunyai tenaga yang bisa bekerja keras pada setiap pertandingan.

"Mungkin pemain yang musim ini sudah berumur bisa saja diganti. Karena kita akan lebih memaksimalkan pemain-pemain yang lebih bertenaga musim depan," ungkap Indrayadi.

2. Mulai musim 2020, PSSI wajibkan klub Liga 2 Indonesia memiliki tim U-18

Cari Pemain Lokal, Manajemen Sriwijaya FC Gelar Turnamen U-18 Ilustrasi pertandingan Sriwijaya FC di Liga 2 2019 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Indrayadi menjelaskan, untuk mendapatkan pemain-pemain bertenaga, sudah tentu pihaknya akan mencari pemain muda. Satu upaya mencari pemain tersebut, manajemen akan menggelar turnamen PIala Sriwijaya FC U-18.

"Apalagi, musim 2020 nanti PSSI akan mewajibkan klub Liga 2 memiliki tim U-18. Ini juga merupakan syarat dari National Club Licensing System," jelas dia.

Kemudian, bila tim tidak memenuhi regulasi ini, artinya klub yang menjadi juara, runner up dan posisi tiga di Liga 2, tak bisa berkompetisi di Liga 1.

Baca Juga: Suporter Sriwijaya FC Minta Manajemen Libatkan Orang yang Pantas  

3. Bidik pemain muda pontensi dari turnamen U-18

Cari Pemain Lokal, Manajemen Sriwijaya FC Gelar Turnamen U-18 Ilustrasi pertandingan Sriwijaya FC di Liga 2 2019 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Indrayadi menjelaskan, manajemen sendiri memang sejak dulu memberdayakan seluruh pemain U-18 di Sumsel yang punya potensi.

"Sekarang kita masih menyiapkan panitia untuk turnamen ini. Kita juga akan buat skema kompetisi dan akan undang tim dari kabupaten/kota yang ada di Sumsel," jelas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya