Comscore Tracker

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang Sejarah

Mereka mengukir prestasi di bawah mistar gawang Inter Milan!

Inter Milan merupakan salah satu klub terbaik di Serie A. Taktik catenaccio atau pertahanan grendel ditemukan oleh Helenio Herrera, pelatih Inter Milan di periode 1960 hingga 1968.

Penjaga gawang menjadi elemen penting dalam pertamanan Inter Milan hingga sekarang. Beberapa nama menjadi legenda dan punya tempat di hati Interisti dunia. Berikut tujuh kiper terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan sepanjang sejarah.

1. Walter Zenga

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahWalter Zenga (sempreinter.com)

Walter Zenga disebut penjaga gawang terbaik Inter Milan dan Gli Azzurri. Ia memainkan 328 laga dari musim 1978 hingga 1994. Selama itu pula, pria yang pernah menangani beberapa tim di Serie A ini mendapat sejumlah prestasi.

Ia merebut gelar Scudetto pada musim 1988/1989, Piala Super Italia tahun 1989, dan dua Piala UEFA pada 1991 dan 1994. Bersama timnas Italia, ia menjalani 58 laga internasional. Termasuk saat Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1990.

2. Giuliano Sarti

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahGiuliano Sarti (transfermarkt.com)

Giuliano Sarti merupakan kiper andalan Fiorentina dan berhasil mempersembahkan gelar Serie A hingga Piala Winners. Inter pun tertarik merekrut Sarti pada 1963. Alhasil, Nerrazzuri memboyong banyak prestasi.

Ia mampu membantu Inter Milan menjadi tim paling ditakuti di Eropa. Inter mampu menjadi juara Piala Champions dua kali pada musim 1963/1964 dan 1964/1965. Sarti juga mempersembahkan dua gelar Scudetto.

Baca Juga: 8 Pemain Bintang yang Direkrut Inter Milan dengan Biaya Gratis

3. Lorenzo Buffon

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahLorenzo Buffon (milanlegends.com)

Lorenzo Buffon memang banyak tampil untuk AC Milan. Ia bermain 277 laga dan sukses memberi empat Scudetto bagi Rossonerri. Namun, ia pindah ke Inter pada tahun 1960 menjelang akhir kariernya.

Walau tak lagi muda, tapi Buffon mampu memberi kontribusi terbaik selama tiga tahun bersama Inter. Seperti kala membela AC Milan, Buffon membawa Inter meraih Scudetto pada musim 1962/1963.

4. Francesco Toldo

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahFrancesco Toldo. (Kaskus.id)

Francesco Toldo bermain untuk Inter Milan sebanyak 233 laga sejak musim 2001/2002 hingga 2009/2010. Toldo mendapat tugas berat karena dibayangi sosok Sarti, Zenga, dan Pagliuca. Bahkan Peruzzi dan Frey ketika itu kesulitan mengambil peran sebagai penjaga gawang Inter Milan.

Toldo mempersembahkan banyak piala bagi Inter Milan. Seperti dua kali juara Coppa Italia, dua kali Italian Super Cup, dan gelar Scudetto empat musim berturut-turut. Ia menyatakan pensiun di usia 39 tahun. Inter pun menugaskan Toldo untuk memimpin proyek Inter Forever yang mengoordinasikan mantan pemain Nerazzurri, dan mengatur pertandingan antara tim legenda.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Juventus, Inter Milan Teratas!

5. Julio Cesar

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahJulio Cesar (fedenerazzurra.net)

Inter Milan tak melulu dipegang oleh kiper asal Italia. Salah satu yang cukup bersinar adalah penjaga gawang asal Brazil, Julio Cesar.

Sukses bersama Flamengo, Cesar sempat membela Chievo sebelum berlabuh ke Inter. Bersama Nerrazzuri, Cesar mencapai puncak kesuksesannya dengan lima Scudetto, tiga Coppa Italia, serta satu trofi Liga Champions musim 2009/2010. Musim itu Inter juga dibawanya meraih treble winner.

6. Ivano Bordon

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahIvano Bordon (ruetir.com)

Ivano Bordon juga merupakan penjaga gawang terbaik Italia pada dekade 70-an. Awalnya ia hanya menjadi cadangan bagi Ludo Vieri, namun perlahan sebagai pemain utama Inter Milan.

Bersama Nerrazzuri, Bordon membawa Inter meraih dua Scudetto pada musim 1970/1971 dan 1979/1980 serta Copa Italia musim 1977/1978 dan 1981/1982. Bordon tak hanya sukses dengan klub, tapi mempersembahkan gelar Piala Dunia 1982, meskipun ia hanya menjadi pelapis Dino Zoff.

7. Samir Handanovic

Interisti Wajib Tahu, 7 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang SejarahSamir Handanovic (90min.com)

Kiper terakhir Inter Milan yang masih eksis hingga saat ini sejak 2012 adalah Samir Handanovic. Musim lalu, Handanovic mengakhiri puasa gelar Serie A sejak terakhir kali pada musim 2009/2010.

Handanovic adalah satu dari empat kiper yang mampu meraih gelar kiper terbaik Serie A. Berkat kehandalannya, ia membuat Inter menjadi tim paling sedikit kebobolan pada musim lalu.

Inter Milan tak cuma kuat di lini depan maupun tengah, tapi tepat di bawah mistar gawang berdiri kiper tangguh untuk menghalau bola.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum Conte

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Genady Althaf di IDN Times Community dengan judul 6 Kiper Terbaik Inter Milan Sepanjang Sejarah, Jarang Kebobolan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya