Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Banget

Persiapannya harus matang biar makin menyenangkan

Arung jeram atau rafting merupakan salah satu olahraga yang paling digemari banyak orang. Seru dan menyenangkan adalah kata yang bisa menggambarkannya. 

Dulu, olahraga ini terbilang ekstrem, karena dilakukan di arus sungai yang deras. Tetapi, tidak dengan sekarang. Para pemula pun bisa melakukannya dengan baik, asal persiapannya dilakukan sebaik-baiknya. 

Nah, kalau kamu berencana ingin melakukan rafting untuk pertama kalinya, simak beberapa tipsnya berikut ini ya!

1. Saat merencanakan arung jeram

Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Bangetinstagram.com/songa.adventure

Ketika merencanakan arung jeram, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dulu. Berikut di antaranya:

  1. Persiapkan fisik dengan baik. Meski menyenangkan, rafting adalah olahraga yang melelahkan, karena kamu harus mendayung seluruh otot tubuh untuk aktif bergerak. Kamu harus menyiapkan fisik dulu sebelum rafting, minimal tujuh hari sebelumnya. Latihan otot pun juga sangat dianjurkan, seperti pushup, pullup, situp, dan backup.
  2. Ketahui klasifikasi dari sungai yang dijadikan tempat rafting. Sungai diklasifikasikan menjadi enam kelas. Semakin besar kelas, maka risikonya juga makin besar. Kalau kamu baru pertama kali, cobalah dulu sungai di kelas II atau III.
  3. Kenali karakter dari sungai. Biasanya sebagian sungai jadi lebih ekstrem saat musim hujan, karena debit air meningkat. Tetapi, sebagian juga malah hampir jadi tidak berjeram, karena bebatuan tertutup air. Ini pentingnya mengenali karakter sungai, untuk meminimalisir risiko.

2. Persiapan sebelum arung jeram

Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Bangetinstagram.com/maman_1016

Ketika hari-H, ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan, terutama hal teknis. Untuk itu, berikut beberapa tips sebelum kamu melakukan rafting:

  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lemaskan otot-otot pada bagian leher, bahu, lengan, pergelangan tangan, pinggang, dan paha. Lebih mudah lagi kalau sudah biasa berolahraga.
  2. Kenakan perlengkapan pengaman dengan benar. Pastikan sebelum berada di perahu, semua perlengkapanmu sudah terpasang. Periksa helm dan pelampung, jangan terlalu longgar atau terlalu sesak. Peganglah dayung dengan benar. Kalau belum tahu, tanyalah kepada guide di perahumu.
  3. Dapatkan arahan tentang teknis saat pengarungan. Kalau kamu tidak tahu atau ragu, jangan sungkan bertanya. Berbincanglah dengan guide mengenai keamanan dan teknis ketika sudah berada di sungai, termasuk apa yang harus dilakukan ketika jatuh ke sungai.

Baca Juga: 10 Lembah Terindah di Indonesia yang Bikin Kamu Enggan Pulang

3. Ketika pengarungan sungai

Tips dan Trik Berarung Jeram, Olahraga Ekstrem yang Seru Bangetinstagram.com/jumawan_stambur8693

Inilah yang paling krusial. Ketika pengarungan sungai dimulai, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Jadi pendengar yang baik. Kamu harus selalu mendengarkan arahan dan komando dari guide. Hal ini sangat penting. Jika tidak fokus, bisa-bisa perahu kamu terbalik.
  2. Duduklah dengan posisi paling nyaman dan tepat. Duduklah dengan benar dan memegang dayung seerat mungkin. Sesuaikan penempatan tempat duduk berdasarkan berat badan, kedua sisi harus seimbang. Keseimbangan akan mempengaruhi tenaga dalam menjalankan perahu.
  3. Kalau terjatuh, hanyutlah dengan posisi kaki di depan. Jangan panik kalau tiba-tiba perahumu terbalik atau terjatuh. Usahakan naik kembali ke perahu. Kalau gak bisa, mengapunglah dengan posisi kaki di depan. Hal tersebut bertujuan supaya kaki melindungi kepala dan badan jika menabrak bebatuan.

Itu dia beberapa tips seputar arung jeram yang seru dan memacu adrenalin. Olahraga ini setidaknya harus kamu coba sekali dalam seumur hidup. Semoga dengan tips di atas, kamu gak perlu bingung lagi ya. Selamat mengarung jeram!

Baca Juga: 8 Kawah Paling Indah di Indonesia yang Bisa Jadi Rekomendasi Wisatamu

Topik:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya