Comscore Tracker

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak Podium

Padahal Owi pernah mendominasi dunia bersama Butet

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Keputusan tersebut disampaikan Owi, sapaan akrab Tontowi, di akun Instagram miliknya pada Senin pagi (18/5).

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," demikian ditulisnya di akun Instagramnya (@tontowiahmad_).

Isu pengunduran Owi memang sempat beredar sejak awal tahun, hanya saja yang mengejutkan pengumumannya di tengah pandemik COVID-19. Berikut lima fakta menarik tentang Owi di dunia bulutangkis.

Baca Juga: 115 Atlet Sumsel PON Papua Bakal Jalani Rapid Test

1. Berpasangan dengan Butet hampir sembilan tahun

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak PodiumInstagram.com/natsirliliyana

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Butet) menjadi pasangan legendaris sektor ganda campuran Indonesia. Mereka sudah bersama sejak 2010 lalu, dan berpisah pada 2019 lalu.

Duet Owi bersama Butet menorehkan berbagai prestasi di dunia, membuat bendera merah putih berkibar lebih tinggi dari bendera negara lain. Namun sejak Butet memutuskan pensiun, performa Owi perlahan ikut menurun. 

Baca Juga: PT LIB Diminta Lunasi Subsidi ke Klub Liga 1 dan 2 

2. Bawa pulang medali emas di Olimpiade 2016

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak PodiumInstagram.com/natsirliliyana

Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menjadi puncak karier Owi. Bersama Butet, ia membawa pulang medali emas dari ajang paling bergengsi di dunia tersebut. Prestasi gemilang ini seolah meneguhkan dominasi Owi dan Butet di dunia ganda campuran bulu tangkis dunia.

3. Owi meraih capaian prestasi terbanyak

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak PodiumTontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020. IDN Times/Reynaldy Wiranata

Tontowi diketahui telah berkarier secara profesional di dunia bulu tangkis sejak 2007. Ia pun masuk sebagai atlet bulu tangkis dengan raihan prestasi terbanyak di Indonesia. Sudah 13 tahun terakhir, Owi mengumpulkan sedikitnya 27 gelar.

Belasan gelar itu ia dapat dari Super Series, 10 gelar Grand Prix dan 1 gelar BWF World Tour. Mayoritas capaian gelar yang diraih Owi didapatkan bersama dengan Butet.

Baca Juga: Aktivitas Pemain Sriwijaya FC Saat COVID-19, Main TikTok dan Masak

4. Owi sempat berduet dengan Winny dan Apriyani

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak PodiumTontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Pasca ditinggal pensiun oleh Butet, Owi dipasangkan dengan pemain muda berbakat Winny Oktavina Kandow. Namun pasangan ini hanya berumur satu tahun. Setelahnya Owi dipasangkan dengan atlet ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu.

Owi dan Apri sempat menjadi salah satu harapan baru ganda campuran Indonesia, karena bertanding di lapangan dengan hasil yang cukup baik.

5. Mengaku tetap bersyukur

Tontowi Ahmad Umumkan Pensiun, Sempat Berharap Mundur di Puncak PodiumTontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Pengumuman Owi untuk menggantung raket dianggap tidak mudah. Apalagi banyak gelaran bulu tangkis justru sedang ditunda karena wabah virus corona.

"Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini," tulis Owi lagi. Namun Owi mengaku tetap sangat bersyukur bisa berada di posisinya saat ini apa pun yang terjadi.

Sedangkan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) belum menerima secara resmi pengunduran diri Owi. "Saya belum terima suratnya," kata Sekjen PBSI Achmad Budiharto ketika dihubungi IDN Times pada Senin (18/5). 

Baca Juga: Pensiun dari Bulu Tangkis, Tontowi Ahmad: Selamat Tinggal 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya