Relakan Medali Emas, Atlet Filipina Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia

Karena tak ada medali seharga nyawa, kan?

Jakarta, IDN Times - Kisah heroik dalam dunia olahraga datang dari gelaran SEA Games 2019. Atlet selancar asal Filipina, Roger Casugay merelakan kesempatannya meraih medali emas SEA Games 2019 demi menyelamatkan rivalnya, peselancar asal Indonesia, Arip Nurhidayat.

Kejadian ini terjadi ketika kedua peselancar terbaik asal negara masing-masing itu turun berlaga dalam nomor longboard putra. Pertandingan berlangsung di kawasan Monaliza di La Union, Filipina pada Jumat (6/12).

1. Peselancar Indonesia hampir hanyut digulung ombak

Relakan Medali Emas, Atlet Filipina Selamatkan Nyawa Atlet IndonesiaPeselancar Filipina, Roger Casugay selamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat yang hampir tenggelam tergulung ombak di SEA Games 2019 (Facebook.com/2019 SEA Games)

Peristiwa terjadi saat pertandingan berlangsung. Peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, terlepas dari papan selancarnya dan hampir tenggelam tergulung ombak.

Beruntung bagi Arip dalam situasi seperti itu Roger Casugay melihat dirinya. Roger yang semula bisa memanfaatkan peluang untuk meraih medali emas SEA Games 2019, memilih untuk meninggalkan pertandingan dan menolong Arip.

Dilansir dari sejumlah sumber, Arip dan Roger lantas terlihat berbagi papan seluncur ketika menuju garis pantai untuk menyelamatkan Arip.

Baca Juga: Wow! Cabor Dayung Sumbang Emas SEA Games 2019 ke-42 untuk Indonesia!

2. Pahlawan tanpa emas yang viral di media sosial

Relakan Medali Emas, Atlet Filipina Selamatkan Nyawa Atlet IndonesiaPeselancar Filipina, Roger Casugay selamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat yang hampir tenggelam tergulung ombak di SEA Games 2019 (Twitter.com/ainurohman)

Dilansir dari sejumlah sumber, setibanya di atas pantai, Arip mengangkat tangan pahlawannya dan mengatakan bahwa Roger adalah juaranya. Roger menjadi pahlawan bukan karena medali yang didapatkannya tapi karena sportivitas dan kemanusiaan yang dipilihnya.

Kisar Roger dan Arip viral di media sosial. Peselancar lokal, Jefferson Ganuelas mengunggah foto peristiwa heroik tersebut ke laman Facebook-nya dan kemudian dibagikan ulang oleh akun Facebook resmi SEA Games 2019 (@2019SEAGames).

"Di tengah-tengah kompetisi longboard open putra dalam selancar, peselancar Indonesia Arip Nurhidayat terlepas dari tali pengikat dan tersapu ombak. Peselancar Filipina Roger Casugay datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertandingan yang sedang berlangsung untuk mendapatkan emas. Beginilah caranya #WeWinAsOne. # 2019SEAGames #PHforOne," tulis akun 2019SEAGames di Facebook.

3. Pertandingan selancar ditunda

Relakan Medali Emas, Atlet Filipina Selamatkan Nyawa Atlet IndonesiaPeselancar Filipina, Roger Casugay selamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat yang hampir tenggelam tergulung ombak di SEA Games 2019 (Facebook.com/2019 SEA Games)

Pertandingan cabang olahraga selancar ini lantas ditunda hingga pemeberitahuan lebih lanjut. Belum ada pihak yang dinyatakan sebagai juara dalam pertandingan ini.

Surfing atau selancar menjadi salah satu pertandingan yang paling diantisipasi di SEA Games 2019. Pasalnya badai Topan Kammuri tengah melanda tuan rumah, Filipina beberapa waktu belakangan.

Akibatnya, pertandingan selancar sudah tertunda sebanyak tiga kali. Pihak penyelenggara memutuskan untuk lebih mengutamakan keselamatan para atlet dan penonton.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Koleksi 7 Gol, Osvaldo Haay Pimpin Daftar Top Skor SEA Games 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya