Tunggal Putra Belum Berprestasi, Taufik Hidayat Kritisi PBSI Soal Ini

Tunggal putra dinilai inkonsistensi dan pelatih tak maksimal

Palembang, IDN Times - Mantan atlet tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat menilai, saat ini kemampuan atlet tunggal putra Indonesia belum teruji maksimal di setiap even nasional maupun internasional. Hal tersebut disebabkan karena faktor inkonsistensi performa pada waktu bertanding.

"Performa tunggal putra Indonesia masih jauh dari harapan. Bukan bermaksud membandingkan dengan saya berprestasi seperti apa dulu," kata taufik Hidayat, usai menjadi tamu undangan pertandingan silaturahmi yang digelar Polda Sumsel, di GOR Dempo, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Jumat (4/10)

Peraih medali emas bagi Indonesia pada Olimpiade Athena 2004 lalu itu mengungkapkan, hal ini lebih bagaimana para atlet bisa tampil dengan skill luar biasa, lewat orang-orang handal. "Setelah Asian Games, saya melihat belum ada lagi prestasi yang bisa diraih. Masih banyak kekurangan yang harus dibenahi," ungkap dia.

Pebukutangkis yang pernah merebut gelar Juara Dunia BWF tahun 2005 lalu itu melanjutkan, sebaiknya kinerja Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) dan pelatih tanah air harus benar-benar disoroti.

"PBSI yang harus berani melakukan perombakan. Lebih baik pengurus PBSI mengambil langkah strategis dengan melakukan pergantian di jajaran pelatih," usul dia.

Tidak hanya pelatih utama, Taufik juga mengkritisi, agar pelatih fisik turut diganti. Tinggal bagaimana sikap dan keberanian dari PBSI, berani atau tidak. Kemudian, sambungnya, permasalahan performa yang belum konsistennya tunggal putra, harus segera diselesaikan agar mampu bersaing dan mendominasi. Meskipun, saat ini penampilan tunggal putra sudah cukup baik.

Sementara, mantan pebulu tangkis Indonesia lainnya, Hariyanto Arbi, meminta atlet tunggal putra Indonesia lebih meningkatkan intensitas latihan. Dia berharap agar tunggal putra bisa bisa bersaing di Olimpiade Tokyo 2020.

"Untuk sekarang tentu masih banyak yang harus dibenahi. Namun, saya tetap berharap di Olimpiade 2020 bisa mengukir prestasi," tandas dia.

Baca Juga: 5 Tahun Berlalu Usai Gantung Raket, Begini Kegiatan Taufik Hidayat Sekarang!

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya