PB Boling Tak Targetkan Juara pada Piala Gubernur Sumsel

Diikuti 125 atlet dari 10 provinsi dari 5-6 Oktober 2019

Palembang, IDN Times - Ketua Persatuan Boling Indonesia (PBI), Percha Leanpuri mengatakan, Kejuaraan Boling Tingkat Nasional Piala Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) yang diselenggarakan pada 5-6 Oktober 2019 ini, PB Boling tidak menargetkan kemenangan.

"Fokusnya bukan untuk target juara atau menang, kalau juara lebih bagus itu artinya bonus. Terselenggaranya kegiatan ini pertama kali sudah luar biasa. Jadi memang, dari awal saya terpilih jadi ketua umum PBI, saya ingin boling menjadi olahraga masyarakat. Ini agar tidak terkesan saja kalau boling seperti olahraga yang mewah dan sebagainya," ujar dia, usai membuka Kejuaraan Tingkat Nasional Boling Piala Gubernur Sumsel 2019 di Bowling Center Jakabaring Palembang, Sabtu (5/10).

1. Peserta dari tiap Pengprov PBI

PB Boling Tak Targetkan Juara pada Piala Gubernur SumselIDN Times/Feny Maulia Agustin

Percha melanjutkan, even ini diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Provinsi Riau, Sumatera Barat (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut), Jambi, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Timur (Kaltim), Bali dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Tidak saja untuk menyosialisasikan olahraga boling, even ini untuk menepis asumsi-asumsi negatif terhadap boling yang dinilai esklusif dan asing bagi orang awam.

"Sebetulnya boling ini adalah olahraga yang menarik, ini bisa dilihat kalau boling seperti fun game, tapi serius. Tim harus memiliki strategi khusus, bagaimana dan dengan cara apa bisa menjatuhkan pion biar apa namanya win itu bisa secara total strike. Kemudian dengan even ini, mudah-mudahan atlet lahir baru," ujar dia.

2. PBI Sumsel harap Elsa Maris menorehkan hasil terbaik

PB Boling Tak Targetkan Juara pada Piala Gubernur SumselIDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Ketua PBI Sumsel, Kurmin Halim mengatakan, target Sumsel pada even ini adalah menjadi yang terbaik. Namun tetap berharap akan ada juara yang ditorehkan Elsa Maris, peboling yang pernah menjadi juara dunia.

"Kita tidak bebankan atlet, tapi minimal di nomor putri ada Elsa Maris jadi juara. Kalau dari putra ada Cheppy," kata dia.

Kurmin menjelaskan, atlet Sumsel baru satu tahun terakhir latihan dengan intensif. Makanya, kontingen Sumsel tak dibebankan dengan target.

"Ini juga sekaligus ajang uji coba mereka, sambil kita mengevaluasi tim mana yang harus diperbaiki," jelas dia.

Baca Juga: Tepis Olahraga Mewah, Herman Deru: Semua Lapisan Bisa Bermain Boling

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya