Comscore Tracker

Kontingen PON Papua Asal Sumsel Mulai Berangkat 23 September 2021

Keberangkatan perdana dilakukan 8 atlet tenis lapangan

Palembang, IDN Times - Atlet asal Sumatra Selatan (Sumsel) mulai bersiap jelang keberangkatan menuju Papua untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX pada Oktober 2021. Keberangkatan perdana dari atlet cabang olahraga (cabor) tenis lapangan.

"Kloter pertama Kontingen Sumsel ke Papua mulai 23 September," ujar Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, Kamis (9/8/2021).

1. Cabor tenis lapangan asal Sumsel turunkan 8 atlet

Kontingen PON Papua Asal Sumsel Mulai Berangkat 23 September 2021Ilustrasi Kejuaraan Nasional Tenis Sumsel di Lapangan Tenis Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agutin)

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Presiden Klub Sriwijaya FC ini, kloter pertama yang terbang ke Papua hanya satu cabor. Mereka menjadi perwakilan kontingen Sumsel dalam upacara pembukaan PON oleh Panitia Besar (PB) di Jayapura.

"Cabor tenis lapangan Sumsel bakal diperkuat delapan atlet dengan komposisi empat putra dan empat putri," kata dia.

Baca Juga: Venue Sepatu Roda PON Papua Bisa Jadi Tempat Pelatnas

2. Cabor tenis lapangan tidak ikut serta closing ceremony PON XX Papua

Kontingen PON Papua Asal Sumsel Mulai Berangkat 23 September 2021Ketum KONI Sumsel Hendri Zainudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah mewakili kontingen Sumsel sebagai cabor yang ikut penyambutan dan pembukaan PON, namun tim tenis lapangan akan kembali ke Palembang terlebih dahulu sesuai jadwal yang ditentukan pada 9 Oktober 2021.

"Jadi mereka tidak ikut lagi dalam acara closing ceremony tanggal 15 Oktober," timpalnya.

3. Cabor selam dan karate bakal jadi kloter terakhir keberangkatan ke Papua

Kontingen PON Papua Asal Sumsel Mulai Berangkat 23 September 2021Ilustrasi sejumlah atlet tarung derajat Papua berlatih di sasana latihan Mandala Jayapura, Papua, Senin (5/7/2021) untuk mengikuti PON XX Papua (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Selain cabor tenis lapangan, cabor lainnya pun bakal menyusul terbang ke Papua. Seperti dayung, panjat tebing, sepatu roda, sepak takraw, dan muaythai pada 24 September 2021. Kloter terakhir kontingen Sumsel berangkat pada 8 Oktober 2021.

"Terakhir ada dua cabor, yakni selam dan karate. Untuk lebih efektif dan efisien maka penerbangan ke Papua dilakukan secara bergelombang," jelas dia.

Sebagai informasi, PON XX di Papua bakal terselenggara mulai 2 hingga 15 Oktober 2021. Dalam event itu, para atlet dari seluruh dari bakal bersaing dan memperlombakan 37 jenis cabor. Sumsel sendiri menurunkan 102 atlet untuk berlaga di 24 cabor.

Baca Juga: 6 Fakta Kanguru Pohon Mantel Emas, Maskot PON Papua 2021

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya