Comscore Tracker

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 

Ricky Cs raih emas di nomor Sabel Beregu Putra

Palembang, IDN Times - Kontingen Sumatra Selatan (Sumsel) dari Cabang Olahraga (Cabor) Anggar, kembali menyumbang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Setelah mendapat satu emas dan perak di nomor Sabel Perorangan Putra dan perunggu di nomor Floret Putra, kini emas disumbang dari nomor Sabel Beregu Putra.

"Bersyukur luar biasa tim anggar menambah lagi prestasi dan emas untuk Sumsel di nomor Sabel Beregu Putra," ujar Pelatih Aanggar Sumsel, Rizky Pradhani melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (7/10/2021).

1. Perolehan emas sudah diprediksi cabor anggar

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 Ilustrasi Atlet anggar (PB PON XX PAPUA / Ali Luthfi)

Keberhasilan cabor anggar Sumsel di nomor sabel beregu putra diraih Ricky, M Irfandi, dan Fatra Cova. Mereka sukses menjadi yang terbaik setelah menumbangkan atlet Riau di babak Final.

"Ini sesuai prediksi dan target kita untuk mendapatkan dua medali emas. Begitu juga kebanggaan untuk mereka karena berhasil mendapatkan bonus tambahan," kata dia.

Baca Juga: Sumsel Borong Emas dari Cabor Anggar Sabre Perorangan Putra

2. Medali perunggu nomor beregu putra diraih kontingen Jabar

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 Ilustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Pertarungan antara kontingen Sumsel dan Riau di laga Final cukup sengit. Tetapi dari skor yang didapat atlet Sumsel menunjukkan kesiapan dan percaya diri tinggi.

"Untuk medali perunggu diraih tim anggar dari Jabar," timpalnya.

3. Konsisten latihan setelah event PON berakhir

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 Atlet Anggar Sumsel Tambah Pundi Emas di PON Papua (IDN Times/Dokumen KONI Sumsel)

Rizky mengatakan, ia sangat senang dan bangga atas keberhasilan anak asuhnya. Bahkan medali yang diperoleh sudah melebihi target. Sebelumnya, pengprov anggar hanya menargetkan dua emas. Namun hasil yang diraih sudah mendapat dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

"Kita akan terus berlatih ke depan karena masih banyak event yang akan datang, termasuk PON Aceh-Medan, dan lainnya," tambah dia.

4. IKASI Sumsel harap Pemprov Sumsel tepati janji bonus bagi atlet

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 Atlet Anggar Sumsel Tambah Pundi Emas di PON Papua (IDN Times/Dokumen KONI Sumsel)

Bagi Ricky, keberhasilan mendapat medali emas sudah menjadi targetnya di PON Papua. Dirinya mengaku tak begitu terkejut dengan perolehan tersebut karena sudah melihat kekuatan lawan.

"Ini sesuai target kita, dan alhamdulillah berjalan sesuai rencana," katanya.

Sementara menurut Ketua Pengda Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sumsel, Alfrenzi Panggar Besi, keberhasilan medali dari para atlet bisa dibalas dengan janji bonus dari Pemprov Sumsel.

"Bagi atlet dan pelatih, bonus itu sangat berarti sekaligus menambah motivasi bagi mereka untuk lebih giat lagi. Kalau bisa realisasi bonus segera diberikan," tandas dia.

5. Total perolehan medali kontingen Sumsel

Cabor Anggar Sumsel Kembali Sumbang Emas di PON Papua 2021 Pengguna jasa bandara bersama petugas mencoba permainan interaktif yang disediakan area promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Berikut total perolehan medali kontingen Sumsel, per Kamis (7/10/2021)

Medali Emas :
1. Cabor Senam
An. Fajar Abdur rahman
Nomor : Kuda - Kuda Pelana

2. Cabor Anggar
An. Ricky Dhisulima
Nomor : sabel Putra

3. Cabor Atletik
An. Rio Maholtra
Nomor : lari 110m Gawang

4. Cabor Anggar
An. Ricky Dhisulima
An. Irfan Nurkamil
An. Diko Arpandi
Nomor : Sabel Beregu Putra

Medali Perak:
1.Cabor Anggar
An. Irfandi Nurkamil
Nomor : Sabel Putra

Medali Perunggu:
1.cabor Sepatu Roda
An. M. bagus Mardevi
Nomor : ITT 100m putra

2. Cabor Muaythai
An. Tika Septiana
Nomor : kelas 54 Kg

3. Cabor Dayung
An. Boy Sandi
Kelas : K1 Slalom putra

4. Cabor Anggar
An. aldo Pratama
Kelas : Floret Putra

5. Cabor Wushu
An. Firand Andista
Kelas : Sanda 75 Kg

6 Cabor Dayung
An. Putri Agni
Kelas: W1x Putri

7. Cabor Dayung
An. Risa Halimatusahdia
An. Putri Agni
An. Raidah
An. Amanda Riandini
Kelas: w4X Putri

8. Cabor Sepak Takraw
An. Ari Astra
An. Maygi Saputra
An. Hartanto
Kelas : Hoop Beregu Putra

Baca Juga: Rio Maholta Sumbang Emas Ketiga Sumsel di PON Papua 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya