Comscore Tracker

Lebih Menantang, Begini Sistem Poin pada Palembang Triathlon 2020 

Peserta juga akan dibagi menjadi 2 kategori

Jakarta, IDN Times - Palembang Triathlon akan kembali digelar untuk kedua kalinya pada 22-23 Februari 2020 mendatang. Kejuaraan yang sebelumnya berdiri sendiri ini, sekarang masuk dalam rangkaian Indonesia Triathlon Series (ITS).

Selain itu, Palembang Triathlon juga akan hadir dengan konsep yang lebih menantang, yakni dengan sistem poin. Hal serupa juga akan berlaku pada ITS di 5 kota lain, yakni Jakarta, Bandung, Mandalika, Pariaman, dan Belitung.

“Semua peserta itu akan mengumpulkan poin-poin yang dari start ITS di Palembang sampai dengan selesai di Belitung. Jadi poin-poinnya itu nanti dikumpulkan semuanya untuk ke jenjang berikutnya. Itu yang menjadi pembedanya,” kata Liza Sako, Wakil Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020, dalam acara talkshow di Bintaro, Tangsel, Sabtu (11/1/2020).

1. Menargetkan peserta yang lebih banyak

Lebih Menantang, Begini Sistem Poin pada Palembang Triathlon 2020 Dok. IDN Times/Istimewa

Pada Palembang Triathlon 2020, pelaksana juga menargetkan jumlah peserta yang lebih banyak dari tahun sebelumnya dengan mengikutsertakan peserta pemula.

“Insyaallah di tahun ini kita targetnya sampai dengan 500 peserta,” kata Liza menambahkan, sebab setahun sebelumnya total peserta sebanyak 400.

Baca Juga: Bakal Spektakuler, Belitung Triathlon Banyak Diikuti Peserta Wisman

2. Peserta akan terbagi dalam 2 kategori

Lebih Menantang, Begini Sistem Poin pada Palembang Triathlon 2020 Dok. IDN Times/Istimewa

Dengan jumlah peserta yang lebih banyak, nantinya perserta akan dibagi ke dalam 2 kategori berbeda. Di hari pertama, akan mempertandingkan kategori elite, army, dan youth. Sementara di hari kedua untuk kategori publik dan komunitas, termasuk pemula.

3. Jakabaring Sport City akan menjadi arena perhelatan ini

Lebih Menantang, Begini Sistem Poin pada Palembang Triathlon 2020 Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City, akan menjadi arena Palembang Triathlon kali ini. Para peserta nanti akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera dan berlari mengitari Jakabaring.

Liza mengatakan, pemilihan Jakabaring Sport City sebagai arena Palembang Triathlon karena keberadaan Jembatan Ampera yang menjadi daya tarik wisatawan dan dinilai menjadi spot foto yang bagus untuk kejuaraan ini.

4. Sistem poin dinilai memberikan pembinaan yang baik untuk atlet

Lebih Menantang, Begini Sistem Poin pada Palembang Triathlon 2020 Instagram/PariamanTriathlon

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi dan Kepelatihan Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Akbar Nasution, menilai sistem poin ITS yang mulai diterapkan pada Palembang Triathlon adalah inovasi yang baik untuk pembinaan.

Point system ini menghadirkan seleksi yang fair, sehingga sangat baik untuk pembinaan atlet triathlon ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Akbar juga mengatakan bahwa dengan mengikutsertakan peserta pemula dalam Palembang Triathlon akan membantu menyosialisasikan olahraga ini, serta untuk mencari bibit-bibit atlet triathlon di masa depan.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Semarak Beragam Cabang Olahraga Ada di BCA Super League Triathlon Bali

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya