Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019

Potret menarik momen bersejarah olahraga

Jakarta, IDN Times - Sepanjang tahun 2019 banyak sekali momen-momen olahraga yang sangat layak untuk dikenang, mulai dari Liverpool yang secara mengejutkan meraih trofi Liga Champions hingga Lewis Hamilton yang menjuarai Formula 1.

Berikut beberapa momen olahraga yang terjadi sepanjang 2019. Momen-momen yang sangat layak untuk dikenang.

Baca Juga: Pelatih Rugby Iran Bawa Bayinya ke Lapangan

1. Megan Rapinoe yang tampil garang saat merumput

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019Getty Images via starsandstripesfc.com

Gelandang tengah Timnas putri AS Megan Rapinoe, menjadi perbincangan hangat saat penyambutan meriah ketika tim sepak bola putri AS tiba di New York pada 2 Juli 2019.

Timnas putri AS berhasil merebut gelar juara Piala Dunia Putri setelah berhasil mengalahkan Belanda 2-0 di partai puncak. Kemenangan ini, tidak lepas dari sosok garang Megang Rapinoe yang sukses mencatatkan namanya pada laga bergengsi tersebut.

Tidak hanya garang di lapangan, Megan Rapinoe juga garang di luar lapangan, ketika dia menolak undangan Presiden Donald Trump ke Gedung Putih.

2. Siya Kolisi kapten timnas rugby Afrika Selatan yang berhasil juara Piala Dunia Rugby

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019instagram.com/siya_kolisi_the_bear/

Seperti yang dilansir dari Antara, Siya Kolisi memamerkan trofi bergengsi Piala Dunia Rugby saat parade kemenangan di Soweto pada 7 November lalu. Kolisi merupakan atlet kulit hitam pertama yang menjadi kapten timnas Afrika Selatan, dengan memimpin Springboks menjadi juara dunia saat berhasil mengalahkan Jepang di babak final.

3. Comeback terbesar dalam sejarah: Liverpool tundukkan Barcelona di semifinal Liga Champions

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019twitter.com/search?q

Momen menarik tahun ini terjadi saat Liverpool membalikkan keadaan ketika berjumpa dengan Barcelona di babak semifinal Liga Champions. Liverpool yang sempat tertinggal 3-0 pada leg pertama, kemudian bangkit di leg kedua. Bermain di Anfield pada 1 Mei , Liverpool sukses menyarangkan 4 gol tanpa balas ke kandang Barcelona.

4. Lewis Hamilton memastikan gelar keenam sebagai juara dunia Formula Satu

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019www.autosport.com

Lewis Hamilton sabet gelar keenamnya di Grand Prix AS dengan menyisakan dua balapan musim ini. Dia mengakhiri musim dengan 11 kali menang dari 21 sirkuit.

Gelar ini menjadikan dirinya sebagai juara dunia tiga kali berturut-turut. Hanya selisih satu gelar dari pemegang rekor sepanjang masa milik Michael Schumacher.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 

5. Simone Biles sabet lima medali dalam kejuaraan dunia senam

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019newyorker.com

Pesenam Amerika Serikat Simone Biles kembali bersinar di ajang kejuaraan dunia senam di Stuttgart pada Oktober. Dia berhasil merebut lima medali emas, tambahan medali tersebut menambah jumlah koleksi medalinya dengan total 25 emas sepanjang kariernya. Pernyataan mengejutkan keluar dari pria berumur 22 tahun itu bahwa dia akan mundur setelah Olimpiade Tokyo.

6. Tiger Woods unjuk gigi saat juarai turnamen Masters

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019instagram.com/tigerwoods/

Setelah 11 tahun, Tiger Woods tunjukkan kelasnya sebagai pegolf terbaik setelah menjuarai turnamen Masters pada 14 April. Trofi itu merupakan trofi kejuaraan besar pertamanya dalam kurun 11 tahun.

7. Ben Stokes menjadi "man of the match" di partai puncak

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019instagram.com/stokesy/

Ben Stokes akhirnya kembali masuk jajaran skuat timnas kriket Inggris setelah mendapat skorsing pada 2017. Dia mencatatkan sebagai pemain terbaik di laga final saat melawan Selandia Baru, dengan torehan 84 not out dia sukses membawa Inggris juara dunia.

8. Djokovic dan Federer catat waktu fantastis di laga final

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019independent.co.uk

Hal yang tidak biasa terjadi pertandingan Novak Djokovic dan Roger Federer di final Wimbledon. Mereka bertarung selama 4 jam 57 menit untuk menyuguhkan pertarungan yang luar biasa dan penuh kejutan. Pertandingan mendebarkan itu berhasil dimenangkan oleh Djokovic dalam lima set. Ini menjadi final pertama Wilmbledon yang berakhir dengan tie break pada set kelima.

9. Performa memikat Jepang saat menjadi tuan rumah Piala Dunia Rugby

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019Timnas Rugby Jepang/www.nippon.com

Penampilan gemilang ditunjukkan oleh timnas Jepang. Mereka bersinar karena permainan yang sangat energik, karena permainannya ini, Jepang berhasil membabat dua tim kuat sekelas Selandia Baru, dan Skotlandia.

Namun langkahnya terhenti setelah ditaklukan oleh Afrika Selatan yang menjadi juara dunia tahun ini.

10. Lindsey Vonn menutup kariernya dengan medali

Layak Dikenang, Ini 10 Momen Olahraga Terbaik Sepanjang Tahun 2019instagram.com/lindseyvonn/

Ratu ski asal Amerika menutup kariernya dengan mempersembahkan medali. Meski usianya sudah 34 tahun, dan dia merasa tubuhnya sudah tak kuat untuk memenuhi ambisi dia mengejar rekor paling sering menjuarai Piala Dunia milik Ingemar Stenmark, dia berhasil merebut medali World Championship kedelapan di Are, Swedia.

Dia sudah memenangkan 82 perlombaan Piala Dunia dalam 19 musim kariernya di ski.

Baca Juga: Selamat! Liverpool Berhasil Menjadi Juara di Piala Dunia Antarklub

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya