Comscore Tracker

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmu

Bukan cuma kamu yang mengalaminya

Media sosial memang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Mulai dari untuk menjalin relasi dengan teman lama, menambah teman baru, untuk menunjukkan aktivitas sehari-hari, hingga sebagai tempat untuk berkeluh kesah.

Tidak bisa dimungkiri, media sosial kini mendominasi hidup banyak orang. Dilansir dari Independent, rata-rata orang mengecek handphone mereka 28 kali dalam sehari untuk membuka media sosial.

Namun ternyata mengakses media sosial terlalu sering dan lama bisa membuat seseorang tidak bahagia. Melihat kehidupan orang lain yang terlihat sempurna di Instagram contohnya.

Apakah kamu salah satu yang merasakannya? Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana media sosial bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu!

1. Menurunnya penghargaan terhadap diri sendiri

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmuyouth.sg

Setiap orang memiliki insecurity masing-masing. Misalnya memiliki perasaan tidak cocok dengan pekerjaan yang dilakukan atau insecurity mengenai bentuk tubuh.

Media sosial memicu seseorang untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang terlihat memiliki hidup yang lebih sempurna. Sebuah penelitian dari University of Copenhagen menunjukkan bahwa banyak orang yang mengalami “Facebook envy”, yaitu iri melihat kehidupan orang lain di media sosial.

2. Memengaruhi koneksi antarmanusia

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmuthecultureblend.com

Sebagai manusia, penting untuk berkomunikasi dan membangun koneksi dengan sesama. Ini adalah salah satu fungsi utama dari media sosial, kan?

Namun ungkapan “mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat” ternyata benar terjadi karena media sosial. Dilansir dari Independent, seorang model bernama Stina Sanders mengaku bahwa ia merasa ditinggalkan oleh teman-temannya walaupun memiliki jumlah followers yang banyak di media sosial.

3. Mengubah caramu mengingat informasi penting dalam hidup

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmunetdna-ssl.com

Kejadian penting di hidup seseorang biasanya akan dipamerkan melalui unggahan foto di media sosial. Mungkin menurutmu ini bukan hal yang negatif.

Namun media sosial bisa mengurangi kebahagiaanmu saat mendapatkan suatu pengalaman secara langsung. Ini karena kita terlalu sibuk terobsesi untuk mendapatkan foto dan video yang bagus dan estetik.

Baca Juga: Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!

4. Mengurangi waktu tidur

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmubusinessinsider.com

Siapa yang suka bermain handphone sampai larut malam atau bahkan sampai pagi? Penggunaan media sosial yang berlebihan bisa membuatmu kekurangan tidur. Selain itu, munculnya anxiety dan rasa iri kepada orang lain juga bisa membuat otak tetap terjaga dan sulit tidur.

5. Media sosial akan menyita perhatianmu

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmumedicalnewstoday.com

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika media sosial bisa mendistraksi seseorang dalam menjalani kehidupan. Bahkan kini sudah banyak orang yang kecanduan media sosial. Orang tidak hanya mengaksesnya saat ada waktu luang, tapi mereka meluangkan waktu untuk selalu mengecek media sosialnya.

6. Memicu narsisme

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmumedia.bizj.us

Narsisme atau Narcissistic Personality Disorder adalah gangguan mental di mana seseorang terlalu mengagumi diri sendiri. Mereka juga menginginkan perhatian orang tertuju padanya. Ini bisa dipicu dengan kehadiran media sosial yang sangat self-oriented.

7. Munculnya berbagai gangguan mental

Cermati ya! Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmuthenypost.files.com

Bukan cuma menyebabkan ketidakbahagiaan, media sosial juga mendorong munculnya berbagai gangguan mental. Ini berlaku untuk pengguna yang terlalu terikat dengan dunia maya.

Dilansir dari Independent, pada Maret 2018, tercatat bahwa sepertiga Generation Z mengaku bahwa mereka menutup akun media sosialnya. Sebanyak 41 persen responden mengatakan bahwa media sosial membuat mereka merasa gelisah, sedih, dan depresi.

Kamu tidak perlu sampai menutup akun media sosialmu. Namun jika memang kamu sering merasa down karenanya, coba atur durasi dalam mengakses media sosial per harinya. Perubahan tersebut bisa membawa kebaikan untukmu.

Baca Juga: Mengenal 5 Tipe Impostor Syndrome, Apa Kamu Termasuk di Salah Satunya?

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya