Comscore Tracker

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendali

Ini karena sel tubuh bekerja setiap saat

Pernahkan kamu berpikir, bagaimana cara mulut pemproduksi air liur yang tak pernah habis. Kemudian, mengapa selalu muncul minyak hanya pada bagian wajah saja, dan masih banyak lagi pertanyaan tentang seputar tubuh.

Atau, mungkin berpikir kamu memiliki kontrol penuh akan tubuhmu. Namun anggapan itu salah karena sebenarnya tidak semua proses terjadi sesuai dengan kehendakmu. Mulai dari bangun tidur hingga kamu terlelap, sebenarnya sel-sel tubuhmu mengendalikan dirinya sendiri. 

Ada sejumlah hal aneh yang mereka lakukan di tubuhmu. Kira-kira apa saja ya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Sebum selalu keluar dari wajahmu

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendalinivea.co.uk

Sebum adalah sekresi tubuh berupa minyak yang keluar dari kelenjar sebaceous. Tubuhmu ternyata mengeluarkan minyak tersebut setiap saat tidak peduli aktivitas apa yang sedang kamu lakukan.

Meskipun terkadang ini membuat wajahmu terlihat seperti kilang minyak, sebenarnya sebum menjaga agar kulitmu tetap lembap. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi banyaknya sebum yang diproduksi oleh kelenjarmu mengingat ini adalah warisan genetik.

2. Pikiran-pikiran yang mengganggu tidak dapat dicegah

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendaliuniversityofcalifornia.edu

Ide paling gila apa yang pernah terlintas di dalam kepalamu? Pernahkah kamu memikirkan apa rasanya lompat dari pesawat? Atau bagaimana rasanya memanjat papan reklame? Semua pikiran gila yang mengganggu itu ternyata tidak bisa dicegah. Otak kita memang aneh dan sering kali hal ini tidak ada hubungannya dengan dirimu sendiri. 

Saat pikiran mengganggu itu muncul berarti otakmu sedang bermain-main dengan imajinasimu. Tidak perlu malu dengan hal ini karena kamu tidak akan benar-benar melakukan apa yang ada di pikiranmu. 

3. Kulit matimu bisa tertinggal di mana saja

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendaliskindays.in

Manusia memiliki kebiasaan yang mirip seperti ular, yaitu berganti kulit. Jika ular mengganti kulit setelah mendapat mangsa yang besar, manusia ternyata melakukannya dengan lebih konsisten.

Apa pun yang kamu lakukan, tubuhmu akan terus membuang sekitar sejuta sel kulit mati setiap harinya. Ini dilakukan agar sel kulit teregenerasi dan lebih sehat. Hal ini memang terdengar menjijikkan tetapi kamu tidak bisa mencegahnya. Kulit mati yang terbuang pun sering kali tidak terlihat karena saking tipisnya.

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketika

4. Tubuhmu memproduksi urine setiap saat

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendalifreepik.com

Jika kamu berpikir bahwa urine diproduksi saat keinginan buang air kecil muncul, kamu salah. Nyatanya proses tersebut terjadi setiap saat. Air dan sisa metabolisme tubuh disalurkan ke dalam ginjal setiap saat.

Debitnya tergantung pada berapa banyak air yang masuk ke dalam tubuh kita. Ginjal kemudian menyerap kembali air dan zat yang diperlukan oleh tubuh, kemudian sisanya akan dibuang sebagai urine. 

5. Kamu menelan banyak lendir

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendaligogonews.cc

Saat sedang batuk berdahak, orang biasanya berusaha keras untuk tidak menelan lendir yang menyangkut di tenggorokan. Namun sebenarnya tanpa sadar kamu menelan banyak lendir setiap hari.

Ini adalah trik dari tubuh kita untuk melindungi organ pernapasan dari partikel asing. Sepanjang 24 jam, tubuhmu kira-kira menghasilkan 1,5 liter lendir. Kira-kira sebanyak itulah lendir yang kamu telan.

6. Tubuh secara konstan membangun lapisan kerongkongan

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendalisecureservercdn.net

Tubuhmu memiliki sistem regenerasi yang luar biasa menakjubkan. Setiap saat sel-sel akan memperbarui dirinya sendiri sehingga kamu bisa tumbuh hingga saat ini. Regenerasi yang paling aneh adalah penghancuran asam secara konstan untuk memperbarui lapisan kerongkongan.

Namun proses ini cukup penting, mengingat asam lambung sangat kuat dan bisa menghancurkan sel di kerongkongan. Itulah kenapa sekitar seminggu sekali, tubuh harus memperbarui lapisannya.

7. Saliva terus diproduksi di dalam mulut

Normal Kok! Ini 7 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuhmu tanpa Terkendalithoughtco.com

Pernahkah terlintas di pikiranmu seberapa banyak saliva yang terkumpul di mulutmu setiap harinya? Ternyata kelenjar air liur di dalam mulut memproduksi dua hingga empat liter air liur setiap harinya. Proses ini paling sering terjadi di siang hari. 

Selain yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak hal lain yang terjadi tanpa kendali di tubuhmu. Kira-kira apa lagi ya?

Baca Juga: Patah Hati? Inilah 7 Reaksi Tubuh yang Akan Kamu Alami Secara Ilmiah

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You