Comscore Tracker

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Mati

Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan datang

Cepat atau lambat, setiap orang pasti akan menemui ajalnya atau kematian. Itu adalah hal pasti yang semua orang tidak bisa tolak. Cara meninggal setiap orang pun berbeda-beda, ada yang disebabkan oleh penyakit yang sudah diidap sejak lama, kecelakaan, hingga penyakit seperti sakit jantung yang datang dalam sekejap.

Untuk kita yang belum merasakan kematian atau setidaknya detik-detik sebelum malaikat maut mencabut nyawa kita, tentu kita tidak tahu bagaimana rasanya. Akan tetapi, kebanyakan orang selalu membayangkan bagaimana rasanya kematian sehingga membuat diri mereka takut akan kematian. Kenapa bisa seseorang takut pada kematian? Simak ulasan selengkapnya.

1. Takut rasa sakit dan penderitaan

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matirichardladkani.com

Ini adalah alasan paling umum kenapa seseorang bisa takut dengan yang namanya meninggal. Bagaimana tidak, rupanya kebanyakan orang memiliki pola pikir kalau mereka akan merasakan rasa sakit yang luar biasa ketika menemui kematian, demikian dilansir dari Very Well Mind.

Tidak hanya rasa sakit, mereka juga takut dengan penderitaan yang akan mereka terima. Alasan ketakutan ini umum terjadi di kalangan orang yang sedang sehat-sehat saja maupun yang sedang sekarat terbaring di rumah sakit.

2. Takut pada hukuman yang menanti

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matitwistedsifter.com

Usut punya usut, baik orang yang beragama maupun tidak, semuanya takut dengan hukuman yang menanti setelah kematian. Intinya, mereka takut akan dihukum berdasarkan apa yang mereka lakukan di bumi semasa hidupnya.

Oleh karena itu, orang-orang seperti ini biasanya selalu menjaga sikapnya dan berusaha terus berbuat kebaikan. Apalagi mereka tidak tahu apakah hukumannya akan bersifat abadi atau akan ada batasnya. Semua benar-benar masih misteri.

3. Takut karena tidak bisa mengontrol situasi

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matiaconsciousrethink.com

Dalam hidup ini, tentu manusia selalu mengendalikan situasi agar semuanya berjalan sesuai rencana sehingga hidup lancar-lancar saja. Namun, ketika kamu menemui kematian, kamu tidak akan bisa mengontrolnya karena itu sudah saatnya kamu untuk meninggalkan dunia yang fana ini.

Praktis, kebanyakan orang takut karena mereka tidak punya power untuk mengontrol semuanya agar berjalan sesuai rencana mereka. Maka dari itu, orang-orang yang takut akan kematian peduli dengan kesehatannya dan selalu berhati-hati agar menghindari kecelakaan.

Baca Juga: 9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

4. Takut meninggalkan orang yang dicintai

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matihuffingtonpost.com

Setelah kamu mati, kamu sudah tidak tahu lagi apa saja yang terjadi di bumi, termasuk kehidupan orang-orang yang kamu cintai. Biasanya, rasa takut ini menyerang orangtua ataupun pasangan yang baru menjalani pernikahan.

Bayangkan saja, bagaimana nasib bayi kamu apabila tiba-tiba kamu meninggal? Atau kamu sedang berusaha membangun keluarga yang harmonis dengan pasangan yang baru kamu nikahi tiba-tiba kamu meninggal dan meninggalkannya selama-lamanya? Semua itu berkaitan dengan rasa khawatir terhadap apa yang akan terjadi pada orang yang kamu cintai kalau kamu meninggalkannya.

5. Takut sudah tidak menjadi apa-apa lagi setelah mati

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matiunbelievable-facts.com

Banyak riset mencatat bahwa banyak pula orang yang takut meninggal karena tidak akan menjadi apa-apa lagi. Bukan tanpa sebab, kematian memang berarti akhir dari perjalanan kamu di dunia. Maka dari itu, kamu harus bisa menerima kalau kamu tidak lagi menjadi apa-apa.

Kendati begitu, banyak pula yang mengatakan kalau setelah kematian pasti ada kehidupan. Jadi, kamu jangan takut tidak bisa menjadi apa-apa lagi ya.

6. Takut karena tidak pernah ada orang yang menceritakan pengalaman kematian

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matilifehacker.com.au

Di dunia ini, belum ada seorang pun manusia yang pernah menceritakan pengalamannya setelah mati. Paling-paling hanya orang yang mati suri, itupun berarti dia belum sepenuhnya meninggal. Padahal, setiap orang butuh mendengarkan pengalaman agar bisa tenang.

Contohnya adalah seperti ketika melamar pekerjaan, tentu kamu pasti bertanya-tanya kepada orang yang pernah melamar pekerjaan agar bisa tenang. Sama halnya pada kematian, kamu penasaran dengan kematian tapi tidak ada orang yang bisa menceritakannya padamu. Itulah kenapa kamu takut menemui malaikat maut.

7. Takut tidak tahu kapan kematian akan datang

Mengapa Banyak Orang Takut pada Kematian? Padahal Semua Pasti Matichiro-trust.org

Dilansir dari The Guardian, kamu tidak tahu bagaimana, kapan, dan di mana kematian datang. Jadi, kamu belum sempat mempersiapkan segalanya ataupun beradaptasi ketika menemui kematian. Ini juga jadi salah satu penyebab orang takut dengan kematian karena mereka tidak bisa memastikan segalanya.

Itulah beberapa alasan kenapa banyak orang takut pada kematian. Apakah kamu termasuk ke dalam klasifikasi orang-orang yang khawatir dan takut akan kematian?

Baca Juga: Mengerikan, 8 Eksperimen Psikologis Terburuk dalam Sejarah Sains

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya