Comscore Tracker

Hati-hati ya! Penyakit Ini Sering Mengincar Para Penulis dan Gitaris 

Sepintas memang tak terasa, tapi kalau diabaikan....

Pemain basket, volly, penulis dan gitaris, merupakan beberapa ragam aktivitas yang lebih dominan menggerakkan bagian tangan. Mungkin tanpa adanya organ yang satu ini, banyak hal yang tak bisa diperbuat manusia.

Walaupun, ada juga orang-orang yang dikaruniai 'keajaiban' mampu beraktivitas dengan baik meski tak memiliki tangan yang utuh, tapi bagi kita yang hidup normal, kedua tangan kita adalah aset yang begitu berharga bukan?

Sayangnya, banyaknya aktivitas yang dilakukan menggunakan tangan (dan juga lengan), membuat kita rentan mengalami cedera. Salah satu cedera yang cukup parah dan sering dialami para pekerja kantoran, musisi dan pemain basket adalah Carpal Tunnel Syndrome atau CTS.

1. Sebelumnya ketahui dulu apa sebenarnya Carpal Tunnel Syndrome itu

Hati-hati ya! Penyakit Ini Sering Mengincar Para Penulis dan Gitaris pixabay.com

CTS adalah rasa nyeri yang diakibatkan karena saraf tengah yang terjepit atau tertekan pada bagian pergelangan tangan (median nerve). Carpal, berasal dari kata carpus yang artinya pergelangan.

Dalam istilah medis, carpus mengacu pada delapan tulang kecil yang letaknya sejajar di pergelangan tangan, dalam dua jalur yang mana menghubungkan lengan dengan tangan. Tunnel atau 'lorong' yang dimaksud adalah jalan bagi sembilan tendon dan satu saraf yang terletak di tengah-tengah.

Baca Juga: 5 Manfaat Mutlak Kalau Kamu Rajin Berjalan Kaki Setiap Hari

2. Penyebab CTS beragam, mulai dari konsumsi obat-obatan hingga aktivitas sehari-hari

Hati-hati ya! Penyakit Ini Sering Mengincar Para Penulis dan Gitaris stocksnap.io

Apa penyebab CTS tidak dapat serta-merta dilihat kasat mata. Sindrom ini seringkali terjadi karena cedera atau tekanan yang terjadi pada saraf tengah akibat rheumatoid arthritis, diabetes, osteoporosis, obesitas bahkan kehamilan.

Pada beberapa kasus, CTS juga ditemukan pada pasien-pasien yang mengkonsumsi obat-obatan seperti phenytoin untuk epilepsi. Obat-obatan seperti ini dapat menekan saraf dari luar yang menyebabkan CTS.

Zaman sekarang, banyak ditemukan penderita CTS adalah mereka yang banyak mengetik di komputer. Cedera ini juga umum dialami mereka yang melakukan gerakan repetisi atau berulang-ulang, misalnya gitaris atau pemain basket. Penggunaan tangan yang berlebihan ini menyebabkan tendonitis (jaringan tendon) menjadi robek.

3. Ada beberapa ciri CTS yang perlu kamu ketahui

Hati-hati ya! Penyakit Ini Sering Mengincar Para Penulis dan Gitaris pixabay.com

Mereka yang mengalami CTS akan merasakan sakit luar biasa, mirip sensasi ditusuk-tusuk jaruk pada tangan yang cedera. Selain itu, penderitanya merasa kebas dan mati rasa. Pada tingkatan lanjut, penderita juga akan merasa genggamannya melemah.

Nah, jika kamu merasa dalam sehari sudah terlalu banyak mengetik atau melakukan aktivitas yang berulang menggunakan tangan, gak ada salahnya kamu mengistirahatkan tanganmu setidaknya 30-45 menit. Jika menemukan rasa tak nyaman dan kejanggalan pada tanganmu, segera konsultasikan pada dokter ya, supaya diberikan penanganan yang terbaik.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Otot Akan Memperbaiki Hidup Kamu

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You