Comscore Tracker

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat 

Pertama ditemukan ribuan tahun sebelum masehi!

Ada banyak penemuan dari negara-negara besar yang pada masa kuno yang terus dikembangkan hingga saat ini. Mulai dari perlengkapan alat rumah tangga, hingga yang menyangkut dengan kecantikan.

Sedikit berkisah, bahwa bangsa Mesopotamia sering disebut sebagai bangsa yang paling maju. Masyarakat Mesopotamia di masa lampau telah menghasilkan banyak penemuan bermanfaat, seperti menemukan roda, mencetuskan ilmu astronomi dan lain sebagainya.

Namun, bangsa Mesir Kuno pun tak kalah maju dan telah menghasilkan banyak penemuan!

Apa saja penemuan yang dihasilkan oleh bangsa Mesir Kuno? Dan apakah penemuan itu masih bermanfaat sampai sekarang? Geser layarmu ke bawah dan temukan jawabannya!

1. Menemukan make-up untuk mata

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat ancientpages.com

Tahukah kamu kalau riasan mata ditemukan oleh bangsa Mesir Kuno? Riasan mata ini ditemukan sekitar 4000 tahun sebelum masehi dan dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Riasan mata ini mencerminkan status sosial, di mana para bangsawan akan memanfaatkan pigmen warna untuk tampil berbeda, terang Realm of History.

Bangsa Mesir Kuno menggunakan malachite, mineral tembaga karbonat hidroksida hijau untuk mengecat bagian mata dan memberi warna kehijauan. Untuk membuat eyeliner, mereka memakai jelaga dengan galena (bijih timah abu-abu gelap) untuk memunculkan warna hitam. Dengan inilah, bangsa Mesir Kuno bisa tampil modis!

2. Menemukan teknologi dalam membuat kaca

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat britishmuseum.org

Di tahun 2016, sekelompok peneliti berteori bahwa teknologi pembuatan kaca pertama kali diciptakan oleh bangsa Mesir Kuno. Teori ini merujuk pada tahun 1500 sebelum masehi, di mana pengrajin Mesir menciptakan kaca multi-warna pertama dan bejana yang dibuat dari batu semi-mulia, jelas laman Realm of History.

Sementara, peneliti lain beranggapan bahwa pembuatan kaca yang belum sempurna ditemukan di Mesopotamia sekitar 3500 tahun sebelum masehi. Di sisi lain, menurut Egypt Guide, bangsa Mesir Kuno adalah yang pertama dalam menyempurnakan seni kerajinan kaca setelah peradaban Mesopotamia.

3. Menemukan tinta hitam untuk menulis

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat msn.com

Mundur ke ribuan tahun lalu, ditemukan tinta hitam yang digunakan untuk menulis. Tepatnya, pada 2500 tahun sebelum masehi, tinta ini diciptakan oleh bangsa Mesir Kuno. Namun, ada yang menyebut bahwa bangsa Tiongkok juga menemukan tinta dalam periode waktu yang saling tumpang tindih, tutur laman Realm of History.

Diketahui, pigmen utama dari tinta hitam itu berasal dari jenis karbon khusus. Tinta ini dibuat dengan membakar tar dan minyak sayur. Lalu, direkatkan dengan zat seperti lem sebagai bahan pengikat. Setelah tinta hitam jadi, tinta ini digunakan untuk menulis di lembaran papirus. Tinta ini tergolong awet dan bisa bertahan hingga ribuan tahun!

4. Mencetuskan ide tentang kepolisian

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat ancient-origins.net

Tahukah kamu, pencetus ide tentang kepolisian adalah bangsa Mesir Kuno? Orang Mesir Kuno mengandalkan prajurit lokal dan penjaga untuk menjaga benteng, bangunan keagamaan dan gudang. Mereka juga bertugas untuk menjaga pasar dan kuil, bahkan ditemani oleh monyet dan anjing terlatih untuk menangkap penjahat!

Konsep kepolisian ini dicetuskan sekitar tahun 2050 hingga 1800 sebelum masehi. Polisi di zaman Mesir Kuno bertugas menjaga ketertiban di wilayah masing-masing, ujar laman Realm of History. Konsep ini tak jauh berbeda dengan kepolisian di zaman sekarang yang dibagi berdasarkan sektor dan wilayah.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Kamu Duga Terjadi dalam Kehidupan Mesir Kuno

5. Menemukan kunci pintu untuk keamanan

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat pinterest.com

Perlu bukti kalau bangsa Mesir Kuno adalah pencipta kunci? Bukti kunci tertua diketahui berasal dari reruntuhan komplek tata ruang Mesir Kuno, sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Tentu saja, bentuknya tak modern seperti kunci di era sekarang. Bahkan, kunci ini berkarat akibat oksidasi antara besi dan udara.

Meski begitu, elemen dasar dari desain kunci tetap digunakan sampai sekarang. Tentunya, dengan berbagai modifikasi dan perubahan untuk meningkatkan keamanan. Kunci adalah penemuan bangsa Mesir Kuno yang penting dan digunakan untuk tempat-tempat bernilai tinggi, seperti istana kerajaan atau bangunan keagamaan, jelas laman Realm of History.

6. Menemukan antibiotik yang terbuat dari bir!

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat commons.wikimedia.org

Di masa lampau, bir tidak digunakan sebagai sarana rekreasi atau have fun dengan teman. Sebagian menggunakan bir untuk menghangatkan badan di musim dingin. Sementara, masyarakat Mesir Kuno menggunakan bir untuk pengobatan atau untuk keperluan medis. Di dalam bir, ternyata memiliki khasiat yang setara dengan antibiotik!

Ramuan bir tersebut dibuat dari gandum yang dicampur dengan tetrasiklin. Bir buatan bangsa Mesir Kuno bisa menyembuhkan dari berbagai penyakit akibat bakteri. Sementara, tetrasiklin sendiri adalah antibiotik yang diproduksi dari genus Streptomyces dan Actinobacteria. Fungsinya adalah untuk mengobati malaria, kolera, sifilis dan jerawat. 

7. Menemukan wig untuk rambut

Tetap Dipakai! Ini 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat ancient-origins.net

Karena iklim Mesir yang panas, banyak orang-orang yang lebih nyaman dengan kepala yang gundul tanpa rambut. Sebagian masyarakat Mesir Kuno juga rutin mencukur rambut untuk menghindari serangan kutu. Meski begitu, bangsa Mesir Kuno lebih menyukai tampil dengan rambut. Mereka pun menciptakan wig untuk membuat tampilan lebih modis.

Di zaman Mesir Kuno, para laki-laki dan perempuan boleh menggunakan wig. Sementara, hukum tidak memperbolehkan budak untuk mencukur rambut mereka. Para orang kaya dan bangsawan memakai wig dari rambut manusia sebagai penanda status sosial mereka di masyarakat. Sementara, rakyat jelata memakai wig dari bulu domba.

Nah, itulah 7 penemuan bangsa Mesir Kuno yang berguna hingga sekarang. Tak disangka, mereka sudah semaju itu, ya?

Baca Juga: Inilah Bukti Jika Mesir Kuno Merupakan Bangsa Paling Modern

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You