Comscore Tracker

Dear Fotografer Profesional, Kamu Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  

Kamu paling suka aplikasi yang mana, nih?

Para fotografer profesional biasanya akan mengedit fotonya di personal computer (PC). Aplikasi yang umum digunakan adalah Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, Corel Paintshop Pro dan lain sebagainya. Namun, apabila kita butuh mengedit dengan cepat, mengedit lewat aplikasi di smartphone tak ada salahnya kok!

Aplikasi apa saja yang wajib dimiliki oleh fotografer profesional? Intip 7 rekomendasinya di bawah ini! Jangan lupa install di gadget-mu, ya!

1. Snapseed

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  thewirecutter.com

Aplikasi pertama yang wajib diunduh adalah Snapseed. Pertama dirilis pada 6 Desember 2012, aplikasi milik Google LLC ini berhasil meraih lebih dari 100 juta unduhan di Google Playstore. Fitur-fitur di dalamnya adalah detail, selective, healing, brush, perspective, lens blur, tonal contrast, HDR scape, drama dan lain sebagainya.

Mari kita bahas beberapa fitur unggulan, seperti detail yang bisa memunculkan struktur permukaan pada gambar, healing untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto, kurva untuk mengontrol tingkat kecerahan secara presisi hingga memadukan 2 foto sekaligus dengan double exposure. All in one!

2. Adobe Lightroom

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  fstoppers.com

Adobe Lightroom versi PC diluncurkan sejak 19 Februari 2007. Versi mobile-nya baru dirilis pada 14 Januari 2015 dan berhasil memperoleh lebih dari 50 juta unduhan di Google Playstore. Adobe Lightroom versi mobile memiliki fitur yang lengkap, namun mempunyai user interface yang mudah dipahami, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

Apa keunggulan aplikasi Adobe Lightroom? Kamu bisa mengubah foto secara drastis dengan sekali sentuh lewat fitur Prasetel. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit warna, pencahayaan, rona dan kontras pada foto dengan sekali tekan. Ada pula fitur premium yang bisa terbuka setelah kamu melakukan pembelian. Download, yuk!

3. Adobe Photoshop Express

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  chromecomputing.com

Jika Adobe Photoshop di PC terlalu berat untukmu, kamu bisa mencoba aplikasi Adobe Photoshop Express. Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini berhasil meraih lebih dari 100 juta unduhan di Google Playstore. Meski memiliki embel-embel "express", fitur yang ada di dalamnya tak kalah lengkap, lho!

Mau tahu, apa keunggulan Adobe Photoshop Express? Kamu bisa menggunakan Koreksi Perspektif untuk meluruskan gambar yang miring atau membuang noise agar foto lebih jernih. Jika ada jerawat di wajahmu, kamu bisa menghilangkannya dengan sekali sentuh. Ada pula koreksi mata merah dan puluhan filter yang tersedia.

4. VSCO

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  tinyquip.com

Selanjutnya, kamu bisa mencoba aplikasi VSCO. Keunggulan VSCO dibanding aplikasi sejenis adalah preset-nya yang kekinian. Ada 13 preset yang tersedia gratis dan ratusan preset yang terkunci. Kamu bisa mengaktifkan preset yang terkunci dengan cara bergabung menjadi anggota.

Percobaan gratis berlaku selama 7 hari. Sisanya, kamu perlu berlangganan dengan harga Rp23.250 per bulan atau Rp279.000 per tahun. Ada pula fitur editing basic seperti mengatur eksposur, kontras, saturasi, rona, keseimbangan putih, mempertajam gambar dan lain sebagainya. Dijamin komplit!

Baca Juga: 5 Aplikasi Photo-Editing Langganan Selebgram yang Bikin Feed Jadi Hits

5. Lens Distortions

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  lensdistortions.com

Namanya mungkin belum terlalu populer, tapi kamu wajib menjajal aplikasi Lens Distortions. Aplikasi ini baru meraih 1 juta unduhan di Google Playstore. Lens Distortions bukan aplikasi edit foto yang basic. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan suar yang terlihat realistis, efek cuaca atau membuat foto jadi berkabut. Unik!

Penambahan efek ini membuat fotomu lebih hidup dan tidak membosankan. Kamu bisa menikmati lima filter yang ada di setiap kategori dengan gratis. Sementara, filter lainnya terkunci dan baru bisa digunakan ketika kita sudah melakukan pembelian. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. 

6. Polarr

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  cafebazaar.ir

Polarr adalah aplikasi yang wajib kamu coba. Meski tak setenar aplikasi-aplikasi sebelumnya, Polarr memiliki fitur editing yang tak kalah mumpuni. Polarr pertama kali dirilis pada 2 Agustus 2015 dan kini berhasil mengumpulkan lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore. Apa yang membuat Polarr unggul?

Aplikasi ini dibekali fitur-fitur yang lengkap. Seperti 124 filter yang tersedia gratis, memperkuat struktur foto dengan kontras, menambahkan warna supaya foto terlihat lebih vibrant, mengurangi kabut dengan fitur Dehaze, membuat foto yang pudar menjadi lebih tajam dengan Clarity dan masih banyak lagi. Polarr tersedia untuk perangkat seluler, desktop (PC) dan website.

7. Hypocam

Dear Fotografer Profesional, Kamu  Wajib Ada Aplikasi Edit Foto Ini  coolmomtech.com

Terakhir, kamu bisa mencoba Hypocam. Sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, Hypocam memfokuskan diri khusus untuk editing hitam-putih (black and white). Filter hitam putih dari Hypocam membuat foto kita terlihat bak karya fotografi jurnalistik profesional. Setiap filter memiliki kontras, kecerahan dan detail yang berbeda-beda.

Versi gratis hanya menyediakan sekitar tujuh filter saja. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak jika melakukan pembelian dalam aplikasi. Berkat keunikannya, aplikasi yang dirilis pada 22 November 2015 ini berhasil memperoleh lebih dari 1 juta unduhan. Tertarik untuk mencobanya?

Nah, itulah 7 aplikasi edit foto yang wajib dimiliki oleh fotografer profesional dan penghobi fotografi. Menurutmu, aplikasi mana yang paling lengkap?

Baca Juga: 8 Aplikasi Edit Foto Mobile ini Cocok Kamu Gunakan Selama Periode 2019

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You