Comscore Tracker

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusia

Mereka juga bisa merasakan sedih saat ada yang meninggal

Tuhan memang menciptakan akal dan pikiran hanya untuk manusia. Makanya manusia itu karya sempurna dari penguasa alam semesta ini.

Bagaimana dengan hewan? Dari pemikiran manusia,  tuhan menciptakan hewan hanya untuk makan agar bisa bertahan hidup. Tapi, sebenarnya tidak juga seperti itu.

Pada beberapa hewan, mereka seolah memiliki perasaan layaknya manusia. Perasaan itu muncul ketika ada sesamanya yang mati  

Hewan pun memiliki ritual kematian yang unik sekaligus mengharukan. Bagaimana mereka melakukannya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Induk simpanse menggendong anaknya yang mati selama beberapa minggu

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiadw.com

Simpanse juga merasakan kesedihan saat ada anggota keluarganya yang mati. Dilansir dari Live Science, mereka akan berkumpul dengan diam melihat anggota yang sedang sekarat.

Terkadang mereka pun mencoba mengendus, mengitari, dan menggerakkan jasad tersebut seakan tidak percaya bahwa ia sudah tiada. 

Ketika ada bayi simpanse yang mati, sang induk akan menggendong tubuh anaknya itu hingga beberapa minggu atau bahkan bulanan. Ia terus mencoba untuk melindungi, merawat, dan berkomunikasi dengan jasad tersebut. Sedangkan ketika ada induk yang mati, anaknya akan terus berada di samping jasad hingga ia menyusul mati karena kelaparan. 

2. Gajah akan sering mengunjungi kuburan sesamanya selama berminggu-minggu

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiaimgur.com

Kamu pernah melihat video induk gajah yang menangis karena kehilangan anaknya? Ternyata gajah memang bisa merasakan kesedihan lho. Biasanya mereka akan berkumpul dan sesekali menyentuh jasad dengan belalainya. 

Dilansir dari PBS.org, terkadang mereka menutupinya dengan tanah dan dedaunan, seakan membuat kuburan sederhana. Setelahnya, gajah terus mendatangi kuburan tersebut selama berminggu-minggu.

3. Gorila mengubur jasad anggota kelompoknya yang mati

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiasi-cdn.com

Gorila adalah hewan yang hidup berkelompok dan memiliki hubungan yang kuat antara satu sama lain. Ketika ada anggotanya yang mati, mereka menjadi stres.

Sama seperti spesies sebelumnya, gorila akan berkumpul dan kemudian mengubur jasad dengan dedaunan. Terkadang mereka juga tetap menjaga tubuh tak bernyawa tersebut dari predator selama berminggu-minggu hingga membusuk.

Baca Juga: Sangat Unik, Ini 10 Hewan yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Hutan Amazon

4. Anjing akan merengek sambil melindungi temannya yang mati

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiaspoki.lv

Spesies lain yang memiliki ritual berkabung adalah anjing. Hewan yang dikenal emosional ini terus mengeluarkan suara seperti rengekan ketika ada temannya yang mati.

Menurut laman Cesars Way, sering kali mereka tetap tinggal di dekat jasad tersebut untuk melindunginya. Dalam kasus tertentu, induk anjing menunjukkan kesedihan dengan cara mengubur sendiri jasad sang anak. 

5. Induk singa laut akan terus menemani anaknya yang mati

https://www.youtube.com/embed/UF3iDoa-v_U

Induk singa laut memiliki ikatan yang sangat kuat dengan anaknya. Ketika sang anak mati, induknya pun menjadi emosional dan depresi. Tak jarang mereka mengeluarkan suara seperti tangisan dan terus menemani jasadnya selama berhari-hari. 

Dilansir dari The Dodo, Andrea Else Hahn pernah menyaksikannya di San Diego, California. Ibu singa laut mengendus-endus tubuh bayinya yang gagal dilahirkan. Ia berada di samping jasad tersebut selama beberapa hari.

6. Kawanan lumba-lumba menggiring jasad kawannya selama berhari-hari

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiasi-cdn.com

Ketika ada satu anggota yang mati, seluruh kawanan lumba-lumba bisa menjadi sangat emosional. Sesekali mereka menepuk tubuh tak bernyawa tersebut dengan moncongnya. Setelah itu, seluruh anggota akan menggiring jasad sambil melindunginya dari predator selama beberapa hari. 

Lain lagi ketika ada lumba-lumba muda yang mati. Dilansir dari Smithsonian, sang induk yang berkabung akan membawa tubuh si anak ke mana-mana dengan siripnya. Ini dapat berlangsung selama berhari-hari.

7. Jerapah melakukan “penghormatan” untuk kawannya yang mati

Bikin Haru! Ini Ritual Kematian Hewan Layaknya Manusiaguim.co.uk

Ketika ada jerapah yang mati, kelompoknya akan mengelilinginya dan bergantian menundukkan kepala mereka di hadapan tubuh tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga akan melakukan penjagaan selama beberapa hari untuk melindungi jasad dari serangan predator.

Bahkan terkadang kawanan hewan lain seperti kerbau, banteng, dan sapi juga terlibat dalam penjagaan tersebut untuk menghormati anggota jerapah yang mati.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, rata-rata hewan yang melakukan ritual tertentu adalah mereka yang hidup secara berkelompok. Ini karena pada umumnya mereka memiliki ikatan yang kuat dengan satu sama lain.

Baca Juga: Suka Traveling, Ini 9 Hewan dengan Jarak Migrasi Paling Jauh di Dunia

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You