Comscore Tracker

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole

Benarkah bisa menghisap seluruh benda di dekatnya?

Kamu mungkin pernah membaca cerita tentang lubang hitam atau black hole yang masih menjadi misteri alam semesta ini.

Betapa tidak, karena semua cerita dan informasi tentang black hole ini kerap membuat manusia bergidik ngeri. Banyak kabar yang beredar bahwa ia bisa menghisap semua yang ada di dekatnya ke tempat yang kita tidak tahu ada di mana. Terlebih lagi, apa yang masuk ke dalamnya tidak akan pernah bisa keluar.

Walau peneliti sudah mengadakan riset selama puluhan tahun, black hole masih menjadi salah satu misteri terbesar luar angkasa. Kira-kira apa yang ada di dalamnya? Bagaimana cara menemukan lubang hitam tersebut? Simak 10 faktanya berikut ini!

1. Kita tidak bisa melihat black hole secara langsung, kita hanya bisa melihat bagaimana benda di sekitarnya bereaksi

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole  gannett-cdn.com

Black hole berwarna hitam, sama seperti langit luar angkasa. NASA merekomendasikan untuk melihat apakah planet dan bintang bergerak dengan aneh kemudian hilang berkeping-keping. Itu berarti bahwa di dekatnya ada black hole

2. Peneliti memperkirakan bahwa di dalamnya ada galaksi lain yang berbeda dengan tempat tinggal kita saat ini

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole  scientificamerican.com

Teori gravitasi kuantum mengatakan bahwa setiap black hole memiliki galaksi baru. Ini berarti bahwa ketika masuk ke dalamnya, kita akan dibawa ke tempat yang berbeda. Dengan catatan, jika kita selamat.

3. Ada beberapa jenis black hole yang diranking berdasarkan besar dan tingkat bahayanya

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole  medium.com

NASA mengatakan bahwa setidaknya ada tiga macam. Mereka adalah primordial black hole (kecil, maksimal seukuran gunung), stellar black hole (20 kali ukuran matahari), dan supermassive black hole (sejuta kali lipat ukuran matahari).

4. Supermassive black hole terbesar yang pernah ditemukan berukuran 12 juta kali lebih besar daripada matahari

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole  popsci.com

Pada tahun 2015, para ahli astronomi menemukan black hole terbesar yang pernah ada. Mereka menjulukinya monster black hole, kekuatannya tidak bisa dibayangkan dan usianya sudah sangat tua.

5. Yang terdekat dengan bumi berjarak 30 ribu tahun cahaya, termasuk jenis stellar black hole

Momok Bagi Alam Semesta, Ini Fakta Sains tentang Misteri Black Hole  ytimg.com

Dilansir dari Phys.org,ia terletak di bagian tengah galaksi Bima Sakti. Peneliti menamainya dengan sebutan Cygnus X-1.