Comscore Tracker

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Ini

Kisah Atlantis menarik untuk diperdebatkan

Akhir tahun 2018 lalu, film Aquaman menjadi satu film impor terlaris di Indonesia. Film yang sebagian besar mengambil latar “Pulau yang Hilang” berperadaban sangat maju, yakni Atlantis, diyakini Plato dalam buku Kritias dan Timaeus itu diramu apik menjadi fiksi berteknologi tinggi. Tersajinya tema mengenai Atlantis, alam Aquaman sesungguhnya menambah popularitas hal ini bagi publik Indonesia.

Arysio Nunes dos Santos (w.2005), Profesor Teknik Nuklir di Universitas Federal Minas Gerais, Brazil, melalui bukunya Atlantis : The Lost Continent Finally Found (2005), mungkin merupakan yang pertama membantah berbagai teori tentang posisi Atlantis. Dia menyajikan teori bahwa “Pulau yang Hilang” itu berada di sekitar Indonesia, Thailand, Brunei, dan Malaysia. Teori itu juga didukung oleh pakar hidrologist Universitas Gadjah Mada, Dhani Irwanto, yang lebih spesifik menyebut eksistensi pulau itu tenggelam di laut Jawa dalam karyanya Atlantis the Lost City is in Java Sea (2015).

Kerajaan Atlantis disebut sebagai kerajaan yang berjaya dan hampir sempurna. Kenapa demikian? Banyak orang yang menyebutkan bahwa Atlantis memiliki tanah yang subur, kekayaan alam yang melimpah, rakyatnya makmur, serta memiliki teknologi yang maju.

Namun kabarnya, ada bencana alam dahsyat yang akhirnya membuat Atlantis tenggelam dan hilang selamanya. Walaupun begitu, kisah tersebut belum terbukti kebenarannya. Ada beberapa hal yang dianggap sebagai bukti bahwa Atlantis pernah ada dan sebagian ilmuwan mempercayainya. Simak penjelasan berikut ini dilansir dari Ranker!

1. Santorini disebut sebagai wilayah Atlantis

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Inistrangesounds.org

Salah satu teori paling logis tentang Atlantis menyebutkan bahwa ia terletak di pulau Yunani kuno, Thera. Daerah tersebut saat ini menjadi Santorini.

Sekitar 3.600 tahun yang lalu, terjadi letusan gunung berapi besar yang menghilangkan sebagian wilayahnya. Ahli geologi mengatakan bahwa topografi Santorini sesuai dengan apa yang digambarkan oleh Plato.

2. Teknologi Antikythera

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Inivox-cdn.com

Antikythera adalah alat misterius yang ditemukan di dalam kapal karam 1.000 tahun sebelum Masehi. Mesin yang disebut sebagai komputer pertama tersebut adalah jam astronomi.

Masyarakat zaman dahulu dianggap belum mampu untuk menciptakan teknologi secanggih itu. Oleh karenanya, sebagian orang percaya bahwa Antikythera berasal dari Atlantis.

3. Penemuan logam mitologis dalam bangkai kapal

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Iniufoholic.com

Dalam Critias, Plato menyebutkan bahwa Atlantis adalah kota yang berkilauan dengan lampu dari orichalcum, logam mulia. Pada tahun 2015, arkeolog menemukan 39 balok orichalcum di bangkai kapal yang berasal dari abad ke 6 sebelum Masehi. Penemuan tersebut dianggap unik karena itu adalah pertama kalinya logam tersebut ditemukan.

4. Atlantis bisa jadi berada di Kepulauan Bahama

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Initripsavvy.com

Kelompok orang yang percaya Atlantis itu nyata teguh mengklaim bahwa benua yang hilang itu berada jauh dari wilayah Yunani kuno. Sebagian dari mereka menganggap bahwa Bimimi Road, formasi batuan di laut Bahama adalah penghubung ke Atlantis.

Kenapa ia berpikiran seperti itu? Ini karena bebatuan tersebut memiliki bentuk yang kuno. Beberapa peneliti mempercayai bahwa batuan Bimimi Road berasal dari abad ke 10.000 sebelum Masehi.

Baca Juga: Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarik

5. Batu jangkar di Selat Gibraltar

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Iniranker.com

Menurut pernyataan Plato, Atlantis terletak di “Pillars of Hercules” yang merupakan nama kuno untuk daerah dekat Selat Gibraltar. James Cameron, sutradara film dokumenter Atlantis Rising mengatakan bahwa mereka menemukan batu jangkar kuno di selat tersebut. Mereka mengklaim bahwa penemuan itu bisa menjadi bukti dari pelabuhan Atlantis.

6. Ada bukti orang mengungsi di Spanyol bagian selatan

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Iniranker.com

Menurut sejarah, masyarakat Atlantis dikatakan mengungsi setelah wilayah mereka ditenggelamkan banjir besar. Orang percaya bahwa mereka pergi ke tempat yang sekarang bernama Campanario, Spanyol.

Di sana ada pahatan batu kuno yang menunjukkan gambar perahu dan kuda berada di atas ombak. Selain itu, ada pula gambar yang menunjukkan sebuah kota.

7. Penemuan kota peninggalan

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Inizmescience.com

Profesor Richard Freund, pergi ke Andalusia, Spanyol dan menemukan bukti peninggalan Atlantis di tanah rawa Doñana National Park. Bukti tersebut berupa kota yang dipercaya dibangun oleh penduduk Atlantis yang mengungsi.

8. Struktur Irlandia serupa dengan Atlantis

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Inidailystar.co.uk

Seorang ahli geografi asal Swedia, Ulf Erlingsson menduga bahwa inspirasi Plato sebenarnya berasal dari Irlandia. Negara tersebut memiliki panjang, lebar, dan struktur daratan yang mirip dengan Atlantis yang dideskripsikan oleh Plato. Selain itu, Erlingsson mengatakan bahwa dari 50 pulau terbesar, Irlandia adalah satu-satunya yang cocok dengan karakteristik Atlantis.

9. Namun ada yang mengatakan bahwa cerita Atlantis itu buatan

Para Ahli Percaya Atlantis Ada di Bumi, Silahkan Baca 9 Bukti Inistmed.net

Sebagian orang percaya bahwa Atlantis sebenarnya terinspirasi dari banjir Laut Hitam yang terjadi pada 5.000 sebelum Masehi. Banjir tersebut diklaim menginspirasi Plato untuk membuat cerita mengenai Atlantis.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu percaya Atlantis itu nyata atau hanya karangan belaka?

Baca Juga: 7 Fakta Atlantis, Kota yang Sungguh Hilang atau Hanya Kisah Fiksi?

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You