Comscore Tracker

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kita

#RamadanDiRumah Temuan-temuan ini berhasil mengubah dunia

Selama ini muncul benda-benda yang keren dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, ditemukan oleh ilmuwan yang berasal dari negara barat. Ternyata tidak semuanya benar, sebab 10 ilmuwan beragama Islam sudah menemukannya sejak dulu kala.

Penasaran siapa dan apa sajakah benda yang dimaksud? Berikut ini temuan umat Islam yang berhasil mengubah dunia!

1. Kopi

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitamuslimheritage.com

Kamu harus tahu kalau kopi ditemukan oleh orang Islam. Kopi pertama kali tumbuh di Yaman sekitar abad kesembilan. Belum ada yang mengenalnya hingga seorang gembala Arab bernama Khalid melihat bahwa kambingnya menjadi lebih aktif setelah mengonsumsi buah kopi. Ia pun mengolahnya menjadi minuman.

Meski tidak berprofesi sebagai ilmuwan, tapi kopi yang disebut Khalid sebagai al-qahwa itu kemudian sangat disenangi, terutama oleh kaum Sufi. Dilansir dari CNN.com, pada sekitar abad ke-13, kopi telah menyebar hingga ke Turki. Setelah itu di abad ke-16, minuman tersebut mulai dikonsumsi oleh masyarakat Eropa.

2. Prosedur operasi

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitamuslimheritage.com

Prosedur medis yang satu ini ternyata diciptakan oleh seorang dokter muslim bernama Al Zahrawi. Sekitar abad ke-10, ia memperkenalkan catgut, benang untuk menutup luka bedah. Temuan ini sangat penting dan mengubah dunia medis sejak saat itu.

Sebelum catgut ditemukan, para dokter menggunakan semut dan dedaunan untuk menutup luka bedah. Al Zahrawi pun dijuluki sebagai Bapak Ilmu Bedah Modern. Hingga saat ini, ia sangat dihormati dan temuannya digunakan oleh dokter di seluruh dunia.

3. Jam kuno

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kita1001inventions.com

Al-Jazari, seorang insinyur asal Turkil pertama kali mengenalkan konsep mesin otomatis bernama jam. Pada tahun 1206, ia telah membuat jam dengan berbagai bentuk dan ukuran. Salah satu yang terkenal adalah elephant clock atau jam gajah.

Ia menaruh mesin buatannya di atas punggung gajah. Setiap jam, mesin tersebut akan berbunyi dan menandakan pergantian waktu. Ia membuat jam gajah ini agar umat muslim bisa mengetahui kapan waktu salat tiba.

4. Rumah sakit

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitastaticflickr.com

Rumah sakit tidak langsung ada begitu saja di dunia. Orang yang pertama kali mencetuskan sarana medis tersebut adalah Ahmad Ibn Tulun, seorang Gubernur di Kairo, Mesir. 

Rumah sakit sekaligus masjid itu dinamakan Al-Fustat. Di sana, ia menyediakan layanan kesehatan gratis untuk semua warga yang membutuhkan. Walaupun dibangun pada abad kesembilan, sarana medis tersebut sudah memiliki manajemen perawatan yang modern dan maju. Bahkan tersedia pula layanan untuk pasien gangguan jiwa.

5. Mesin pesawat

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitailmfeed.com

Selama ini kita mengenal Wright bersaudara adalah penemu pesawat sekaligus manusia pertama yang berhasil terbang. Namun jauh sebelum itu, tepatnya pada 9 Masehi, Abbas Ibn Firnas mendesain mesin yang memiliki sayap, seperti pesawat.

Kostum yang mirip burung tersebut dibuat dengan metode dan penghitungan yang rumit. Saat percobaan, Firnas sempat berhasil terbang selama beberapa detik sebelum akhirnya jatuh dan mematahkan tulang belakangnya. Alat tersebutlah yang menginspirasi ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat modern.

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

6. Peta

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitaclementoni.com

Selama hampir 3.500 tahun, peta adalah alat navigasi yang membantu manusia untuk berkunjung ke berbagai tempat di dunia. Dilansir dari Mvslim, tidak ada yang tahu siapa tepatnya orang yang membuat peta untuk pertama kali.

Namun pada 7 Masehi, para saudagar Islam mulai menjelajahi dunia untuk keperluan berdagang dan menyebarkan agama. Dari situ mereka mencatat dan menggambarkan rute-rute yang dilewati, kemudian memberikannya ke orang lain sebagai petunjuk arah. Pada 8 Masehi, kertas ditemukan dan peta pun semakin banyak diproduksi.

7. Budaya sikat gigi

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitanaturallivingideas.com

Budaya menyikat gigi ternyata ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Beliaulah yang mempopulerkan penggunaan siwak, batang tumbuhan Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi pada saat itu. Batang tersebut memang memiliki zat pembersih gigi bernama flouride. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikannya. 

Mulai dari saat itulah menyikat gigi menjadi budaya di masyarakat. Ini diwariskan secara turun temurun hingga saat ini. Walaupun alat yang digunakan berbeda, kita tetap mewarisi metode menggosok gigi dari Rasulullah. 

8. Universitas

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitawikimedia.org

Bukan Harvard dan Oxford, tapi universitas pertama di dunia adalah University of Karueein atau Al-Qarawiyyin di Fez, Maroko. Orang yang mendirikannya adalah seorang puteri bernama Fatima al-Firhi. Awalnya, tempat itu merupakan sebuah masjid. Namun Fatima mengembangkannya menjadi pusat pendidikan. 

Rentang pengetahuan yang dipelajari di sana pun luas. Mulai dari sains, astronomi, Al Quran, medis, geografi, sejarah Islam, dan sebagainya. Telah beroperasi selama kurang lebih 1.200 tahun, universitas ini merupakan pengingat bahwa umat Islam memperkenalkan sistem pendidikan modern.

9. Musik

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitahaikudeck.com

Musik ternyata diperkenalkan oleh masyarakat muslim asal Kordoba dan Baghdad pada tahun 9 Masehi. Melansir CNN.com, mereka pertama kali menggunakan alat musik seperti kecapi dan rahab. Keduanya merupakan versi kuno dari biola.

Mereka juga yang memberikan nama untuk notasi musik. Jika kita mengenal do re mi fa sol la si do, namun menurut huruf Arab berbunyi dal ra mim fa sad lam sin. Dari situlah bangsa Barat mengembangkan musik hingga mendunia.

10. Konsep optik

Para Ilmuwan Muslim Ini Penemu Awal 10 Benda di Sekitar Kitamedium.com

Ibn al-Haytham adalah sosok di balik semua alat optik yang kita gunakan saat ini. Sekitar tahun 1.000 Masehi, ia menemukan cara bagaimana manusia bisa melihat, yaitu dengan pantulan cahaya yang mengenai benda. Ini merupakan konsep dasar dari benda optik. 

Dari situ, ilmuwan tersebut juga menemukan fenomena kamera obscura atau kamera lubang jarum. Ini adalah teori yang mengatakan bahwa benda dipantulkan secara terbalik di dalam mata manusia. 

Sebenarnya masih ada banyak temuan dan peran ilmuwan muslim dunia dalam kehidupan kita sekarang, namun belum tercatat secara resmi. Dalam Ramadan tahun ini, ada baiknya kita menambah pengetahuan tentang dunia Islam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tinggal di Luar Angkasa Picu Mutasi Gen dan 7 Perubahan Tubuh Ini

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya