Comscore Tracker

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kenapa cempreng banget ya?

Apakah kamu pernah mendengar hasil rekaman suara sendiri? Lalu, apa yang kamu rasakan setelah mendengarnya? Beberapa orang mengaku terkejut setelah mendengar suaranya sendiri, apalagi hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Perasaan aneh saat mendengarkan hasil rekaman suara sendiri ternyata memiliki penjelasan yang cukup ilmiah. Mau tahu kenapa? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Suaramu terdengar berbeda saat diproses di kepalamu

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyaistockphoto.com

Manusia sebenarnya mendengar dua suara berbeda di kepalanya ketika berbicara. Satu adalah suara asli, dan yang lainnya adalah getaran pita suara di tenggorokan kita. Hal ini bisa menjelaskan bahwa suara yang kita dengar dan orang lain dengar akan berbeda.

2. Kebanyakan orang mengira suara mereka lebih dalam daripada sebenarnya

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyaytimg.com

Persepsi ini berkaitan dengan suara yang terdengar di kepala kita. Seperti dikutip dari Science Alert, suara yang kita dengar biasanya lebih rendah dan merdu karena adanya getaran tambahan. Padahal kenyataannya tidak.

3. Ketidaknyamanan dengan suaramu berakar saat pertama kali belajar berbicara

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyababycenter.com

Cara belajar berbicara sedari kecil berdampak pada suara kita sekarang. Hal ini disebabkan kita berusaha untuk mereplikasi suara yang keluar dari mulut orang lain.

Sebagai hasilnya, suara orang lain itu memengaruhi persepsi akan suara kita sendiri. Saat mengetahui ternyata suara kita berbeda, ini akan menghasilkan sebuah ketidaknyamanan.

Baca Juga: Benarkah Golongan Darah Memengaruhi Kepribadian? Ini 8 Fakta Sainsnya!

4. Mendengar suara sendiri sama seperti melihat diri di cermin

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyaamazonaws.com

Walaupun pada kenyataannya tubuh dalam kondisi baik-baik saja, namun kita akan tetap melihat ada banyak kekurangan. Demikian karena kita memiliki persepsi mengenai suara dan tubuh yang bagus. Tanpa sadar, kita akan membandingkannya dengan diri sendiri.

5. Suara seseorang sama uniknya dengan sidik jari

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyakkomando.com

Reaksi kebanyakan orang terhadap suaranya sendiri adalah hal yang wajar. Namun sebenarnya kita harus bangga dengan suara kita sendiri. Ilmuwan mengatakan, sebenarnya suara seseorang sama uniknya dengan sidik jari. Hampir tidak ada suara yang sama di dunia ini.

Baca Juga: Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan Lengkapnya

6. Kamu bisa “memperbaiki” suaramu

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyaardenkaywinvocalstudio.com

Jika memang kamu merasa tidak nyaman dengan suaramu sendiri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya. Mulailah dari memperbaiki cara mengartikulasikan kata-kata.

Kamu harus memperjelas kata-kata yang keluar dari mulutmu. Selain itu, melakukan olah vokal juga bisa memberikanmu suara yang lebih bulat.

7. Orang lain tidak menganggap suaramu mengganggu

Pernah Benci dengan Suara Sendiri? Mungkin Ini Penjelasan Ilmiahnyavideoblocks.com

Jika kamu terkejut dan kurang menyukai suaramu sendiri, tapi tidak dengan orang lain. Jangan takut jika suaramu mengganggu orang lain. Sebab pada umumnya orang lain tidak akan menganggap suaramu menyebalkan, karena mereka telah terbiasa dan menjadi ciri khasmu di mata orang lain.

Itu dia alasan ilmiah kamu kurang menyukai suara sendiri. Setelah tahu hal ini, apakah kamu masih kurang nyaman mendengar hasil rekaman suara sendiri?

Baca Juga: Ilmuwan Tak Menemukan Rekayasa Manusia di Virus Corona 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya