Comscore Tracker

Ternyata COVID-19 Bisa Bertahan 5 Hari di Ponsel

Bermain handphone di KRL tingkatkan penyebaran COVID-19

Jakarta, IDN Times - Virus corona atau COVID-19 bisa menempel di mana saja, termasuk smartphone. Menurut Dokter spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network,  Edward Faisal mengungkapkan, sejumlah virus termasuk SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang menempel di ponsel bisa bertahan hingga lima hari.

"Saat virus nempel di gawai kita, bisa bertahan sampai lima hari, jangan salah," kata Edward dikutp dari laman covid19.go id, Kamis (17/6).

1. Virus menempel di gawai mayoritas dari tangan

Ternyata COVID-19 Bisa Bertahan 5 Hari di PonselANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Edward menerangkan, virus yang menempel di gawai berasal dari bermacam-macam faktor. Namun potensi terbesar yang menyebabkan penyebaran COVID-19 ke ponsel berasal dari tangan penggunanya.

"Kalau ada orang ngomong akan nambah lagi (potensi cemaran virusnya)," kata dokter Edward. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Baca Juga: [WANSUS] Warga Pegang Kendali Kesuksesan PSBB Palembang & Prabumulih 

2. Jangan gunakan ponsel selama perjalanan di KRL

Ternyata COVID-19 Bisa Bertahan 5 Hari di PonselGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Agar bisa memutus rantai penyebaran COVID-19, Edward menyarankan tidak menggunakan ponsel saat di transportasi umum. Salah satunya Commuterline atau Kereta Api Listrik (KRL) maupun Light Rapid Transfer (LRT).

"Dalam kaitannya dengan para commuter, pencemaran virus ke gawai juga dapat berasal dari percikan droplet pengguna KRL lain," bebernya.

Menurut Edward, penyebaran COVID-19 sangat berisiko tak hanya bagi seseorang yang menggunakan ponselnya. Tapi justru bisa membahayakan keluarga yang ada di rumah.

"Selain risiko untuk kita, juga orang yang di rumah. Jadi kalau kita sayang dengan orang yang di rumah dan di sekitar kita, sebaiknya jangan mengeluarkan handphone (di angkutan umum)," paparnya.

Baca Juga: 3 Bulan Berjuang, Prabumulih Bisa Bebas dari COVID-19

3. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun

Ternyata COVID-19 Bisa Bertahan 5 Hari di PonselSuasana KRL pada Rabu, 15 April 2020 (Twitter/@9321Bar)

Beberapa hal lain yang wajib dilakukan bagi para pengguna transportasi umum yakni menjaga pikiran selalu positif melakukan aktivitas, dan mengikuti imbauan protokol kesehatan.

"Pastikan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti apabila tidak ada fasilitas cuci tangan," imbaunya.

Baca Juga: Pembukaan Mal Bisa Perbesar Penularan COVID-19, AC Bisa Sebar Droplet

4. Penggunaan transportasi umum diperketat dengan protokol kesehatan

Ternyata COVID-19 Bisa Bertahan 5 Hari di Ponsel(Instagram/@Jalur5)

Selama pandemik COVID-19, penggunaan transportasi umum harus dibatasi dan diperketat dengan protokol kesehatan, waktu operasional juga disesuaikan untuk menghindari lonjakan penumpang.

"Pada penerapan protokol kesehatan di dalam KRL misalnya, menjaga jarak atar penumpang dan memakai masker penutup mulut dan hidung menjadi aturan yang diwajibkan, agar penularan virus melalui droplet dapat dihindari," terangnya.

Baca Juga: Persentase Pasien Sembuh COVID-19 Sumsel di Atas Angka Nasional

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya